Sukses

Cek Spesifikasi dan Harga Redmi 12C yang Mulai Dijual di Indonesia 9 Maret 2023

Seperti apa spesifikasi dan berapa harga Redmi 12C yang baru saja meluncur di pasar Indonesia 9 Maret 2023 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Redmi 12C akhirnya secara resmi meluncur di Indonesia, setelah sebelumnya dirilis untuk pasar Tiongkok pada awal tahun 2023.

Tampil sebagai anggota baru di keluarga HP Android kelas entry, Xiaomi memasangkan prosesor MediaTek Helio G85 di Redmi 12C.

Perusahaan mengklaim, prosesor Redmi 12C ini mampu menghadirkan kinerja terbaik di kelasnya dalam menikmati aktivitas dan hiburan sehari-hari.

Untuk mendongkrak performa HP Android ini, Xiaomi juga memasang RAM 4GB dengan dukungan memory expansiuon hingga 3GB. Total, pengguna dapat menikmati RAM hingga 7GB.

Sebagai pelengkap, Xiaomi juga menyediakan tiga varian memori internal mulai dari 32GB, 64GB, hingga paling besar 128GB.

Bila dirasa masih kurang, pengguna juga dapat menambahkan kapasitas memori dengan microSD hingga 1TB.

Soal daya, spek Redmi 12C sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh. Sayangnya, perusahaan tidak menyertakan fitur fast charging di ponsel ini.

Bagi pengguna yang suka memotret, perusahaan sudah melengkapi Redmi 12C ini dengan kamera utama 50MP dan AI Dual Camera.

HP Redmi 12C ini juga sudah disertai dengan fitur HDR, dan Night Mode untuk mengambil foto dalam kondisi minim cahaya.

Dari sisi keamanan, Redmi 12C menawarkan fitur Rear Fingerprint dan Face Unlock untuk menjaga privasi data di ponsel.

Perusahaan mengatakan, smartphone ini akan menerima sofware update selama 3 tahun. Dengan ini, pengguna tidak perlu kahwatir dengan masalah performa dan keamanan. Lalu berapa harga Redmi 12C ini?

Berikut adalah harga Redmi 12C

  • RAM 3GB/32GB - Rp 1.399.000
  • RAM 4GB/64GB - Rp 1.599.000
  • RAM 4GB/128GB - Rp 1.799.000

Penjualan perdana ponsel ini akan dimulai pada 10 Maret 2023, baik secara online di Mi.com atau Xiaomi official store di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan Akulaku.

Sedangkan secara offline, Redmi 12C ini dapat ditemukan di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

18 HP Xiaomi dan Redmi yang Resmi Dapat Update MIUI 14

<p>Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 12 Pro Speed Edition. (Doc: Xiaomi)</p>

Xiaomi akhirnya mengumumkan sederet HP atau smartphone Xiaomi dan search Redmi, yang bakal kebagian sistem operasi atau operating system (OS) terbaru mereka, MIUI 14, untuk pertama kalinya.

Adapun pengumuman ini juga disampaikan oleh Xiaomi berdekatan dengan dirilisnya Xiaomi 13 Series secara global.

Melalui akun Twitter-nya @xiaomi, peluncuran MIUI 14 ke beberapa HP Xiaomi ini akan dimulai pada kuartal pertama (Q1) 2023, meskipun mereka tidak mengungkapkan rincian tanggal dan bulannya.

Selain itu, Xiaomi juga mengatakan bahwa perilisan secara penuh bakal diumumkan melalui situs MIUI. Jadi, daftar HP yang bakal menerima MIUI 14 bisa dipastikan bakal bertambah ke depannya.

Berikut daftar HP Redmi dan search Xiaomi yang bakal mendapatkan MIUI 14 pada Q1 2023, seperti dikutip dari akun resmi Twitter Xiaomi, Senin (27/2/2023).

Daftar HP Xiaomi dan Redmi yang Dapat MIUI 14

  • Xiaomi 12T Pro
  • Xiaomi 12T
  • Xiaomi 12 Pro
  • Xiaomi 12
  • Xiaomi 12X
  • Xiaomi 12 Lite
  • Xiaomi 11T Pro
  • Xiaomi 11T
  • Mi 11 Ultra
  • Mi 11i
  • Mi 11
  • Xiaomi 11 Lite 5G NE
  • Mi 11 Lite 5G
  • Mi 11 Lite
  • Redmi Note 11 Pro+ 5G
  • Redmi Note 11 Pro
  • Redmi Note 10
  • Redmi 10 5G

HP Xiaomi lainnya akan diumumkan di kemudian hari

3 dari 4 halaman

MIUI 14 Lebih Ringan

Tampilan MIUI 14 yang baru saja diperkenalkan oleh Xiaomi. (Dok: Xiaomi)

Selain itu, Xiaomi menyebut MIUI 14 memiliki firmware yang lebih kecil dibandingkan MIUI 13, serta mengadopsi arsitektur sistem yang ditingkatkan. Jadi, MIUI ini memiliki kinerja dan efisiensi lebih baik.

Di sektor desain, MIUI 14 hadir dengan sejumlah perubahan ikon maupun keseluruhan tampilan antarmuka. Kini, ikon aplikasi tampil lebih besar dan bisa disesuaikan ukurannya.

Format widget pun tampil lebih segar, begitu pula dengan folder di Home Screen, sehingga pengguna memiliki opsi kustomisasi lebih luas. Menariknya, ada widget baru untuk tumbuhan dan hewan yang bisa diletakkan di Home Screen.

Xiaomi mengklaim MIUI 14 lebih ringan dibandingkan pendahulunya. Perusahaan asal Tiongkok itu juga menyebut performa sistem pada MIUI telah meningkat 60 persen.

4 dari 4 halaman

Fitur Privasi Ditingkatkan di MIUI 14

Tampilan MIUI 14 yang baru saja diperkenalkan Xiaomi. (Dok: Xiaomi)

Secara keseluruhan, ukuran firmware MIUI 14 juga lebih kecil hanya sekitar 13.09GB. Pembaruan turut dilakukan pada opsi manajemen notifikasi, sehingga pengguna bisa menutup notifikasi hanya dengan satu satuan.

Pada MIUI versi terbaru ini, fitur privasi juga ditingkatkan kemampuannya oleh Xiaomi. Kini, semua tindakan dalam sistem dilakukan secara lokal di perangkat, tanpa ada data pengguna yang disimpan di cloud.

Sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan turut dibenamkan di MIUI 14, salah satunya adalah kemampuan ekstraksi teks dari gambar.

Xiaomi juga juga meningkatkan kemampuan asisten suara berbasis kecerdasan buatan untuk melakukan sejumlah tugas berbekal perintah suara sederhana.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.