Sukses

The Last of Us Part I Rilis di PC, Tapi Banjir Ulasan Negatif

Banyak ditunggu-tunggu, versi PC The Last of Us Part I mendapatkan ulasan negatif di laman Steam karena banyaknya masalah teknis

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama ditunggu-tunggu The Last of Us Part I akhirnya resmi dirilis di platform PC. Sayangnya, game ini malah dibanjiri ulasan yang negatif di Steam.

The Last of Us Part I sendiri dirilis pada 28 Maret 2023 di Steam dan Epic Games Store. Versi PC ini merupakan remake dari The Last of Us yang pertama kali dirilis di konsol PlayStation.

Di Steam, The Last of Us Part I bisa dibeli dengan harga Rp 879.000 untuk versi dasarnya dan Rp 1.029.000 untuk Digital Deluxe Edition. Sementara di Epic Games Store, game ini juga dirilis dengan harga Rp 879.000.

Kesuksesan versi PlayStation-nya, dan hype karena serialnya di HBO, memang membuat para gamer berekspektasi tinggi untuk versi PC dari game ini.

Namun rupanya, banyak pemain yang mengeluhkan banyaknya masalah terhadap performa game besutan Naughty Dog ini. Di Steam, dari sekitar 5.600-an review, 33 persen menilainya secara Negatif.

Mengutip Gamerant, Rabu (29/3/2023), keluhan banyak dilontarkan karena buruknya optimalisasi di PC, sederet masalah performa, hingga beberapa gamer mengeluhkan permainan yang crash dan tidak bisa dimainkan.

Port PC The Last of Us Part I juga dilaporkan mengalami masalah seperti gerakan kamera mouse yang tersendat-sendat, hilangnya pengaturan penting, serta kurangnya pengoptimalan secara umum.

Pemain lain juga menggambarkannya sebagai "port PC terburuk mutlak" yang pernah mereka temui. Ada juga yang memintanya untuk tidak membeli dulu game tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Naughty Dog

Ulasan lain menyebutkan penggunaan CPU dan VRAM yang tinggi, menghasilkan kinerja yang tidak memuaskan, bahkan pada perangkat mereka yang sudah tergolong kelas atas.

Kekecewaan lain juga karena fakta bahwa sebenarnya Sony, memiliki Nixxes, tim porting PC yang memiliki reputasi baik. Alih-alih, mereka memilih Iron Galaxy untuk menggarap proyek ini.

Keputusan ini dinilai sebagai kesempatan yang terlewatkan untuk memamerkan Nixxes, serta menghadirkan game yang memenuhi standar tinggi bagi fanbase mereka yang setia.

Menyusul ulasan buruk ini, melalui cuitan di akun Twitter-nya, Naughty Dog mengatakan bahwa mereka sudah mendengar keluhan para pemain, dan akan memeriksa berbagai masalah yang dilaporkan.

"Kami dengar perhatian Anda, dan tim kami secara aktif menginvestigasi berbagai masalah yang Anda laporkan," tulis Naughty Dog.

"Kami akan terus memperbarui Anda, tetapi tim kami memprioritaskan pembaruan dan akan mengatasi masalah di tambalan yang akan datang," imbuh Naughty Dog.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi PC The Last of Us Part I

JIka kamu ingin memainkan The Last of Us Part I, berikut ini syarat spesifikasi PC yang dibutuhkan:

Spesifikasi PC Minimal The Last of Us Part I

  • OS: Windows 10 (Version 1909 atau lebih baru)
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 1500X, Intel Core i7-4770K
  • Memori: 16 GB RAM
  • Grafik: AMD Radeon RX 470 (4 GB), AMD Radeon RX 6500 XT (4 GB), NVIDIAGeForce GTX 970 (4 GB), NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti (4 GB)
  • Penyimpanan: 100 GB
  • Catatan tambahan: SSD direkomendasikan

Spesifikasi PC Rekomendasi The Last of Us Part I

  • OS: Windows 10 (Version 1909 atau lebih baru)
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 3600X, Intel Core i7-8700
  • Memori: 16 GB RAM
  • Grafik: AMD Radeon RX 5700 XT (8 GB), AMD Radeon RX 6600 XT (8 GB), NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER (8 GB), NVIDIA GeForce RTX 3060 (8 GB)
  • Penyimpanan: 100 GB
  • Catatan tambahan: SSD direkomendasikan
4 dari 4 halaman

Tentang The Last of Us

The Last of Us merupakan gim action-adventure yang digarap oleh Naughty Dog dan dirilis oleh Sony Computer Entertainment. Gim ini pertama kali diluncurkan di PlayStation 3 tahun 2013 dan mendapat ulasan positif.

Versi remaster-nya dirilis untuk PlayStation 4 pada 2014. Sementara versi remake-nya, The Last of Us Part 1, dirilis pada September 2022 untuk PlayStation 5, dan akan menuju PC Windows.

Kesuksesan The Last of Us pertama pun membuat Naughty Dog kemudian merilis sekuelnya yang berjudul The Last of Us Part II.

Untuk cerita The Last of Us, berfokus pada petualangan seorang penyelundup bernama Joel, yang mendapatkan tugas untuk mengantarkan remaja bernama Ellie, melintasi Amerika Serikat yang berada dalam kondisi post-apocalyptic.

Dalam perjalananya, Joel dan Ellie harus menghadapi berbagai bahaya, termasuk makhluk kanibal yang terinfeksi jamur mutan, serta manusia-manusia lain yang tak kalah berbahaya.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.