Sukses

EcoFlow Rilis RIVER 2 Series di Indonesia, Pembangkit Listrik Portabel dengan Pengisian Daya Tercepat

EcoFlow resmi luncurkan RIVER 2 Series di Indonesia, varian portable power station (PPS) terbaru mereka dengan desain dan bobot yang lebih ringkas

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perusahaan solusi daya portabel dan energi terbarukan yang berdiri sejak 2017, EcoFlow, resmi meluncurkan varian portable power station (PPS) terbaru mereka di Indonesia, yakni RIVER 2 Series. 

Bersamaan dengan gelaran SolarTech Indonesia 2023, RIVER 2 Series diperkenalkan dengan berbagai keunggulan yang ditingkatkan dari Delta 2 Series sebagai pendahulunya.

Dirancang untuk memberi daya kapan saja dan di mana saja, daya listrik portabel ini siap membantu kebutuhan pengguna ketika bepergian ke suatu tempat tanpa jaringan listrik. 

Menurut Business Development of EcoFlow Authorized Distributor Indonesia, Amarendra Putra Wijaya, RIVER 2 Series telah meningkatkan performanya dari segi teknologi pengisian daya dan material baterai yang menggunakan LFP.

“Dengan menggunakan LFP battery ini, life cycle-nya enam kali jauh lebih panjang dibandingkan versi sebelumnya," tutur Amarendra di JIEXPO, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Selain perbedaan performa, RIVER 2 Series hadir sebagai pembangkit listrik portabel versi ukuran yang lebih ringkas dengan bobot yang lebih ringan dari seri sebelumnya.

Hadirnya EcoFlow di Indonesia bertujuan untuk mendukung energi terbarukan yang dapat dijangkau semua individu, sekaligus menciptakan investasi jangka panjang untuk transisi menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

"Purpose EcoFlow adalah agar setiap individu memiliki teknologi yang sifatnya eco friendly, tidak hanya memanfaatkan energi fosil saja" ucap Amarendra menambahkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga dan Kapasitas EcoFlow RIVER 2 Series

EcoFlow RIVER 2 Series hadir dalam 3 opsi yang memiliki ukuran, kapasitas, dan rangkaian fitur yang beragam. Setiap varian pun dibanderol dengan harga berbeda.

Berdasarkan harga terkini di toko resminya pada situs Tokopedia, RIVER 2 Series akan hadir secara resmi bagi para konsumen di Indonesia dengan harga berikut ini.

  • RIVER 2 - Kapasitas 256Wh dan output 300W : Rp 5.799.000
  • RIVER 2 Max - Kapasitas 512Wh dan output 500W : Rp 9.299.000
  • RIVER 2 Pro - Kapasitas 768Wh dan output 800W : Rp 11.499.000

EcoFlow RIVER Series 2 pun memiliki ukuran dan berat yang berbeda sesuai dengan variannya. 

RIVER 2 berbobot 3.5 kg, RIVER 2 Max 6 kg, serta RIVER 2 Pro dengan 7.8 kg.

Selain bisa didapatkan secara daring, produk-produk EcoFlow juga tersedia di 15 dealer resminya yang sebagian besar tersebar di Jakarta dan Bandung.

Untuk memberikan rasa ketenangan ekstra, konsumen akan diberikan masa garansi yang cukup panjang, yaitu selama 5 tahun.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Baterai yang Ditingkatkan di RIVER 2 Series

Salah satu keunggulan seri terbaru ini adalah kemampuan pengisian dayanya yang tercepat di industri. 

Dengan teknologi X-Stream yang telah dikembangkan, pengisian daya generator portabel ini diklaim 5 kali lebih cepat dari Power Station pada umumnya dan 27 persen lebih cepat dari seri sebelumnya.

RIVER 2 Series dapat terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam.

Dikutip dari situs resmi EcoFlow, RIVER 2 menggunakan baterai jenis lithium ferro-phosphate (LFP) terbaru yang dapat digunakan hingga 10 tahun ke depan. Berkat Battery Chemistry terbaru dari baterai LiFePO4, siklus isi ulang (life cycle) juga meningkat hingga lebih dari 3000 kali.

Selain itu, LFP cells pada RIVER 2 akan membantu perangkat lebih tahan lama dan efisien bahkan dalam suhu hangat.

Pembangkit listrik portabel ini memiliki kapasitas 256Wh-768Wh yang mampu digunakan sebagai listrik cadangan untuk sejumlah perangkat elektronik atau peralatan rumah tangga lainnya. 

Di samping itu, perangkat ini juga dilengkapi Battery Management System (BMS) yang canggih. Sistem ini mampu memantau tegangan, arus, dan suhu dengan berbagai aspek perlindungan sehingga dapat memaksimalkan masa pakainya.

4 dari 4 halaman

Power Station Pertama yang Kantongi Sertifikat Keamanan TÃœV Rheinland

RIVER 2 Series ini merupakan portable power station pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi keamanan TÜV Rheinland. Ini berarti keandalan dan keamanan RIVER 2 Series telah terjamin dengan standar yang tinggi. 

Berfokus pada energi terbarukan, EcoFlow RIVER 2 Series dapat diisi daya melalui empat metode berbeda, yaitu AC charging, car charging, Type-C charging, hingga solar charging menggunakan Portable Solar Panels dari EcoFlow yang memiliki input maksimum 220W.

Tak hanya itu, produk keluaran terbaru EcoFlow ini juga dibuat dari bahan-bahan yang tidak mencemari lingkungan.

"Kami menggunakan bahan-bahan yang daur ulang dan sifatnya sudah eco-friendly" jelas Amarendra.

Di samping itu, entri pada lini seri ini turut melanjutkan tren DELTA 2 Series dengan menghadirkan akses konektivitas internet dan aplikasi smartphone untuk pengendaliannya. 

"Dengan apps itu bisa dikontrol penggunaan energi yang masuk dan keluar sehingga umur dan kesehatan baterai lebih aman" tutur Amarendra.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menyesuaikan kecepatan arus daya dan waktu pengisian daya dengan lebih mudah, bahkan ketika sedang bepergian. 

Jika pengguna membutuhkan output yang lebih besar dari yang tersedia, mode X-Boost dapat diaktifkan melalui aplikasi EcoFlow untuk meningkatkan aliran output hingga 1600W.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.