Sukses

WhatsApp Kembangkan Fitur Pesan Video Pendek untuk iPhone, Kemampuan Mirip Telegram

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp telah menawarkan banyak cara untuk berkomunikasi di luar teks, mulai dari melalui gambar, video, hingga panggilan telepon. Kini, platform perpesanan populer ini tengah menggarap fitur baru yang memungkinkan pengguna iPhone mengirim pesan video pendek ke orang lain.

Dikutip dari WABetaInfo melalui 9to5Mac, Senin (27/3/2023), opsi baru ini masih tersembunyi di aplikasi WhatsApp versi beta untuk iPhone. Fitur tersebut belum tersedia untuk pengguna, bahkan yang sudah menginstal versi beta, sehingga dapat diketahui bahwa fitur ini masih dalam tahap pengerjaan. 

Akan tetapi, WABetaInfo dapat mengaksesnya untuk melihat cara kerjanya. Pada dasarnya, cara kerja fitur baru WhatsApp ini hampir sama dengan pesan video pendek di Telegram.

Nantinya, mengirim pesan video di WhatsApp akan semudah mengirim pesan audio. Pengguna cukup mengetuk dan menahan tombol untuk merekam video hingga 60 detik. 

Setelah video terkirim, video akan ditampilkan dalam ruang obrolan dalam format melingkar dan diputar secara otomatis di aplikasi WhatsApp.

Menariknya, pesan video singkat ini akan dienkripsi secara end-to-end dan tidak dapat disimpan atau diteruskan ke orang lain. Namun, tangkapan layar atau screenshot pada pesan video pendek tersebut tetap diperbolehkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru Lainnya yang Hadir di WhatsApp

Pada awal pekan ini, WhatsApp telah mengumumkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman obrolan grup di platformnya.

Dengan pembaruan ini, aplikasi memungkinkan admin untuk memutuskan siapa saja yang dapat bergabung ke grup. Selain itu, memeriksa grup mana yang pengguna miliki bersama kontak lain juga dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Di sisi lain, WhatsApp juga mulai meluncurkan dukungan suara untuk memposting pembaruan status, sementara fitur Expiring Groups masih dalam tahap pengerjaan. 

Aplikasi perpesanan ini pun telah melakukan uji coba untuk memungkinkan pengguna mengedit pesan yang sudah terkirim, mirip dengan fitur yang ada di Telegram dan iMessage. 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Desktop di Windows Kini Bisa Video Call hingga 8 Orang

Selain itu, WhatsApp baru saja memperkenalkan aplikasi WhatsApp desktop teranyar bagi pengguna Windows pada Rabu (22/3/2023) lalu. 

Melalui laman blog resminya, WhatsApp mengungkapkan aplikasi desktop terbaru ini dibangun dengan tampilan antarmuka yang lebih akrab bagi pengguna WhatsApp dan Windows. Tak hanya itu, sejumlah peningkatan kecepatan pun turut dihadirkan. 

Melihat banyaknya pengguna WhatsApp di komputer dan tablet, pembaruan ini dilakukan dengan fokus untuk membuat pengalaman mengirim pesan dan panggilan di seluruh perangkat menjadi lebih baik.

Kini, pengguna dapat melakukan video call dengan maksimal 8 orang dan panggilan audio dengan maksimal 32 partisipan.

Menurut perusahan messaging ini, mereka akan terus meningkatkan batasan tersebut dari waktu ke waktu agar pengguna WhatsApp dapat selalu terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Tingkatkan Jumlah Perangkat Dukungan

Sejak memperkenalkan kemampuan multi-device baru, WhatsApp telah mendengarkan masukan dari pengguna dan melakukan berbagai peningkatan, termasuk sinkronisasi dan penautan yang lebih cepat di seluruh perangkat. Misalnya, penautan antara smartphone dengan tablet dan PC.

Di sisi lain, WhatsApp juga mengklaim tengah meningkatkan jumlah perangkat yang akan mendukung aplikasi. Belum lama ini, WhatsApp telah memperkenalkan pengalaman WhatsApp Beta terbaru untuk tablet Android. 

Mereka pun berencana meluncurkan aplikasi baru untuk Mac yang dengan berbagai penyesuaian dan saat ini masih dalam tahap awal Beta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.