Sukses

Top 3 Tekno: Bocoran iPhone SE 4 Bikin Penasaran

Walau Apple belum mengonfirmasi kabar terkait ponsel tersebut, banyak pihak yang meyakini iPhone SE 4 bakal diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran tentang iPhone SE 4 bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (13/11/2022) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari hasi uji jaringan Smartfren di sepanjang jalur tol dari Jakarta, Cirebon, hingga Semarang.

Lebih lengkanya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Bocoran Desain dan Spesifikasi iPhone SE 4

Setelah iPhone 14 resmi diumumkan pada awal September 2022, banyak warganet yang penasaran dan memperbincangkan tentang iPhone SE 4.

Walau Apple belum mengonfirmasi kabar terkait ponsel tersebut, banyak pihak yang meyakini iPhone SE 4 bakal diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.

Jelang peluncuran, berbagai bocoran informasi terkait seri penerus iPhone SE 3 atau 2022 itu sudah mulai ramai beredar di internet.

Salah satunya bocoran dari Jon Prosser, dimana dia mendukung informasi tentang iPhone SE 4 bakal memiliki bentuk desain serupa dengan iPhone XR.

Beda dari seri iPhone SE sebelumnya, Apple kemungkinan bakal menghilangkan tombol Home yang berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu juga tetap mempertahankan desain kamera dari model SE sebelumnya, tetapi dengan pilihan warna baru.

Selain tetap memperkenalkan warna, seperti Midnight, Starlight, dan Product(RED), Apple juga akan menambahkan varian kuning, merah, dan biru--seperti iPad 10th Gen.

Salah satu peningkatan besar di sektor hardware adalah chipset yang digunakan untuk iPhone SE 4 ini.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menjajal Jaringan Smartfren di Jalur Tol Jakarta-Cirebon-Semarang Jelang Akhir Tahun

Smartfren mengatakan bahwa jaringan mereka di sepanjang jalur tol dari Jakarta, Cirebon, hingga Semarang, sudah dapat dinikmati oleh para pengguna dengan baik.

Selama Rabu (9/11/2022) dan Kamis (10/11/2022), Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal sejauh mana kecepatan Smartfren di jalur ini, khususnya jelang akhir tahun 2022.

Pengujian yang saya lakukan menggunakan HP Oppo A77s dengan dua sumber internet, yaitu modem WiFi Smartfren Andromax milik pribadi serta WiFi Smartfren didalam bus. Tes juga menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla.

Keseluruhan, pemakaian untuk sekadar browsing, membuka Google Maps, menonton YouTube dan mendengarkan lagu terbilang lancar di hampir sepanjang perjalanan meski di beberapa titik, sinyalnya sempat hilang sesaat.

Tes pertama dilakukan di rest area Tol Cipali KM 102 A. Di sini ditemukan kecepatan download hanya mencapai 5,19 Mbps dengan kecepatan upload 6,03 Mbps, meski di titik ini penggunaan untuk browsing masih cukup lancar.

Memasuki Kota Cirebon, saya menjajal pengujian saat berangkat dari Hotel Aston menuju Semarang. Ditemukan, kecepatan download mencapai 12,5 Mbps dengan upload di 0,78 Mbps.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Hadapi Tech Winter, Startup Harus Lebih Waspada Serangan Siber

Perusahaan rintisan atau startup, diimbau untuk memperhatikan sisi keamanan siber di tengah situasi "musim dingin" bagi sektor teknologi atau "tech winter."

Menurut Palo Alto Networks, startup biasanya mengandalkan pendanaan dari pihak eksternal, dan saat pendanaan tersebut berhenti, beberapa bisnis terpaksa melakukan lay-off atas sejumlah aset, demi menyeimbangkan arus kas.

Musim dingin ini dinilai menjadi tantangan bagi para startup dalam menyesuaikan strategi bisnis, termasuk sistem keamanan siber mereka agar dapat bertahan.

Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat menghindari ancaman mendadak pada keamanan data mereka, terutama ketika dalam kondisi yang kurang prima.

Palo Alto Networks menyebut startup memiliki pondasi yang kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, yang juga jadi salah satu aspek penting bagi ekonomi negara secara keseluruhan.

Pemerintah pun juga memberikan dukungan untuk upaya digitalisasi dan ekspansi ekosistem startup, yang telah mendorong sejumlah talenta luar biasa dari Tanah Air untuk membangun perusahaan rintisan.

Namun, mengutip siaran persnya, Minggu (13/11/2022), Palo Alto Networks juga mengatakan banyak risiko siber yang mengintai, seiring dengan pertumbuhan startup di Tanah Air.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.