Sukses

Update iOS 16.4 Meluncur, Ini Deretan Fitur Baru Buat iPhone yang Wajib Kamu Coba

Update iOS 16.4 kini tersedia untuk diunduh di beberapa model iPhone, mulai dari iPhone 8 hingga iPhone 14, dengan membawa sejumlah fitur teranyar seperti voice isolation dan emoji baru.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bulan lalu merilis versi beta untuk para pengembang, Apple secara resmi menggulirkan sistem operasi terbarunya, yakni iOS 16.4. Update iOS 16.4 kini tersedia untuk diunduh di beberapa model iPhone, mulai dari iPhone 8 hingga iPhone 14.

Pembaruan yang dirilis pada 27 Maret 2023 hadir dengan berbagai perbaikan bug dan keamanan, serta fitur-fitur teranyar, seperti kumpulan emoji baru dan voice isolation untuk panggilan suara. 

Dirangkum dari CNet, Senin (3/4/2023), terdapat beberapa fitur baru yang dimuat dalam update iOS 16.4 ini. Agar kamu tidak ketinggalan untuk mencobanya, simak daftar lengkapnya berikut ini.

Fitur Baru iOS 16.4

  • 31 Emoji Baru

Pembaruan iOS 16.4 membawa 31 emoji baru ke perangkat iOS yang mencakup emoji smiley baru, hewan baru seperti rusa dan angsa, serta pilihan warna biru dan pink untuk emoji hati.

Semua emoji baru di iOS 16.4 untuk iPhone ini berasal dari daftar rekomendasi Unicode 15.0 pada September 2022 lalu.

  • Voice Isolation untuk Panggilan Suara

Voice Isolation diperkenalkan dengan iOS 15 pada tahun 2021. Namun, kala itu fitur ini hanya berfungsi pada panggilan FaceTime.

Kini dengan iOS 16.4, pengguna dapat memakainya pada panggilan seluler. Ketika diaktifkan, fitur ini dapat membantu lawan bicara pengguna mendengar lebih jelas dengan meredam suara latar belakang, seperti suara konstruksi di luar jendela. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembaruan Berbagai Aplikasi

  • Pembaruan Apple Podcast dan Apple Music 

Apple melakukan sedikit pembaruan pada tampilan aplikasi Podcast dan Music. Di Apple Music, antrian lagu selanjutnya akan muncul lewat banner kecil di bagian bawah layar. Lalu, pengguna dapat mengatur Library berdasarkan artis. 

Sementara itu untuk Podcast, pengguna dapat mengakses tab Saluran atau Channels di Library yang memperlihatkan channel apa saja yang sudah di-follow.

  • Pembaruan Apple Books

Animasi page-turn curl yang sebelumnya hilang di update iOS terdahulu kembali hadir di iOS 16.4. Animasi ini menampilkan halaman yang bergeser ke satu sisi layar dan digantikan oleh halaman berikutnya ketika pengguna membalik halaman dalam e-book.

Adapun beberapa jenis animasi pergantian halaman lainnya yang dapat pengguna pilih sesuai keinginan.

  • Tambahan Filter Focus Mode

Jika menggunakan iPhone 14 Pro atau Pro Max, iOS 16.4 memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi Always On Display dengan Focus Mode tertentu. 

Saat membuat filter baru, gulir ke bawah pada bagian bawah halaman edit, ketuk Focus Filter, lalu ketuk Always On Display untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan untuk mode tersebut.

  • Dukungan untuk Konsol PlayStation

Menurut MacRumors, iOS 16.4 menambahkan dukungan untuk PlayStation 5 DualSense Edge Wireless Controller. Konsol ini mampu memainkan game dari layanan Apple Arcade yang memiliki fitur controller-enabled.

3 dari 4 halaman

Fitur Baru Lainnya yang Mudahkan Aktivitas Pengguna

  • Temukan Foto Duplikat di Shared Album dengan Mudah

Di iOS 16.4, pengguna dapat dengan mudah menemukan foto duplikat di Shared Album atau album bersama. OS terbaru ini akan menampilkan semua foto duplikat yang ada di seluruh album.

Pengguna juga dapat mencarinya lewat aplikasi Photos dan dengan mudah menggabungkan foto-foto duplikat tersebut menjadi satu.

  • Ketahui Cakupan Garansi Apple Care

iOS 16.4 memungkinakn pengguna memeriksa siapa dan perangkat apa saja yang tercakup dalam paket AppleCare. Jadi jika terdapat kerusakan pada perangkat, pengguna dapat mengetahui apakah kerusakan tersebut dicover garansi atau tidak. 

Untuk memeriksanya, pengguna cukup membuka Settings, masuk ke General, pilih About, dan Coverage. 

  • Tambahan Filter Focus Mode

Jika menggunakan iPhone 14 Pro atau Pro Max, iOS 16.4 memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan opsi Always On Display dengan Focus Mode tertentu. 

Saat membuat filter baru, gulir ke bawah pada bagian bawah halaman edit, ketuk Focus Filter, lalu ketuk Always On Display untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan untuk mode tersebut.

  • Opsi Aksesibilitas Lainnya

Pembaruan juga menambahkan opsi aksesibilitas baru, salah satunya bernama Dim Flashing Lights yang dapat ditemukan di menu Motion di Settings.

Deskripsi opsi mengatakan, konten video dengan tampilan lampu berkedip atau berkedip berulang kali akan diredupkan secara otomatis.

Selain itu, iOS 16.4 kini juga sudah mendukung fitur VoiceOver ke maps dan aplikasi cuaca.

4 dari 4 halaman

Cara Update iPhone ke iOS 16.4

Bagi Anda pengguna iPhone dan belum meng-update, berikut ini adalah cara untuk memperbarui sistem operasi di iPhone.

Cara Update iOS 16.4 di iPhone

  • Buka Setting atau Pengaturan
  • Ketuk menu General atau Umum
  • Lalu, ketuk Update Software atau Pembaruan Perangkat Lunak untuk mengunduh file pembaruan.

Untuk menghindari kerentanan sistem keamanan dan dapat menikmati sejumlah fitur baru, pastikan pengguna selalu menggunakan OS terbaru di perangkat iPhone. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.