Sukses

Bocoran Desain dan Spesifikasi iPhone SE 4

Liputan6.com, Jakarta - Setelah iPhone 14 resmi diumumkan pada awal September 2022, banyak warganet yang penasaran dan memperbincangkan tentang iPhone SE 4.

Walau Apple belum mengonfirmasi kabar terkait ponsel tersebut, banyak pihak yang meyakini iPhone SE 4 bakal diluncurkan pada tahun 2024 mendatang.

Jelang peluncuran, berbagai bocoran informasi terkait seri penerus iPhone SE 3 atau 2022 itu sudah mulai ramai beredar di internet.

Salah satunya bocoran dari Jon Prosser, dimana dia mendukung informasi tentang iPhone SE 4 bakal memiliki bentuk desain serupa dengan iPhone XR.

Beda dari seri iPhone SE sebelumnya, Apple kemungkinan bakal menghilangkan tombol Home yang berfungsi sebagai sensor sidik jari.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu juga tetap mempertahankan desain kamera dari model SE sebelumnya, tetapi dengan pilihan warna baru.

Selain tetap memperkenalkan warna, seperti Midnight, Starlight, dan Product(RED), Apple juga akan menambahkan varian kuning, merah, dan biru--seperti iPad 10th Gen.

Salah satu peningkatan besar di sektor hardware adalah chipset yang digunakan untuk iPhone SE 4 ini.

Informasi, iPhone XR menggunakan Apple A12, model SE (2022) dengan chipset A15--seperti iPhone 14 dan 14 Plus. Sementara itu, spesifikasi iPhone SE 4 kemungkinan akan dilengkapi dengan chipset A16.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bocoran iPhone SE 4 Lainnya

iPhone SE 2022 mengusung desain yang sama dengan iPhone SE 2020, dengan dukungan Touch ID. (Foto: Apple Newsroom).

Karena tidak lagi mengandalkan Touch ID di tombol Home, Apple diyakini akan melengkapi iPhone SE 4 ini dengan teknologi Face ID.

Untuk ukuran layar, analis Apple Ming-Chi Kuo dan Jon Prosser sama-sama memprediksi ponsel baru milik Apple ini akan tetap bertahan dengan layar berukuran 6.1 inci.

Sementara analis lainnya, Ross Young, mengatakan Apple sedang mempertimbangkan pakai layar 5,7 inci atau 6,1 inci untuk iPhone SE 4.

Selain itu, Apple juga masih belum menentukan apakah akan menggunakan panel OLED atau LCD untuk layar iPhone SE 4 ini.

Seperti model iPhone SE di pasaran saat ini, generasi baru nantinya ini akan juga menggunakan koneksi jaringan 5G.

Soal kapan diluncurkan, rumor menyebutkan iPhone SE 4 ini akan hadir pada tahun 2024. Apple tidak akan memperkenalkan model baru tahun depan.

3 dari 4 halaman

Begini Rupa iPhone V

Tampilan iPhone layar lipat yang dikembangkan secara mandiri oleh tim Tech Aesthetics. (Dok: YouTube)

Di sisi lain, sebuah tim asal Hong Kong bernama Tech Aesthetics berhasil membuat rekayasa model iPhone lipat dari beragam komponen yang dikumpulkan.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (12/11/2022), perangkat ini dikerjakan secara mandiri atau biasa dikenal dengan proyek DIY (Do It Yourself).

Hasil kerja tim tersebut bisa disaksikan melalui kanal YouTube mereka. Dalam pembuatan iPhone layar lipat ini, mereka memanfaatkan bodi dari Motorola Razr 2019 dan memakai isi komponen iPhone X.

Pembuatan perangkat ini memakan waktu hingga hampir setahun, dengan banyak uji coba sebelum akhirnya benar-benar berhasil. Meski bukan produk resmi, perangkat ini diberi nama iPhone V.

Dijelaskan, tim Tech Aesthetics mengambil layar iPhone X dengan menghancurkan penutup kaca dan lapisan sentuhnya untuk mengambil layar OLED-nya. Meski terdengar mudah, prosesnya terbilang rumit, karena membutuhkan mesih yang canggih dan keahlian tersendiri.

 

4 dari 4 halaman

Pakai Komponen dari Ponsel Android hingga iPhone

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Secara keseluruhan, tim harus menghancurkan 37 layar iPhone, sebelum akhirnya berhasil mendapatkan layar yang dipakai dalam proyek ini. Tim ini juga membuat motherboard khusus dicetak menggunakan printer 3D.

Sementara untuk bodi luarnya, tim menggunakan sepasang Motorola Razr 2019 yang dibongkar. Karena ada keterbatasan ruang, mereka hanya bisa membenamkan baterai dengan kapasitas 1.000mAh.

Tidak hanya sisi hardware, tim juga mengubah tampilan iOS agar lebih sesuai dengan penggunaan layar lipat dengan memanfaatkan mod yang sudah di-jailbreak. Hasilnya, mereka bisa membuat aplikasi yang berjalan di kedua sisi layar.

Mengingat proyek ini merupakan pekerjaan pribadi, produk tersebut jelas tidak dikomersialkan. Hanya dengan adanya perangkat ini, konsumen setidaknya bisa mendapatkan gambaran mengenai iPhone layar lipat yang mungkin akan dirilis Apple di masa depan.

(Ysl/Dam)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS