Sukses

5 Tips TikTok untuk Pengguna Baru yang Ingin Makin Eksis

Belum banyak tahu cara menggunakan TikTok? Pengguna baru bisa coba lima tips menarik ini agar makin eksis.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, saat ini TikTok menjadi salah satu media sosial paling populer di dunia. Banyaknya konten menarik yang menghibur membuat penggunanya seakan sulit untuk berhenti scrolling.

Bagi pengguna baru yang mungkin hanya menonton video, maupun pengguna aktif yang sudah banyak melakukan aktivitas di Tiktok, lima tips keren ini bisa membuat kamu untuk lebih eksis.

Penasaran apa saja tips-nya? Simak penjelasan berikut ini yang dirangkum dari Make Use Of, Sabtu (25/2/2023).

1. Membuat Slideshow dengan Foto di Galeri

Tidak hanya video, pengguna juga dapat mengunggah serangkaian foto yang ada di galeri smartphone pengguna berupa slideshow. Untuk membuatnya, pengguna dapat klik ikon + pada bagian tengah di bawah layar, kemudian pilih opsi Templates.

Pilih salah satu Template yang menarik bagi pengguna dan klik Upload Photos. Selanjutnya, pengguna dapat memilih foto yang ingin digunakan dengan urutan yang akan ditampilkan pada slideshow. Setelah selesai, klik OK di pojok kanan bawah layar untuk mengedit.

2. Membuat GIF dari video TikTok

Ketika pengguna menemukan video TikTok yang disukai, pengguna bisa mengubahnya menjadi GIF agar lebih praktis untuk disimpan di galeri. Caranya, klik ikon panah disisi  kanan layar dan pilih opsi Share as GIF.

Setelah menunggu proses, pengguna dapat mengatur panjang GIF yang diinginkan, lalu klik Generate untuk menyimpan GIF di galeri atau membagikannya ke berbagai platform media sosial lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan Audio dari Pengguna TikTok Lain

Pada aplikasi ini, pengguna tidak perlu repot mengunduh audio atau lagu yang ingin digunakan pada video pengguna.

Saat pengguna menemukan lagu tersebut digunakan di video orang lain, pengguna dapat langsung klik tulisan judul audio yang berjalan di bagian kiri bawah layar. 

Setelah muncul informasi audio dan berbagai video lain dengan audio tersebut, klik Use This Sound untuk mulai merekam.

Audio atau lagu yang digunakan bisa berasal dari akun resmi pemilim lagu atau akun lain yang mengunggahnya.

3 dari 4 halaman

4. Membuat Video Lip-Syncing

TikTok juga terkenal dengan berbagai video lipsync yang beragam yang unik. Jika pengguna ingin membuat video semacam ini tetapi merasa kesulitan dalam menyinkronkan bibir dengan audio yang digunakan, fitur pengeditan dari TikTok ini dapat membantu.

Setelah merekam video, silahkan pilih audio dengan tombol Sounds di bawah layar. Kemudian, kllik ikon gunting di kanan atas menu Sounds, dan atur waktu mulainya lagu yang disesuaikan dengan gerakan bibir pengguna di video.

Setelah selesai, klik ikon centang, dan video telah berhasil dibuat.

4 dari 4 halaman

5. Duetkan Video Pengguna Lain di TikTok

Salah satu fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah Duet Video yang memungkinkan pengguna menggabungkan video pengguna dengan video orang lain yang sudah diunggah. 

Tanpa perlu menggunakan aplikasi edit video lainnya, pengguna cukup klik ikon panah di sisi kanan layar dan pilih Duet.

Setelah itu, pengguna dapat mulai merekam video yang secara otomatis ditempatkan bersampingan dengan video pilihan pengguna.

Banyak pula content creator yang sengaja membuat berbagai video untuk diduetkan dengan penggemar agar bisa berinteraksi, misalnya duet bernyanyi atau duet percakapan bahasa asing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.