Sukses

Kena Deface Hacker, Kemenkes Tutup Situs SIPP Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Situs web Situs Informasi Pelayanan Publik Kemenetrian Kesehatan (SIPP Kemkes) kena serangan deface atau diubah tampilannya oleh hacker.

Saat masuk ke situs dengan link https://sipp.kemkes.go.id/x.html, penggunjung akan ditampilkan oleh laman web yang sudah di-deface.

Terkait hal ini pihak Kementeraian Kesehatan (Kemenkes) saat ini mengaku tengah melakukan pengecekan kemungkinan serangan pada situs SIPP.

"Saat ini kami terus melakukan pengecekan kemungkinan serangan pada situs SIPP, memang ada perubahan tampilan pada website," kata Kepala Biro Humas Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, kepada Liputan6.com, Senin (26/9/2022).

Ia menambahkan pihaknya telah menutup situs web SIPP Kemkes untuk sementara waktu guna pencegahan.

"Saat ini kami juga telah melakukan penutupan akses publik untuk sementara waktu guna pencegahan," ucap Nadia.

Ia mengklaim, situs SIPP tidak menyimpan data pribadi maupun data lainnya dan hanya memuat informasi jenis pelayanan publik di Kemkes, baik di pusat maupun unit pelaksana teknis (UPT).

"Situs itu juga dimanfaatkan untuk melakukan survei kepuasan masyarakat secara online dan hal lain sesuai amanah UU 25/2009 tentang pelayanan publik," Nadia menjelaskan.

Namun, ia menegaskan, untuk sementara ini unit layanan terpadu (ULT) tetap berjalan normal seperti biasa.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Pelaku Serangan

Adapun tampilan laman web tersebut diubah berwarna hitam, disertai dengan tulisan "Hacked by ./Mungiell // anoonsec Team".

<p>Hacker deface laman web SIPP Kemkes. (Doc: Liputan6.com)</p>

Selain itu, pelaku peretasan (hacker) juga menyertakan tulisan sebuah kalimat berbunyi sebagai berikut:

Telah hilng moral di negara ini, Telah gagal pahlawanku untuk membentuk negeri ini. Siapa yang pantas untuk disalahkan? Siapakah kini plipur lara, nan seti dan perwira. Siapakah kini pahlawaan hati, pembela bangsa sejati. 

"Iyaa lagi di cek ke Pusdatin. Nggak tahu juga apa betul diretas, lagi dicek lebih lanjut," ucap Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (25/9/2022.

Hingga tulisan ini di terbitkan, laman tersebut masih belum berubah dan menampilkan pesan si hacker.

Diketahui, laman web ini digunakan oleh Kemenkes sebagai bentuk sistem informasi publik yang berisikan tentang survey kepuasan.

3 dari 5 halaman

Polisi Tangkap Hacker Remaja yang Diduga Terkait Kasus Peretasan GTA 6

Di sisi lain, pihak kepolisian di Inggris kabarnya telah menangkap hacker remaja yang dicurigai telah melakukan peretasan dan membocorkan video gameplay GTA 6.

Kabar penangkapan remaja berusia 17 tahun di Oxfordshire, Inggris ini disebutkan merupakan bagian dari penyelidikan oleh Unit Kejahatan Siber Nasional (National Cyber Crime Unit).

Sayangnya, pihak kepolisian menolak untuk memberikan informasi lebih detail mengenai penangkapan dan penyelidikan kasus peretasan apa.

Akan tetapi, mantan jurnalis Reuters Matthew Keys mendapatkan informasi dari sumber terkait dengan kasus penangkapan ini.

"Hacker yang ditangkap polisi London terkait erat dengan kasus peretasan Rockstar Games dan Uber Technologies," ucapnya sebagaimana dilansir Gamesradar, Sabtu (24/9/2022).

Dia juga menyebutkan, pihak kepolisian London dalam waktu dekat ini akan memberikan pernyataan secara resmi dan mendetail, juga akan disertai dari pihak FBI.

4 dari 5 halaman

Hacker Bagikan Lebih dari 90 Video Gameplay GTA 6

GTA 5 Online

Informasi, awal pekan ini dunia game dibuat terkejut dengan beredarnya sekitar 90 video gameplay GTA 6 (Grand Theft Auto 6) yang masih dalam tahap awal pengembangan.

Disebutkan, aset game GTA 6 tersebut diambil dari server Rockstar oleh hacker yang menyebut diri mereka "teapotuberhacker".

Dari 90 lebih video yang saat ini beredar di internet, terlihat bagaimana karakter di dalam gim ini melakukan aksi perampokan hingga tembak-menembak.

Video tersebut dikonfirmasi oleh laporan Jason Schreier dari Bloomberg, mengatakan GTA 6 berlatar di kota fiksi Miami--lanjutan cerita Vice City.

Selain itu, game baru Rockstar ini juga menampilkan karakter utama wanita untuk pertama kalinya.

Walau video tersebut masih sebatas gim dalam pengembangan, tetapi banyak fitur yang sudah berfungsi dan memperlihatkan lebih awal seperti apa gameplay GTA 6.

5 dari 5 halaman

Infografis Buntut Aksi Hacker Bjorka & Prioritas RUU Perlindungan Data Pribadi. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.