Sukses

Cek, Sederet Tips Google untuk Temani Puasa, Mudik hingga Lebaran di Momen Ramadhan 2023

Google mengungkapkan beberapa tips untuk memakai platformnya di bulan puasa ini.

Liputan6.com, Jakarta - Google mengungkapkan, selama bulan Ramadhan, kebutuhan informasi masyarakat Indonesia ikut berubah, di mana tren pencarian akan menjadi seputar persiapan menyambut bulan suci ini.

Pencarian seputar "Persiapan Ramadan", "Doa Menyambut Ramadan", dan "Menyambut Bulan Ramadan". meningkat sebesar 210 persen, 180 persen, dan 230 persen di Maret 2023, dibandingkan periode yang sama di tahun 2022.

Selain itu, dikutip dari siaran persnya, Minggu (26/3/2023), Google juga mencatat bahwa pencarian soal persiapan Ramadan di Indonesia, mencakup soal makanan dan resep.

Hal ini seperti yang terlihat di tahun 2022 lalu, di mana resep takjil Ramadan, jadi yang paling banyak dicari oleh pengguna Google.

Resep Ramadhan Paling Dicari di Google Tahun 2022

  1. Resep takjil Ramadan
  2. Resep ayam bakar
  3. Kue Ramadan
  4. Resep membuat puding
  5. Resep jelly Milo Ramadan

Google pun memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan pengguna di platformnya, selama bulan Ramadan

Tips Google Selama Ramadhan

  • Teman Puasa

Di Google Search, pengguna bisa mengetik kata kunci "Ramadan" untuk menemukan berbagai informasi, mulai dari berita terkini terkait Ramadhan, ucapan, hingga jadwal salat dan informasi lainnya untuk membantu ibadah dan merencanakan kegiatan.

Di Google Play smartphone, Google juga menyediakan laman khusus yang menyajikan aplikasi pilihan, seperti Al-quran digital, qibla finder dan masih banyak lagi.

Pengguna Google juga dapat menemukan berbagai aplikasi rekomendasi yang menyajikan resep masakan spesial, yang dapat Anda coba di rumah, untuk menu makan sahur atau berbuka puasa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Ngabuburit dan Mudik

  • Teman Ngabuburit

Google Arts & Culture merilis kembali merilis Art Coloring Book — Ramadan and Eid Edition, yang memungkinkan semua orang untuk belajar dan mewarnai karya seni favorit mereka langsung di situs atau aplikasi.

Jika tidak memiliki aplikasinya, Anda bisa menemukannya di beranda Google, dengan kata kunci "Ramadan."

Selain itu, di Google Play juga dihadirkan berbagai rekomendasi aplikasi, game, dan promo spesial Ramadan, yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang ngabuburit.

  • Teman Mudik

Jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasanya akan kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat.

Untuk itu, pengguna bisa menggunakan Google Maps untuk melihat pengaturan lalu lintas terkait mudik seperti penutupan jalan, one-way dan contraflow.

Selain itu, Google Maps kini juga menyediakan fitur yang membantu pengguna kendaraan listrik di Indonesia, yaitu untuk mencari tahu posisi tempat pengisian bahan bakar listrik, dengan mengetik "EV charging stations" di Google Search atau Google Maps.

Tentu saja, fasilitas lain seperti masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, hingga bengkel kendaraan, juga bisa dicari di Google Maps.

 

3 dari 3 halaman

Mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri

  • Teman Hari Raya

Untuk mempersiapkan diri dengan penampilan yang terbaik saat Hari Raya Idul Fitri, pengguna juga bisa menemukan berbagai rekomendasi marketplace yang menjual berbagai kebutuhan melalui Google Play Store.

Anda juga dapat mencari keperluan secara langsung dengan Google Lens melalui fitur "Shopping" dan mendapatkan inspirasi lainnya.

Selain itu, saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat di Hari Raya Idul Fitri yang akan datang, YouTube juga bisa dipakai untuk mencari inspirasi permainan untuk dimainkan bersama-sama.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.