Sukses

Ini Cara Dapat Centang Biru Instagram, Enggak Perlu Punya Banyak Followers!

Berikut sejumlah hal yang harus kamu ketahui agar akun Instagram kamu terverifikasi dan bisa dapatkan centang biru. .

Liputan6.com, Jakarta Verifikasi akun melalui centang biru adalah bentuk validasi terbaik untuk mengkonfirmasi keaslian akun. Maka, centang biru yang biasa ditemukan di akun-akun Instagram menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi milik pihak yang bersangkutan, baik individu, suatu grup, maupun merek dagang. 

Akan tetapi, mendapatkan verifikasi di Instagram tidak bisa dilakukan semua pengguna. Instagram memiliki syarat tersendiri yang harus dipenuhi suatu akun untuk dapat memiliki centang biru. 

Meskipun begitu, jika pengguna ingin tahu lebih lanjut tentang cara mendapatkan centang biru di akun Instagram, kamu dapat memperhatikan penjelasan yang dirangkum dari Sprout Social, Selasa (28/2/2023), berikut ini.

Syarat Mengajukan Verifikasi di Instagram

Pada situs resminya, Instagram memberikan beberapa pedoman untuk mengetahui apakah pengguna sesuai dengan kriteria.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah pengguna yang ingin mendapat centang biru Instagram harus mematuhi Terms of Use and Community Guidelines. Selain itu, akun pengguna juga harus:

  • Authentic (Asli): Akun kamu harus dimiliki oleh seseorang, bisnis, merek, atau entitas nyata.
  • Unique (Unik): Menjadi satu-satunya yang mewakili diri atau bisnis pengguna.
  • Complete (Lengkap): Profil harus memiliki biodata, foto, dan aktif menggunakan platform.
  • Notable (Terkemuka): Akun harus mewakili seseorang atau bisnis yang dikenal publik dan telah ditampilkan dalam berbagai sumber otentik, buka sumber media bersponsor.
  • Public (Publik): Akun tidak boleh dalam keadaan private.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengajukan Verifikasi Centang Biru di Instagram

Pengajuan verifikasi untuk mendapatkan centang biru di samping nama akun pengguna, dapat dilakukan di aplikasi Instagram. 

Caranya, pengguna perlu masuk ke akun masing-masing dan pilih Settings pada menu kanan atas. Selanjutnya, klik Request Verification dan lengkapi sejumlah kolom yang wajib diisi. Setelah selesai, klik kirim untuk dapat ditinjau Instagram.

Saat ini, tidak ada jumlah minimal pengikut yang pasti untuk dapat mengajukan verifikasi (tak perlu memiliki banyak followers). Jika memenuhi kriteria di atas, pengguna dapat mencoba mengirimkan ajuan.

Menurut Instagram, meskipun akun pengguna memenuhi kriteria untuk diverifikasi tetapi belum pasti akan mendapatkan centang biru. Sayangnya, tidak ada batas waktu yang pasti kapan Instagram akan memberi tahu hasil keputusannya. 

Namun jika ditolak, pengguna harus menunggu 30 hari sebelum dapat mencoba mengajukan lagi.

Keuntungan Memiliki Centang Biru di Akun Instagram

Dengan tanda verifikasi yang menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi, pengguna akan memiliki kredibilitas yang lebih kuat karena akan membedakan akun dari akun lain.

Dengan demikian, orang-orang juga dapat dengan mudah menjangkau dan menemukan akun kamu. 

3 dari 4 halaman

10 Tips Penting Untuk Mendapatkan Centang Biru

Apabila pengguna telah siap untuk mengajukan permohonan verifikasi di Instagram, ikuti langkah-langkah ini agar memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan centang biru.

1. Lengkapi Profil Akun Instagram 

Salah satu cara Instagram memverifikasi identitas kamu adalah dengan memeriksa profil pengguna. Pastikan profil akun pengguna benar-benar lengkap dengan bio dan foto profil yang sesuai. 

2. Bangun Profil Sosial Media

Cobalah untuk membangun pengikut yang kuat. Mendapatkan lebih banyak pengikut dapat dilakukan dengan membangun kepribadian dengan tema tertentu yang konsisten, update secara konsisten, kembangkan konten yang berkualitas.

3. Perhatikan Akun-akun Peniru

Akun-akun besar yang memiliki banyak penggemar memang berpotensi untuk ditiru. Maka, centang biru hadir untuk membedakan akun asli dengan akun-akun peniru lainnya. 

4. Aktif Gunakan Akun

Dalam peninjauan Instagram, mereka juga akan memeriksa aktivitas reguler akun tersebut. Jika jarang menggunakan platform, maka kemungkinan besar pengguna tidak lolos verifikasi. 

5. Tingkatkan Kredibilitas Akun di Media Lain

Untuk dapat dikenal luas, akun pengguna setidaknya harus memiliki reputasi yang baik dan dapat dicari informasinya di internet.

Hal ini karena yang melakukan peninjauan adalah orang, bukan algoritma sehingga kemungkinan besar mereka menggunakan mesin pencari seperti Google untuk melihat apa yang muncul.

4 dari 4 halaman

6. Jangan Coba Membeli Centang Biru

Hal ini dapat dengan mudah membatalkan pengajuan verifikasi pengguna karena telah melanggar Pedoman Komunitas Instagram. Sebaiknya, coba untuk meraih lebih banyak pengikut dengan membagikan konten-konten yang berkualitas.

7. Hapus Tautan Lintas Platform dari Bio Akun

Menurut Instagram, akun terverifikasi tidak diizinkan untuk mendorong pengguna menambahkan atau mengikuti profil media sosial lain di bio mereka, seperti Facebook atau YouTube. Namun, tautan yang bisa ditambahkan adalah berupa situs atau web.

8. Tingkatkan Kemudahan Pencarian Akun

Semakin mudah akun pengguna untuk ditemukan, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan centang biru.

Maka, pengguna dapat mencoba lebih aktif mengoptimalkan postingan dengan tagar yang unik agar muncul dalam pencarian dan halaman Explore.

9. Personalisasi Postingan Akun

Mengatur postingan pengguna dengan konten-konten yang unik dan autentik dapat membedakan akun dari peniru sehingga sangat penting untuk mendapatkan verifikasi di Instagram.

10. Minta Bantuan Humas atau Agensi Tertentu

Meminta bantuan PR profesional atau agensi digital untuk mengirimkan pengajuan verifikasi pengguna dengan dukungan Facebook Media Partner merupakan sumber bantuan yang sah dalam proses, tidak seperti alat "beli" atau bot yang memberi Anda suka buatan, keterlibatan, atau verifikasi dengan imbalan uang. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya...  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.