Sukses

Tips Gunakan Nightography di HP Layar Lipat Samsung Biar Konten Malam Makin Ciamik

Liputan6.com, Bali - Nightography menjadi salah satu fitur yang unggulan Samsung yang mereka bawa di duo foldable smartphone atau HP layar lipat teranyar mereka, Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G.

Fitur Nightography ini dapat digunakan untuk para pengguna yang suka membuat konten di malam hari, agar kualitasnya tetap jelas.

Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia dalam workshop di Bali pada Senin awal pekan ini, ditulis Jumat (14/10/2022) mengungkapkan cara kerja dari teknologi ini.

"Hasil gambar yang dihasilkan akan terlihat tajam dan ciamik, karena pemrosesan Multi-frame AI yang inovatif menggabungkan 30 gambar menjadi satu bidikan epik, mengoptimalkan warna dan detail di setiap pikselnya," ujarnya.

Samsung pun memberikan beberapa tips dalam memanfaatkan Nightography yang ada di Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G.

1. Night Portrait di tengah cahaya lampu estetik

Kedua HP layar lipat Samsung yang baru, bisa dipakai untuk mengambil night portrait dengan efek bokeh yang natural. Hal ini karena Nightography yang dapat menangkap lebih banyak cahaya di kondisi redup.

Ada juga dukungan Super Night Solution, yang mampu menggabungkan berbagai frame saat menangkap gambar untuk menghasilkan foto dengan tingkat resolusi yang tinggi.

Super Night Solution juga dapat mengurangi noise untuk memastikan night portrait cerah alami serta makin jernih dan vivid. Berikut tips mengambil night portrait dengan Samsung Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G:

  1. Tentukan spot yang menarik. Ada baiknya kamu membelakangi beberapa sumber cahaya warna-warni agar efek bokeh yang dihasilkan nantinya lebih dramatis.
  2. Ambil foto dengan Flex Mode di Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G untuk mendapat angle yang lebih menarik, seperti low angle OOTD malam hari yang unik di tengah area instagrammable atau eye level saat sedang di kafe.
  3. Foto obyek ikonik di lokasi liburan tetap jernih saat malam hari karena menggunakan Portrait Mode.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Golden Hour

2. Bidik landscape saat golden hour hingga malam hari

Pengguna Galaxy Z Flip4 5G dan Fold4 5G bisa memanfaatkan Flex Mode untuk menangkap golden hour yang biasanya terjadi begitu cepat. Berikut caranya:

  1. Posisikan Galaxy Z Fold4 5G atau Z Flip4 5G dalam keadaan Flex Mode pada bidang rata yang menghadap arah matahari terbenam.
  2. Buka kamera dan pilih mode hyperlapse dan tentukan tingkat percepatan yang kamu inginkan. Untuk merekam matahari terbit atau terbenam, direkomendasikan memilih percepatan 60x, sementara untuk malam hari pilih 15x Night Mode.
  3. Pada Flex Mode, geser viewfinder ke bagian bawah layar dengan memilih tombol untuk memudahkan melihat proses perekaman sambil berdiri.
  4. Saat membidik dengan mode hyperlapse pada waktu peak golden hour, pengguna bisa mengambil foto tanpa harus menghentikan perekam hyperlapse.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Pro Mode di Fold4 5G dan Z Flip4 5G, dan mengatur ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual untuk mendapatkan pengaturan yang paling sesuai terhadap kondisi pencahayaan. 

3 dari 3 halaman

OIS dan VDIS Terbaru

3. Konten vlog dan perlihatkan keindahan malam di sekitar

Selain Nightography yang juga mendukung perekaman video, Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G juga menghadirkan peningkatan pada OIS dan VDIS.

OIS terbaru mampu meminimalkan guncangan pada video dengan lebih baik untuk rekaman yang lebih mulus dan tidak shaky atau berguncang.

Selain itu, Advanced OIS juga mampu menangkap lebih banyak variasi arah datangnya cahaya untuk membuat hasil rekaman di malam hari lebih cerah dan jernih.

VDIS yang telah dikembangkan juga dapat dengan cepat menganalisis pergerakan perangkat dan mengetahui apakah pengguna sedang berjalan atau berlari untuk stabilisasi pada video yang lebih optimal.

Kedua ponsel ini juga membawa fitur HDR10+ yang dapat diaktifkan di pengaturan kamera, untuk kontras dan detail warna yang lebih nyata, untuk hasil video yang lebih vivid namun tetap natural. Berikut cara mengaktifkannya:

  1. Buka Camera
  2. Tap ikon Settings di pojok kiri atas layar
  3. Pilih Advanced recording options
  4. Aktifkan toggle untuk HDR10+

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS