Sukses

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Cianjur, Warganet: Stay Safe

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 5,6 mangnitudo mengguncang wilayah Cianjur, pada Senin (21/11/2022) pukul 13:21:10 WIB.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa terjadi di 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

"#Gempa Mag:5.6, 21-Nov-22 13:21:10 WIB, Lok:6.84 LS,107.05 BT (10 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG di akun Twitter-nya.

Walau hanya terjadi dalam beberapa menit saja, banyak warganet yang mengaku kaget ketika gempa terjadi.

Beberapa dari mereka mencuitkan gempa di Cianjur tersebut terasa hingga kota mereka berada, seperti Sukabumi, Bandung, Cikarang, Bekasi, Depok, dan DKI Jakarta.

Pantauan Tekno Liputan6.com, trending topic Indonesia pun sudah dipenuhi dengan keyword terkait gempa pada hari senin ini.

Adapun beberapa diantaranya, termasuk #Gempa, Kerasa, Cianjur, Kenceng, Bekasi, Bandung, BMKG, Stay Safe, Sukabumi, Cikarang, dan Debpok.

Berikut ini adalah beberapa cuitan warganet terkait gempa bumi di Cianjur hari ini.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Warga Berhamburan Keluar Rumah

<p>Ilustrasi gempa. (Liputan6.com)</p>

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang merasakan guncangan lindu pun langsung berhamburan keluar dari rumah dan bangunan.

Seperti yang terjadi di wilayah Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Warga sontak keluar rumah begitu merasakan getaran cukup kuat seperti ada truk besar yang melintas.

 Kondisi serupa juga terjadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya. Sejumlah pengunjung sidang sempat panik begitu merasakan guncangan gempa.

Tak hanya di Jakarta, gempa juga terasa kuat di wilayah Depok, dan Bogor Jawa Barat.

 

3 dari 3 halaman

Tindakan yang Dilakukan Sebelum, Sesaat, dan Sesudah Gempa Bumi

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Berikut ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum Terjadi Gempa Bumi:

- Pastikan struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.