Sukses

Review Oppo A77s: Banyak Fitur Berguna dan Mumpuni untuk Aktivitas Sehari-hari

Berikut ini ulasan Tekno Liputan6.com mengenai Oppo A77s. Yuk, simak di sini...

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis berbagai smartphone untuk kelas menengah hingga premium di tahun 2022, Oppo menutup 2022 dengan merilis HP terbarunya, salah satunya adalah Oppo A77s.

Untuk spesifikasi, A77s dilengkapi layar 6,56 inci dan mendukung refresh rate 90Hz. Soal performa, ponsel ini menggunakan chipset Snapdragon 680 4G, RAM 4GB, dan memori 128GB yang dapat diekspansi hingga 1TB.

HP Oppo ini juga mendukung fitur RAM Expansion hingga 8GB yang akan hadir lewat pembaruan software.

Oppo A77s menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12, dengan beberapa fitur untuk mendukung keamanannya, seperti Privasi Data Foto dan Dasbor Privasi.

Sebagai pendukung performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung fitur pengisi daya cepat 33W SuperVOOC.

Di sektor fotografi, Oppo membenamkan dua kamera belakang di smartphone ini yang terdiri dari lensa utama 50MP dan depth sensor 2MP. Sementara untuk kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP.

Sebagai tambahan, HP Oppo A77s hadir dengan stereo speaker serta sudah mengantongi sertifikasi IPX4 dan IPX5. Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menggunakan HP Oppo A77s selama beberapa pekan ini. Berikut ulasannya.

Desain

Oppo menghadirkan desain khasnya di perangkat ini. Desain yang sudah mereka bahwa dari seri Reno7. Untuk varian warna yang saya uji sendiri adalah Starry Black dengan desain Oppo Glow.

Menurut saya, desainnya cukup oke dengan bobot perangkat yang ringan. Memang tidak ada yang baru atau terlalu unik dari segi desain, tapi bagi mereka yang mencari perangkat untuk kebutuhan sehari-hari, HP yang satu ini masih layak dipakai dan ringan dibawa-bawa.

Desain kamera depan Oppo A77s yang masih berbentuk tetesan air juga bukan masalah besar buat saya, meski mungkin ada beberapa orang yang kurang suka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemakaian Sehari-hari

Layar

Sensitivitas layar menurut saya terbilang bagus. Gambar yang dihasilkan juga cukup terang dan cerah. Namun saya merasa warna yang ditampilkan di perangkat ini terasa kurang kontras dan tidak terlalu tajam, ini cukup terasa saat menonton video.

Meski begitu, tampilannya masih cukup nyaman di mata meski tidak memakai layar AMOLED. Buat main game-pun, layarnya masih enak dilihat dengan respon sentuhan yang terbilang oke, terutama dengan refresh rate 90Hz.

Performa, baterai, dan fitur

Penggunaan untuk sekadar browsing atau sehari-hari, perangkat ini masih enak dipakai. Untuk main game pun masih terbilang nyaman

Untuk main Mobile Legends: Bang Bang selama setengah jam dengan settingan High, bodi perangkat tidak panas dengan performa yang mulus.

Begitu pula saat digunakan untuk bermain PUBG Mobile selama 40 menit, di mana perangkat ini tidak terasa panas dengan performa yang lancar. Untuk ini, pengaturan tertinggi yang saya dapatkan berada di settingan Balanced Medium.

Untuk baterai, dipakai nonton YouTube setengah jam berkurang tiga persen, untuk main MLBB setengah jam berkurang enam persen, dan main PUBG Mobile berkurang enam persen.

Pengisian daya juga terbilang cepat mengingat Oppo sudah menyematkan fitur pengisian daya super cepat mereka. Di-charge 45 menit, perangkat ini terisi 56 persen. Nah, kalau mau lebih hemat baterai, pengguna juga bisa mengganti refresh rate ke 60Hz.

Untuk fitur yang ada menurut saya sudah cukup memenuhi kebutuhan harian, termasuk soal keamanan.

Fitur membuka kunci dengan sidik jari atau wajah terbilang akurat dan merespon dengan cepat, begitu pula dengan fitur privasi seperti menyembunyikan aplikasi yang mudah diakses.

3 dari 4 halaman

Audio dan Foto

Audio

Oppo menghadirkan dua speaker di perangkat ini, membuat keluaran suara dari perangkat lebih maksimal. Ini patut diapresiasi, khususnya saat ini banyak smartphone di range harga serupa, sudah menghadirkan stereo speaker.

Kualitas suara yang dihasilkan juga terbilang oke. Disetel dengan volume paling kencang (yang ditampilkan sebagai Ultra Volume 200%), kualitasnya masih terjaga dan tidak terlalu pecah meski volumenya sangat keras.

Di sini, Oppo memang menyematkan teknologi Dirac 3.0, sehingga suara yang dihasilkan dari dua speaker A77s tidak pecah.

Foto

Kualitas foto dari Oppo A77s menurut saya berada di taraf yang oke untuk penggunaan sehari-hari. Fitur-fitur yang dihadirkan pun sebenarnya sangat berguna untuk pemakaian kasual, ketimbang ala profesional.

Hasilnya fotonya oke di tempat yang terang, maupun di malam hari dengan pencahayaan yang baik. Warna yang ditampilkan beberapa kali terasa agak flat meski masih enak dilihat. Di tempat yang pencahayaannya kurang, detail masih bisa dipertahankan.

Menurut saya, pemakaian untuk kebutuhan foto sehari-hari, sudah cukup ditangani di perangkat yang satu ini. Apalagi, beberapa fitur seperti Text Scanner atau Selfie HDR, terasa membantu untuk dipakai harian.

Untungnya, Oppo juga menghadirkan fitur unggulan untuk menunjang fotografi di sini seperti Bokeh Flare Portrait yang sebelumnya juga hadir di seri Reno. Berikut ini beberapa hasil foto dengan menggunakan kamera Oppo A77s.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Oppo A77s menghadirkan perangkat yang cocok bagi mereka yang mencari HP dengan fitur mumpuni yang berguna dipakai sehari-hari, termasuk untuk bermain game atau kebutuhan entertainment.

Sementara untuk fotografi, HP ini masih layak dipakai harian dengan hasil foto yang cakep.

Namun bukan tanpa kekurangan. Pertimbangan mungkin bisa dilakukan dari sisi lain seperti absennya fitur seperti NFC, perangkat yang masih 4G, serta layarnya yang masih di HD+ dengan panel LCD a-Si, bukan AMOLED.

Kelebihan lain tentu saja stereo speaker yang hadir dengan kualitas suara yang nendang, cocok buat pengguna yang suka menggalau di kamar sendirian sambil menyetel musik tanpa earphone.

Sebagai catatan, ulasan di atas adalah pengalaman pribadi saya dalam menggunakan Oppo A77s. Setiap pengguna mungkin memiliki pengalaman, preferensi, dan pengetahuan yang berbeda-beda saat memakainya.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.