Sukses

G2Academy Bersama BINUS Online Learning Kolaborasi Hadirkan Program Beasiswa Cetak Talenta Digital Masa Depan

Program hasil kolaborasi G2Academy dan BINUS Online Learning ini bertujuan mendukung pemerintah dalam merealisasikan target sembilan juta talenta digital pada 2030.

Liputan6.com, Jakarta - G2Academy sebuah akademi teknologi sekaligus penyedia teknologi digital bersama BINUS Online Learning dan BINUS Creates Professional Service resmi meluncurkan program kolaborasi yang diberi nama IndoDigi.

Program ini bertujuan mendukung pemerintah dalam merealisasikan target sembilan juta talenta digital pada 2030. Lewat IndoDigi, pelajar SMA/SMK yang berprestasi akan mendapatkan kelas beasiswa bootcamp teknologi digital setara 20 SKS perkuliahan selama 12 pekan.

Selanjutnya, mereka akan melanjutkan program studi S1 jurusan Teknik Informatika di BINUS Online Learning. Selanjutnya, para pelajar itu akan meniti karir di bidang pengembangan solusi teknologi digital selama empat tahun dengan penempatan kerja dari G2Academy.

"Program IndoDigi merupakan bentuk komitmen G2Academy dalam mendukung transformasi digital Indonesia melalui percepatan pencapaian target talenta digital berkualtias di 2030," tutur Founder dan CEO G2Academy Ferry Sutanto dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (16/3/2023).

Kehadiran program ini juga tidak lepas dari data BPPP (Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan) Kementerian Perdagangan yang memprediksi kontribusi Indeks Ekonomi Digital Indonesia pada 2030 akan mencapai 18 persen dari total PDB Indonesia yakni sekitar 4.531 triliun.

Dalam tujuh ke depan, outlook ekonomi digital Asia Tenggara pun menunjukkan perkembangan signifikan. GMV (Gross Merchandise Value) ekonomi digital Indonesia diproyeksikan meningkat lima kali lipat dan dua kali lipat nilai GMV Asia Tenggara.

Oleh sebab itu, pembangunan ekosistem digital yang kondusif dan inklusif, termasuk talenta digital sangat diperlukan. Direktur BINUS Online Learning Dr. Agus Putranto turut menuturkan, kolaborasi ini mencerminkan komitmen BINUS membantu mengembangkan serta memberdayakan komunitas dan masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melakukan Pendaftaran Program IndoDigi

Adapun program ini menargetkan pelajar SMA/SMK yang berusia 18 tahun pada 1 Oktober 2023.

Untuk mengikuti program ini, pelajar tersebut harus berprestasi yang dapat dibuktikan dengan nilai rapor dan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah, mendapatkan persetujuan dari orangtua/wali, serta bersedia menyelesaikan program secara keseluruhan.

Calon peserta didik yang tertarik mengikut program IndoDigi perlu mendaftarkan diri di situs resmi G2Academy. Setelah menyelesaikan bootcamp, mereka akan melakukan TPKS (Tes Potensi Keberhasilan Studi), kemudian ditempatkan bekerja di proyek pengembangan solusi teknologi digital G2Academy

3 dari 4 halaman

Indonesia Butuh 600 Ribu Talenta Digital Tiap Tahun, SDM Sudah Siap?

Sebagai informasi, Indonesia membutuhkan setidaknya 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya. Namun pada kenyataannya, lebih dari 50 persen CEO di Asia Pasifik masih kesulitan menemukan talenta digital dengan keterampilan yang tepat.

Pada tahun 2030, diproyeksikan bahwa hanya 50 persen dari tenaga kerja Indonesia yang memiliki keterampilan digital dasar dan menengah, sementara keterampilan tingkat advanced hanya dimiliki kurang dari 1 persen angkatan kerja negara.

Ini berarti Indonesia perlu mengakselerasi pertumbuhan talenta-talenta muda baru yang siap mengisi kekosongan di lapangan.

Demi mendukung perkembangan talenta digital untuk masa depan Indonesia, Hacktiv8 menghadirkan kampus baru di BSD City, tepatnya di BSD Green Office Park; dengan lokasi strategis, multi-akses, dan lingkungan yang hijau.

“Kami meyakini bahwa kehadiran Hacktiv8 di BSD City dapat mempercepat pengembangan ekosistem digital dengan penyediaan talenta informatika dan teknologi (IT) yang berkualitas. Terlebih ekosistem digital di BSD City juga sudah sangat mumpuni, ditandai dengan banyaknya perusahaan teknologi yang berekspansi ke sana," ungkap CEO Hacktiv8 Ronald Ishak dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

4 dari 4 halaman

Pekerjaan

Tidak hanya itu, Hacktiv8 merupakan coding bootcamp pertama di Indonesia yang mengenalkan sistem Income Share Agreement (ISA) atau Skema Bagi Hasil, dimana siswa bisa belajar dulu dengan membayar deposit, dan mulai melakukan cicilan pelunasan ketika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan.

Selain lokasi kampus yang strategis, kualitas kelas, kurikulum, pengajar, dan fasilitas yang didapat oleh siswa, baik di Kampus Pondok Indah maupun kampus BSD City akan sama. Fasilitas seperti hiring placement atau jaminan kerja juga akan tersedia bagi lulusan bootcamp di BSD City.

Pada tahun 2020, Hacktiv8 mewakili Indonesia sebagai sekolah pemrograman kedua terbaik di dunia berdasarkan hasil dari para alumninya, dimana 95 persen lulusan Hacktiv8 berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 90 hari.

Perusahaan ini juga merupakan satu-satunya coding bootcamp di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) yaitu lembaga yang mengedepankan transparansi hasil belajar siswa.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.