Sukses

APJII dan GEMCORP Dorong Pemerataan Internet Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membuat nota kesepahaman dengan Gemcorp Capital Management Limited (GEMCORP).

Menurut Ketua Umum APJII Muhammad Arif, nota kesepahaman yang dibuat antara APJII dan GEMCORP bertujuan untuk mendukung peningkatan penetrasi pengguna dan pemerataan internet Indonesia.

“Dengan adanya nota kesepahaman ini, APJII bermaksud memperluas peluang kerja sama bagi anggota yang sedang mencari investasi atau pembiayaan strategis," ujar Arif melalui keterangannya, Senin (6/2/2023).

Ia menjelaskan GEMCORP sebagai perusahaan investasi independen yang berpusat di London, Inggris, dapat berkolaborasi dengan anggota APJII untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur telekomunikasi.

"Meliputi pembangunan backbone, backhaul, dan last mile, sejalan dengan tujuan organisasi APJII yaitu meningkatkan penetrasi pengguna dan pemerataan internet Indonesia,” Arif menambahkan.

Arif menambahkan menyebut Indonesia memiliki potensi besar dalam era ekonomi digital yang tentunya didukung oleh konektivitas.

Dengan anggota APJII yang saat ini berjumlah lebih dari 850 perusahaan dan tersebar di seluruh Indonesia, APJII berharap Indonesia terus tumbuh dan maju dalam di sektor ekonomi digital.

Melalui kerja sama ini, APJII berharap peluang pendanaan untuk anggota APJII dapat semakin meningkat, termasuk di antaranya yang berasal dari perusahaan investasi independen.

"Dengan dukungan pendanaan, APJII berharap anggota dapat memiliki kekuatan untuk memperluas jangkauan jaringan, mengembangkan layanan, dan meningkatkan daya saing bisnis di masa mendatang," tutur Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibutuhkan Sumber Modal Signifikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet semakin berkembang, dan banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru karena bisnis internet sedang naik daun, apalagi setelah pandemi COVID-19.

Namun, dibutuhkan sumber modal yang lebih signifikan lagi dalam meningkatkan cakupan dan kualitas layanan, termasuk dalam hal mendukung proyek-proyek pemerintah.

Arif menjelaskan pemerintah terus berusaha memperluas digitalisasi hingga ke daerah dengan berbagai kebijakan, regulasi, dan program pembangunan yang diantaranya berkaitan langsung dengan infrastruktur konektivitas.

Tak jarang dalam melaksanakan program-program yang telah dicanangkan, pemerintah bekerja sama dengan para anggota APJII.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anggota APJII ke depan juga dapat menjajaki kerja sama dengan GEMCORP apabila membutuhkan pembiayaan dalam mengikuti proyek pemerintah.

“Oleh karena itu, dengan adanya nota kesepahaman ini, APJII berharap GEMCORP dapat mendatangkan peluang investasi dan pembiayaan kepada para anggota APJII dan semakin banyak anggota APJII yang bisa memiliki akses pendanaan yang bersaing,” Arif memungkaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.