Sukses

Bos Realme Ajak Pengguna Tentukan Jenis Smartphone Layar Lipat Pertamanya

Vice President dan President of realme International Business Group, Madhav Sheth, ajak pengikutnya di Twitter untuk menentukan ponsel lipat jenis apa yang diinginkan terlebih dahulu sebagai ponsel lipat pertama keluaran realme.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan memanasnya pasar smartphone layar lipat, tampaknya realme akan segera siap bergabung.

Baru-baru ini, Vice President dan President of realme International Business Group, Madhav Sheth ajak pengikutnya di Twitter untuk menentukan ponsel lipat jenis apa yang diinginkan terlebih dahulu sebagai HP realme layar lipat pertama.

Dalam cuitannya yang diunggah pada Kamis (9/3/2023), Sheth memberikan dua jenis pilihan lipatan seperti yang sudah ditemui di smartphone layar lipat milik Samsung, yakni lipatan model clamshell (realme Flip) atau lipatan model buku (realme Fold). 

Sebelumnya, rumor tentang ambisi realme untuk kembangkan ponsel lipat pertamanya telah berlangsung sejak bertahun-tahun lalu. Namun, merek tersebut masih fokus untuk menjangkau kelompok pengguna yang lebih besar dengan jenis ponsel biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumor Smartphone Layar Lipat realme

Seperti yang dilansir dari GSM Arena, Sabtu (13/3/2023), pada tahun 2021, tersebar gambar paten yang diperkirakan sebagai bocoran ponsel lipat pertama dari realme. Gambar tersebut menunjukkan mekanisme lipat vertikal dengan nama perangkat realme GT 2 Fold. 

Tak hanya itu, gambar tersebut juga mengungkap ponsel lipat ini akan memiliki layar utama 8 inci dan layar penutup 6,5 inci. Untuk kameranya, ditunjukkan bahwa tersedia dua kamera belakang beresolusi 50MP. 

Akan tetapi setelah peluncurannya pada di tahun 2022, semua desas-desas tersebut tidak pernah terjadi. Perusahaan masih menghindari pasar ponsel lipat dan memilih kembangkan ponsel standar untuk fokus menjangkau basis pengguna yang lebih luas.

Meskipun tidak ada konfirmasi kapan realme akan meluncurkan ponsel lipat pertamanya ini, cuitan Sheth dapat menjadi pertanda baik yang mengonfirmasi realme tengah bersiap untuk turut bersaing dengan merek ponsel lainnya.

3 dari 4 halaman

Rencana Realme Garap Smartphone Layar Lipat

Melihat perkembangan ponsel layar lipat yang akan segera menjadi tren perangkat mobile di masa depan, realme nyatakan masih terus melakukan riset sebelum benar-benar akan meluncurkannya. 

Terlebih, menurut Vice President Realme and President of Realme Global Marketing Chase Xu, saat ini ada dua model HP Android layar lipat yang sudah hadir di pasaran, yakni versi lipatan vertikal dan lipatan horizontal.

"Kami masih terus melakukan riset untuk merilisnya dalam versi lipatan vertikal (flip) dan lipatan horizontal (fold)," tutur Chase dalam wawancara bersama media Indonesia usai gelaran MWC 2023 di Barcelona.

Chase menuturkan, hal ini penting, karena Realme pengembangan produk termasuk desain smartphone besutan mereka berdasarkan kebutuhan dan budaya generasi muda. Karenanya, pengembangan HP Realme layar lipat ini nantinya juga akan mengikuti filosofi tersebut.

Di sisi lain, realme baru saja meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia, yakni realme C55 NFC. Ponsel ini menjadi HP Android pertama yang miliki fitur Mini Capsule yang serupa dengan Dynamic Island di iPhone.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi realme C55 NFC

Dalam peluncurannya yang digelar pada Selasa (07/03/2023), Realme C55 hadir dengan lima fitur Champion yang siap menjadi idola baru bagi anak muda, yakni Champion Camera, Champion Memory, Champion RAM, Champion Charging, dan Champion Design. 

Pada sektor kamera, smartphone entry-level ini menghadirkan konfigurasi kamera utama beresolusi 64MP. 

Menariknya, ponsel Realme keluaran terbaru ini menggunakan layar IPS LCD 6,7 inci FHD+ dengan refresh rate cukup tinggi, hingga 90Hz. Angka ini mengalami peningkatan sekitar 50 persen dari keluaran sebelumnya.

Smartphone yang membawa jargon "Leap to Champion" ini ditenagai chipset MediaTek Helio G88 yang akan sangat kuat dengan dukungan RAM yang besar. Perangkat ini juga telah didukung daya berkekuatan 5.000 mAh dengan pengisi daya cepat 33W.

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan Realme C55 adalah Mini Capsule yang hadir pertama kali di dunia untuk ponsel Android. Mini capsule itu disebut mampu memberikan berbagai informasi.

Realme C55 juga menjadi perangkat pertama dari Realme lini C yang memiliki fitur NFC. Kedepannya, realme akan membawa fitur ini pada lebih banyak smartphone realme di atas Rp 2 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.