Sukses

12 Tips dan Trik Tersembunyi di WhatsApp, Wajib Kamu Coba!

WhatsApp ternyata memiliki sejumlah tips dan trik tersembunyi yang mungkin belum banyak diketahui penggunanya, simak artikel berikut untuk mengetahui daftar lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat yang saat ini paling banyak digunakan di berbagai negara. Banyaknya fitur yang dibawa, memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan dengan mudah dan dengan cara yang menarik.

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi messenger instan yang dapat digunakan di berbagai perangkat dan lintas platform, seperti Android, BlackBerry 10, BlackBerry OS, iOS, Series 40, Windows Phone, Symbian, dan Web-Based.

Sama seperti aplikasi pesan online lainnya, pengguna mengirim dan menerima pesan tidak dengan pulsa, melainkan koneksi internet. 

Meski sudah banyak digunakan, aplikasi chatting ini ternyata memiliki sejumlah tips dan trik tersembunyi yang belum banyak diketahui penggunanya. Dirangkum dari Lifewire, Rabu (22/02/2023), berikut beberapa fitur WhatsApp yang tersembunyi dan dapat dinikmati pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Membalas dan Mencari Pesan, Pin Obrolan, serta Mengganti Wallpaper

1. Membalas Pesan Tertentu dengan Praktis

Di aplikasi WhatsApp, pengguna dapat dengan mudah membalas pesan secara spesifik. Fitur ini bekerja seperti pada fitur reaction atau like untuk pesan tertentu. Untuk melakukannya, pengguna perlu menekan pesan beberapa detik, lalu pilih opsi Reply.

2. Mencari Chat Tertentu dengan Cepat

Untuk mencari pesan tertentu dengan cepat di berbagai ruang obrolan, pengguna dapat mengaksesnya dengan klik ikon pencarian dan mengetik pesan yang ingin dicari pada search bar yang tersedia.

3. Pin Obrolan

Jika pengguna memiliki obrolan yang penting dengan seseorang, pengguna dapat menandai obrolan tersebut agar selalu berada di paling atas tiap kali pengguna membuka aplikasi untuk memudahkan pencarian obrolan.

Pada perangkat iOS, fitur ini dapat digunakan dengan menggeser ruang obrolan ke kanan dan klik opsi Pin Chat. Sementara, pengguna Android dapat menggunakan fitur dengan menekan ruang obrolan beberapa detik dan pilih ikon bergambar paku payung pada bagian atas aplikasi.

4. Mengganti Wallpaper Background

Bagi pengguna yang bosan dengan wallpaper setelan yang ditentukan oleh WhatsApp, pengguna dapat menggantinya sesuai keinginan pengguna.

Untuk menggantinya, pengguna perlu mengakses Settings, masuk ke Chats, pilih Wallpaper, dan klik Change. Selanjutnya, pengguna dapat memilih wallpaper yang apapun yang disukai. 

3 dari 4 halaman

Tips Mengirim Lokasi, Mengetahui Teman Obrolan, Personalisasi Bentuk Tulisan, dan Archive Obrolan

5. Mengirim Lokasi ke Teman

Ingin berbagi lokasi pengguna berada dengan tepat? Pengguna dapat dengan mudah membagikan lokasi kepada seseorang hanya dengan klik ikon + (tambah) atau paperclip di samping kotak pesan, lalu klik Location, dan Share Live Location.

6. Menemukan Teman yang Paling Sering Mengobrol

Jika pengguna pernah bertanya-tanya dengan siapakah pengguna paling sering mengobrol, pengguna bisa mengetahuinya dengan mengakses menu Settings, masuk ke Storage Data, klik Manage Storage.

Selanjutnya, pilih kontak untuk melihat bagaimana pengguna melakukan obrolan dengan kontak tersebut.

Daftar ini diatur menurut orang yang paling banyak pengguna kirimkan pesan yang lalu diakumulasikan dalam data, sehingga foto, video, dan GIF mungkin akan lebih banyak menghasilkan data dibandingkan pesan teks. 

7. Personalisasi Bentuk Tulisan

Siapa sangka, pengguna kini dapat mengubah bentuk tulisan yang akan dikirim menjadi tebal, miring atau memiliki coretan di tengahnya. Hal ini bisa membantu pengguna dalam menyampaikan pesan-pesan tertentu yang membutuhkan penekanan.

Jika pengguna ingin membuat pesan dengan tulisan tebal, pengguna dapat tambahkan tanda bintang di kedua sisi kata atau kalimat yang ingin dikirim. Untuk membuat huruf miring, pengguna dapat tambahkan garis bawah di awal dan akhir kata atau kalimat.

Sementara untuk menempatkan coretan di seluruh tulisan, cukup tambahkan tanda gelombang di awal dan akhir kata atau kalimat yang akan dikirim.

8. Archive Obrolan

Untuk menjaga obrolan privat pengguna tetap aman, fitur archive dapat digunakan untuk menyembunyikan obrolan dari halaman utama aplikasi. Apabila pengguna memiliki perangkat iOS, pengguna dapat menggeser ruang obrolan ke kiri lalu klik Archive.

Sementara untuk pengguna Android, cukup tekan lama ruang obrolan lalu klik ikon Folder di kanan atas aplikasi.

4 dari 4 halaman

Tips Membalas Pesan dengan Private, Mengelola Penggunaan Data, Pesan Sekali Lihat, dan Status Online

9. Membalas Pesan di Group Chat Secara Private

Jika pengguna lebih nyaman membalas chat secara personal, pengguna juga bisa melakukannya di dalam suatu grup obrolan. 

Untuk pengguna iOS, fitu ini dapat digunakan dengan menekan dan tahan pesan di obrolan grup, lalu ketuk More, dan Reply Privately. Obrolan pribadi terbuka dengan kotak teks di bawah.

Sementara di perangkat Android, pengguna perlu menekan dan menahan pesan, lalu ketuk tiga titik di pojok kanan atas dan klik Reply Privately.

10. Kelola Penggunaan Mobile Data

WhatsApp memiliki cara unik agar pengguna dapat mengawasi penggunaan Mobile Data. Caranya, masuk ke Settings, klik Storage and Data, lalu pilih Network Usage dan hapus centang dari semua kotak yang tersedia.

Untuk mengunduh media hanya saat pengguna tersambung ke jaringan Wi-Fi, pengguna perlu membuka Settings, klik Storage and Data, pilih When Using Mobile Data dan hapus centang semua kotak.

11. Fitur Pesan Sekali Lihat

Kini, pengguna dapat menjadikan gambar atau video yang ingin dikirim hanya dapat sekali dilihat oleh penerima dan akan hilang setelahnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna tingga mengklik “View Once” sebelum mengirim suatu foto atau video yang telah dipilih.

12. Aktifkan Status Selalu Online

Jika pengguna ingin terlihat selalu Online, pengguna dapat mengaturnya pada aplikasi Web WhatsApp. Dengan membuka aplikasi melalui web, semua pesan dari ponsel akan disinkronkan dan status pengguna akan selalu online selama web masih dibuka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.