Sukses

MIT Kembangkan Metode Baru untuk Deteksi Bahan Peledak di Bandara

Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang mengembangkan spektrometer massa yang dapat mendeteksi uap bahan peledak, yang dapat digunakan bersama dengan anjing terlatih untuk meningkatkan keamanan bandara

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang mengembangkan spektrometer massa yang dapat mendeteksi uap bahan peledak, yang dapat digunakan bersama dengan anjing terlatih untuk meningkatkan keamanan bandara.

Sistem ini akan menawarkan cara lebih cepat dan tanpa kontak untuk mendeteksi bahan peledak daripada metode penyekaan yang saat ini digunakan oleh Transportation Security Administration (TSA).

Tim ini disponsori oleh program Next-Generation Explosives Trace Detection (NextGen ETD) dari Department of Homeland Security, yang dibentuk untuk terus mengikuti perkembangan perkembangan bahan peledak baik dari dalam maupun luar negeri.

Para peneliti telah menyelesaikan tiga tahap pengujian sejauh ini, yang melibatkan pengukuran udara di sekitar hampir 100 sampel bahan peledak yang berbeda yang disembunyikan dalam konfigurasi kemasan yang berbeda.

Daftar persyaratan untuk mengembangkan instrumen operasional sedang dibuat berdasarkan data pengujian, yang dapat digunakan oleh DHS untuk memutuskan mitra industri mana yang harus dihubungi untuk mengembangkan teknologi yang diperlukan, dan untuk berkoordinasi dengan proyek serupa di Eropa.

Sementara anjing pelacak saat ini digunakan untuk mendeteksi bahan peledak tersembunyi di bandara, para peneliti dari MIT Lincoln Laboratory's Biological and Chemical Technologies Group sedang mencoba untuk menciptakan metode mekanis yang dapat meniru kemampuan mereka.

Laboratorium ini telah menggunakan spektrometer massa untuk membantu melatih anjing pelacak bom, sebuah proyek yang merupakan bagian dari Detection Canine Program dari Science Technology Directorate (S&T) di Department of Homeland Security.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan spektrometer

Tim ini menggunakan spektrometer untuk mengukur uap bahan peledak guna memahami persyaratan untuk menciptakan sistem deteksi bahan peledak operasional, yang akan bekerja dengan armada anjing pelacak.

Pemeriksaan bagasi kabin saat ini di bandara melibatkan dua lapisan keamanan. Penumpang meletakkan barang bawaannya di atas ban berjalan yang melewati mesin sinar-X, dan jika sebuah tas didorong ke samping, agen TSA akan membukanya untuk memeriksa isinya dan menggunakan kain penyeka pada tas untuk mencari residu bahan peledak. Dalam beberapa kasus, anjing terlatih melengkapi penyekaan tersebut.

Sementara penyeka mendeteksi residu bahan peledak melalui kontak dan analisis kimia, anjing pelacak mendeteksinya dengan mengendus tanda-tanda uap. Bahan peledak meninggalkan jejak di udara, dan deteksi nonkontak yang menggunakan tanda tangan uap ini berpotensi jauh lebih cepat daripada penyeka.

 

3 dari 4 halaman

Uji coba di University of Rhode Island

Para peneliti MIT berharap dapat menggunakan data yang telah mereka kumpulkan untuk membuat daftar persyaratan untuk mengembangkan instrumen operasional, yang dapat digunakan oleh DHS untuk memutuskan bagaimana cara menghubungi mitra industri untuk mengembangkan teknologi yang diperlukan, dan dalam mengoordinasikan upaya mereka dengan upaya serupa di Eropa.

Tim peneliti telah melakukan pengujian di tempat uji coba bahan peledak di University of Rhode Island, yang merupakan bagian dari program Awareness and Localization of Explosives-Related Threats (ALERT) di Northeastern University, sebuah Pusat Keunggulan DHS yang terdiri dari berbagai universitas.

Mereka mengumpulkan beberapa ribu pengukuran untuk memahami bagaimana konfigurasi sampel yang berbeda memengaruhi tanda tangan uap bahan peledak yang disembunyikan.

Tim ini juga berencana untuk menggunakan data tersebut untuk mengevaluasi bagaimana algoritme pemrosesan data berdampak pada kinerja instrumen dan deteksi.

4 dari 4 halaman

Infografis Taliban Belum Usai, Bom ISIS-K Guncang Kabul (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini