Sukses

Kode iOS 17 Bocorkan Perbedaan iPhone 15 Ultra dan iPhone 15 Pro

Bocoran kode iOS 17 mengungkap berbagai perbedaan antara iPhone 15 Ultra dan iPhone 15 Pro, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - iOS 16, sistem operasi terbaru iPhone, dikabarkan banyak memiliki kelemahan dan bug. Para pengguna iPhone yang sudah update ke sistem operasi versi terbaru ini masih banyak yang melaporkan perangkatnya alami berbagai masalah.

Meski punya banyak fitur dan peningkatan dari sisi visual, iOS 16 tak membuat Apple berbangga dan berpuas diri. Bahkan, Apple dikabarkan akan segera merilis iOS 17 untuk meningkatkan pengalaman dan keamanan bagi pengguna iPhone.

Terbaru, bocoran kode iOS 17 mengungkap perbedaan antara perangkat iPhone yang bakal rilis tahun 2023 ini, yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra.

Mengutip Gizchina, Jumat (27/1/2023), bocoran ini diungkap oleh tipster LeaksApplePro. Menurut bocoran tersebut, iOS 17 bakal berfokus pada efisiensi dan keberlanjutan alih-alih menambahkan fitur-fitur baru.

Hal utama yang digarisbawahi dari bocoran tersebut adalah update iOS 17 mengungkap berbagai detail tentang iPhone 15 series.

Meski bocoran ini datang dari seorang leakster yang reputasinya melulu baik, kode iOS 17 yang dibocorkan itu secara umum cukup akurat mengenai iPhone yang belum dirilis tersebut.

Dynamic Island di Semua Model iPhone 15

Bocoran pertama dari iOS 17 tentang iPhone 15 adalah, Apple akan menghadirkan fitur Dynamic Island pada semua model iPhone 15. Sekadar informasi, saat ini Dynamic Island baru ada di lini iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Secara keseluruhan, Dynamic Island akan ada di enam model iPhone, yakni dua di iPhone 14 Pro series dan empat di iPhone 15 series, yakni iPhone 15 Ultra, iPhone 15 Pro, iPhone 15, dan iPhone 15 Plus

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

USB Type C dan Kecepatan Transfer

Kode iOS 17 mengonfirmasi bahwa lini iPhone 15 akan menghilangkan teknologi Lightning yang selama ini dipakai. Alih-alih begitu, perangkat akan menggunakan port USB type C.

Sebelumnya sudah ada rumor mengenai hal ini dan bocoran kode iOS 17 mengonfirmasinya.

Selain membocorkan tentang iPhone 15 yang akan didukung port USB Type C, kode iOS 17 juga mengungkap iPhone 15 akan didukung layar seluas 6,1 inci. Sementara iPhone 15 Plus akan memiliki layar 6,7 inci. Keduanya akan memiliki kecepatan transfer yang setara dengan saat iPhone menggunakan konektor Lightning.

Pada sisi lain, model premium yakni iPhone 15 Pro akan didukung layar 6,1 inci. Model iPhone 15 Ultra akan memiliki layar 6,7 inci dan kecepatan transfer yang lebih cepat dengan konektor USB Type C.

3 dari 4 halaman

Pemrosesan Gambar Lebih Baik di iPhone 15 Ultra

Leakster tersebut juga menduga iPhone 15 Ultra akan memiliki dukungan software pemrosesan gambar yang lebih canggih. Hal ini membuatnya percaya bahwa iPhone 15 Ultra akan memiliki sensor kamera lebih canggih dibandingkan iPhone 15 Pro.

Performa iPhone 15 Ultra Lebih Kencang

Bukan hanya dari segi kamera, performa iPhone 15 Ultra dikabarkan akan lebih kencang dibandingkan iPhone 15 Pro. Kok bisa?

Meski kedua iPhone 15 flagship ini didukung chip A17 Bionic, iPhone 15 Ultra akan memiliki kemampuan lebih tinggi. LeaksApplePro mengatakan, "Chip pada iPhone 15 Ultra akan memiliki kebebasan lebih dibandingkan iPhone 15 Pro."

Leakster ini juga menyebut, model yang lebih flagship yakni iPhone 15 Ultra kemungkinan hadir dengan sistem pendinginan yang lebih maju dan canggih. Hal ini akan membuat chip A17 Bionic berfungsi dengan potensi penuhnya.

4 dari 4 halaman

Perbedaan iPhone 15 Ultra dan iPhone 15 Pro

Bocoran kode iOS 17 sejalan dengan laporan sebelumnya yang menyebut Apple berupaya membuat diferensiasi atau gap lebih besar antara kedua model iPhone high-end tersebut.

Salah satunya, iPhone 15 Ultra disebut-sebut akan menghadirkan bodi titanium, layar lebih besar, dan kamera periskop.

Di sisi lain, fitur-fitur tersebut mungkin tidak akan ditemukan pada iPhone 15 Pro. Dengan begitu, Apple berupaya membuat iPhone 15 Ultra akan jadi salah satu smartphone premium terbaik di 2023.

Meski begitu, pada konferensi pengembang tahunan, Worldwide Developer Conference, Apple dikabarkan akan mengumumkan preview iOS 17 pada bulan Juni mendatang. Sementara perilisan iOS 17 akan dilakukan bersamaan dengan dirilisnya iPhone 15 series, sekitar bulan September 2023.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.