Sukses

Update iOS 16.4.1 Segera Meluncur untuk iPhone, Bawa Perbaikan Bug dan Tingkatkan Keamanan

Apple disebut sedang bersiap untuk meluncurkan iOS 16.4.1 untuk iPhone yang berfokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut sedang bersiap untuk meluncurkan update iOS 16.4.1 untuk iPhone. Meskipun tanggal pasti kapan pembaruan ini akan tersedia belum diketahui, tetapi kemungkinan sistem operasi terbaru ini akan dirilis minggu ini atau minggu depan.

Dilansir dari MacRumors, Rabu (4/5/2023), pembaruan kecil seperti pada iOS 16.4.1 umumnya fokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan. Pasalnya, beberapa pengguna mengeluhkan sambungan Wi-Fi yang terputus sehingga kata sandi harus dimasukkan ulang sejak melakukan pembaruan iOS 16.4. 

Selain itu, ada pula masalah pengguna terkait data yang gagal dimuat pada aplikasi Weather. Namun, laman status sistem Apple menyatakan bahwa masalah tersebut telah diatasi.

Sementara iOS 16.5 tengah dalam pengujian, iOS 16.4.1 akan menjadi pembaruan kecil. Apple meluncurkan beta pertama dari iOS 16.5 minggu lalu dengan beberapa perubahan minor, termasuk penambahan tab Olahraga di aplikasi Apple News, serta kemampuan untuk mulai perekaman layar dengan perintah Siri. 

Kabarnya, iOS 16.5 kemungkinan akan dirilis ke publik di beberapa negara pada bulan Mei mendatang. Sementara itu, Apple juga diperkirakan akan mengumumkan iOS 17 di WWDC 2023 yang berlangsung pada 5 hingga 9 Juni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Update iOS 16.4 Disebut Bikin Baterai iPhone Boros

Update iOS 16.4 menyediakan berbagai fitur baru untuk iPhone. Namun di sisi lain, sejumlah pengguna mengeluhkan iPhone boros baterai setelah diperbarui ke iOS 16.4.

Gara-gara hal tersebut ada sejumlah klaim yang menyebut iOS 16.4 mengandung bug yang membuat baterai perangkat cepat habis.

Komplain para pengguna iPhone yang sudah memperbarui iOS mereka ke versi iOS 16.4 menggema di Twitter, beberapa hari setelah update digulirkan. Bahkan gara-gara hal tersebut pengguna juga menduga update iOS 16.4 mengurangi kemampuan iPhone untuk menahan daya.

Mengutip Daily Mail, Jumat (31/3/2023), seorang pengguna mengatakan, iPhone miliknya mengalami masalah panas. Pengguna lain menambahkan ponsel mereka gagal terhubung ke Siri.

Pengguna lainnya menambahkan, "Setelah update iOS 16.4, baterai iPhone boros dan mengalami masalah koneksi pada Siri. Menunggu update berikutnya sesegera mungkin yang dapat mengatasi masalah ini."

Meskipun Apple belum mengomentari masalah tersebut, penurunan masa pakai baterai bisa sangat normal setelah pembaruan software seperti ini. ZDNet menyebut, perubahan dipicu oleh pembaruan intensif daya yang bisa memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk diselesaikan.

3 dari 4 halaman

Fitur Baru di iOS 16.4

Update iOS 16.4 kini tersedia untuk diunduh di beberapa model iPhone, mulai dari iPhone 8 hingga iPhone 14.

Pembaruan yang dirilis pada 27 Maret 2023 hadir dengan berbagai perbaikan bug dan keamanan, serta fitur-fitur teranyar, seperti kumpulan emoji baru dan voice isolation untuk panggilan suara. 

  • 31 Emoji Baru

Pembaruan iOS 16.4 membawa 31 emoji baru ke perangkat iOS yang mencakup emoji smiley baru, hewan baru seperti rusa dan angsa, serta pilihan warna biru dan pink untuk emoji hati.

Semua emoji baru di iOS 16.4 untuk iPhone ini berasal dari daftar rekomendasi Unicode 15.0 pada September 2022 lalu.

  • Voice Isolation untuk Panggilan Suara

Voice Isolation diperkenalkan dengan iOS 15 pada tahun 2021. Namun, kala itu fitur ini hanya berfungsi pada panggilan FaceTime.

Kini dengan iOS 16.4, pengguna dapat memakainya pada panggilan seluler. Ketika diaktifkan, fitur ini dapat membantu lawan bicara pengguna mendengar lebih jelas dengan meredam suara latar belakang, seperti suara konstruksi di luar jendela.

4 dari 4 halaman

Cara Update iOS 16.4 di iPhone

Nah bagi Anda yang ingin melakukan update iOS 16.4, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Buka iPhone kemudian buka Setting > General > Software Update.
  • Setelah itu tunggu sampai muncul update.
  • Jika sudah muncul tekan download dan install untuk iOS 16.4.
  • Setelah itu masukkan passcode agar bisa memulai update.
  • Tunggu hingga proses download selesai. Jika selesai, Anda tinggal lakukan reboot perangkat kemudian tunggu proses instal iOS 16.4 secara otomatis.
  • Pastikan kapasitas baterai iPhone Anda di atas 20 persen, sehingga proses download dan instalasi tidak akan terhenti sementara hingga daya baterai cukup.
  • Setelah itu update pun selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.