Sukses

Ini Jadwal Early Access dan Sinopsis Hogwarts Legacy, Game Open World Terbaru di Dunia Sihir Harry Potter

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi lengkap mengenai jadwal rilis dan sinopsis game Hogwarts Legacy yang berlatar belakang dunia sihir Harry Potter.

Liputan6.com, Jakarta - Game terbaru yang mengangkat dunia sihir dari kisah Harry Potter akan rilis sebentar lagi. Game yang berjudul Hogwarts Legacy ini akan meluncur di sejumlah platform, seperti PS5, PS4, PS4 Pro, Xbox Series X/S, Xbox One, Nintendo Switch, dan PC.

Kendati demikian, seperti dikutip dari situs resminya, Selasa (7/2/2023), jadwal rilis untuk masing platform akan berbeda-beda. Untuk awal, game ini akan rilis di konsol generasi terbaru dan PC, lalu kemudian ke platform lainnya.

Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai jadwal rilis Hogwarts Legacy untuk masing-masing platform, simak daftar lengkapnya berikut ini.

Jadwal Rilis Hogwarts Legacy

  • 10 Februari 2023 : PS5, Xbox Series X/S, dan PC
  • 4 April 2023 : PS4 dan Xbox One
  • 25 Juli 2023 : Nintendo Switch

Namun untuk pemain platform PS5, Xbox Series X/S, serta PC yang sudah melakukan pembelian Hogwarts Legacy Deluxe Edition, mereka akan mendapatkan early access (akses lebih dulu) untuk memainkan game ini, yakni pada 7 Februari 2023.

Meski Hogwarts Legacy mengangkat kisah yang berlatar belakang semesta Harry Potter, Portkey Games sebagai publisher menyebut game ini bukan merupakan adaptasi langsung dari buku maupun film yang sudah ada. Akan tetapi, kisahnya masih berakar pada semesta yang diciptakan J.K Rowling tersebut.

Hogwarts Legacy merupakan game RPG single player dengan konsep open world. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai siswa di sekolah sihir Hogwarts dengan latar dunia sihir tahun 1800-an.

Nantinya, para pemain akan diajak untuk melakukan berbagai perjalanan di dunia sihir Harry Potter, sekaligus mengembangkan kemampuan mereka. Pemain dapat belajar merapal mantra, membuat ramuan, hingga menjinakkan hewan-hewan ajaib di dunia tersebut.

Dalam game ini, pemain menentukan asrama mereka di Hogwarts sekaligus melakukan personalisasi pada karakter yang dimainkan. Sejalan dengan perkembangan, pemain juga bisa mengembangkan gaya bertarung mereka sendiri.

Yang menarik, Hogwarts Legacy disebut tidak memiliki sistem moral dalam permainannya. Karenanya, pemain bisa menentukan sendiri kisahnya, termasuk menjadi penyihir baik atau jahat.

Sayang, salah satu olahraga ikonik di dunia Harry Potter, yakni Quidditch tidak akan muncul dalam game ini. Kendati demikian, pemain masih dimungkinkan untuk menaiki sapu terbang untuk melakukan perjalanan, termasuk mengikuti perlombaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Informasi Soal Hogwarts Legacy

Tentu saja, absennya kemampuan bermain Quidditch di game membuat beberapa gamers juga penggemar Harry Potter kecewa, mengingat betapa ikoniknya permainan tersebut.

Hogwarts Legacy merupakan game open-world action RPG berlatar di dunia sihir Harry Potter di tahun 1800-an. Game ini digarap oleh Avalanche Software dan diterbitkan Warner Bros. Games di bawah Portkey Games.

Nantinya, para gamer akan bermain sebagai seorang siswa di sekolah sihir Hogwarts, di mana mereka akan melakukan berbagai petualangan, mengungkap rahasia tersembunyi, dan menghadapi bahaya-bahaya yang ada di dunia sihir.

Pemain juga bisa memilih satu dari empat asrama di Hogwarts, mengikuti kelas-kelas sihir, mengendarai makhluk sihir, serta meningkatkan kemampuan karakter buatannya.

Pengembang mengklaim tidak akan ada fitur micro-transactions di Hogwarts Legacy. Game ini juga bersifat single player dan tidak (atau belum) memiliki fitur gameplay online alias multiplayer, atau co-op.

3 dari 5 halaman

Tanpa Campur Tangan J.K Rowling

Meski mengusung semesta Harry Potter, game Hogwarts Legacy ini tampilkan cerita original tanpa ada campur tangan secara langsung dari sang pengarang bukunya, yaitu JK Rowling.

Hogwarts Legacy memperkenalkan tokoh-tokoh baru mulai dari para profesor, murid, penjahat, mentor dan makhluk mistis, tetapi juga ada karakter yang cukup dikenal dari novel dan filmnya.

Namun, mengingat latar waktunya yang berada di tahun 1800-an, pemain tidak akan bertemu trio sentral dari seri utama Harry Potter yaitu Harry Potter, Hermione Granger, dan Ron Weasley.

Karena mengusung genre open world, pemain dapat menjelajah tempat lain di luar Hogwarts, terbang menggunakan sapu ajaib, dan berteman dengan karakter lain untuk bertualang bersama.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi PC Hogwarts Legacy

Saat ini, pengguna PC sudah bisa melakukan pre-purchase Hogwarts Legacy di Steam dan Epic Games Store. Hogwarts Legacy dijual dengan harga Rp 749 ribu untuk versi dasarnya dan Rp 874 ribu untuk Deluxe Edition.

Berikut spesifikasi minimal PC yang dibutuhkan, apabila ingin memainkan Hogwarts Legacy seperti dikutip dari Steam:

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i5-8400 atau AMD Ryzen 5 2600
  • Memory: 8 GB RAM
  • Grafik: NVIDIA GeForce GTX 1070 atau AMD RX Vega 56
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 85 GB
  • Tambahan: SDD (Preferred), HDD (Supported), 1080p/60 fps, Low Quality Settings, Upscale Performance Setting

Sementara, untuk spesifikasi perangkat PC yang direkomendasikan untuk memainkan Hogwarts Legacy adalah:

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Prosesor: Intel Core i7-8700 atau AMD Ryzen 5 3600
  • Memory: 16 GB RAM
  • Grafik: NVIDIA GeForce 1080 Ti atau AMD RX 5700 XT
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 85 GB
  • Tambahan: SSD, 1080p/60 fps, High Quality Settings, Upscale Quality Setting

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.