Sukses

Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI 2023-2027, Pak ET Banjir Doa Warganet

Berikut ini adalah cuitan warga Twitter terkait Erick Thohir jadi Ketua Umum PSSI 2023-2027, sebagaimana dirangkum tim Tekno Liputan6.com, Kamis (16/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) menggantikan posisi Mochamad Iriawan.

Dalam kongres ini, Erick berhasil mengungguli kandidat lainnya di 64 suara. Sementara itu, La Nyalla Mattalitti hanya mengemas 22 suara.

Dengan begini, Menteri BUMN tersebut kini resmi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Sebelumnya, Komite Pemilihan (KP) PSSI mengumumkan lima calon tetap untuk bersaing memperebutkan posisi ketua umum.

Selain Erick Thohir dan La Nyalla Mattalitti, nama Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis juga masuk dalam daftar posisi ketua umum PSSI.

Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI ini langsung disambut ramai oleh warganet, dimana hingga kini keyword PSSI langsung trending topic Twitter.

Selain PSSI, keyword Selamat Pak, Pak ET, dan Erick Thohir pun mulai merangkak naik di trending topic.

Berikut ini adalah cuitan warganet, sebagaimana dirangkum tim Tekno Liputan6.com, Kamis (16/2/2023).

"Selamat kepada Pak @erickthohir terpilih sebagai Ketua umum @PSSI 🤘🏽," tulis @Seledi****

"Selamat pak Erick Thohir terpilih jadi Ketum PSSI , semoga amanah dan waktunya bersih bersih pak ! Selamat dan semangat memajukan sepak bola Indonesia pak !!" cuit @Kurnia****

"SELESAI. La Nyalla, 22 suara, Erick Thohir, 64 suara. Erick Thohir Ketua Umum PSSI 2023-2027," kata @ainu****

"Semoga PSSI lebih ber AKHLAK pak 🙏🙏," kata @agroit****

"Erick Thohir ketua pssi, yaaaaaak mari kita liat apa yg akan doi perbuat," jelas @Danang**** di akun Twitter-nya.

"Selamat atas terpilihnya pak @erickthohir sebagai Ketum @PSSI yang baru. Saya menantikan langkah konkrit bapak seperti penanganan cabor Basket," ucap @Jakar****

"Selamat pak erick,,terpilih jd ketua umum pssi👍 smoga bisa membawa timnas indonesia lbh baik😚," tulis @Azh****

"Selamat atas terpilihnya Pak @erickthohir sebagai Ketua Umum @PSSI. 🔥 Semoga mampu mewujudkan sepak bola Indonesia untuk lebih baik, bersih dan maju untuk kedepannya 🔥🔥🔥," ujar @kie****

"Barakallah utk pak @erickthohir, semoga dibawah kepemimpinan bapak sepak bola Indonesia semakin baik lagi + kalau bisa sunami tropi kayak king @realmadrid hehehe," tulis @Ardian**** di platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mekanisme Pemilihan

<p>Dua calon ketua PSSI, Erick Thohir dan La Nyalla Mahmud Mattalitti, berjabat tangan saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Kamis (16/2/2023). KLB PSSI tersebut untuk memilih satu Ketua, dua Wakil Ketua, dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) untuk periode 2023-2027. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)</p>

Pihak-pihak yang berhak mewakili pemilik suara untuk menghadiri agenda ini ialah delegasi yang diberi mandat oleh ketua dan sekretaris Asosiasi PSSI Provinsi, dan Direktur Utama Liga 1, Liga 2, serta Ketua Umum Klub Liga 3.

Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin mengungkapkan, mekanisme pemilihan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 di KLB PSSI akan dilakukan secara terpisah. Untuk jabatan calon ketua umum akan dipilih sendiri, begitu juga calon waketum dan anggota Exco PSSI.

"Agar dinyatakan terpilih, para calon harus mendapatkan suara 50 persen plus satu dari yang total pemilik suara yang hadir," ujar Amir di Jakarta belum lama ini.

3 dari 3 halaman

Harusnya November

Dua calon ketua PSSI, Erick Thohir dan La Nyalla Mahmud Mattalitti, berjabat tangan saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Kamis (15/2/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

KLB pemilihan sejatinya baru digelar pada November 2023 mendatang. Namun Tragedi Kanjuruhan memaksa PSSI mempercepat agenda ini menyusul rekomendasi tim gabungan pencari fakta (TGIPF).

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.