Sukses

iPhone 14 Pro Max Dapat Gelar Smartphone dengan Layar Terbaik

Tim pengujian perangkat DxOMark menyebut iPhone 14 Pro Max memiliki layar terbaik dibandingkan smartphone lain. Hasil pengujian DxOMark, skor layar iPhone 14 Pro Max adalah 149 poin.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang tidak meragukan keunggulan kamera iPhone 14 Pro Max, termasuk saat dinilai oleh para ahli di DxOMark. Meski begitu, saat ini baru layar dan kemampuan audio dari iPhone 14 Pro Max yang diteliti oleh tim DxOMark.

Ponsel paling flagship Apple saat ini, iPhone 14 Pro mendapatkan gelar sebagai smartphone dengan layar terbaik dari DxOMark.

Pasalnya, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizchina, layar iPhone 14 Pro Max mencetak angka 149 poin dan memenangkan tempat pertama di pengujian yang dilakukan tim DxOMark.

Ada beberapa poin yang membuat skor layar iPhone 14 Pro Max jadi tertinggi. Pertama adalah kemudahan menggunakan smartphone di kondisi luar ruangan, layar iPhone 14 Pro Max mampu memiliki tingkat kecerahan mendekati 2.000 cd/sq.m.

Selain itu layar smartphone ini juga didukung mode HDR dan kurangnya frame drop yang hampir sempurna saat main gim atau menonton film. Dua yang terakhir ini jadi poin penting bagi penilaian.

Meski menempati tempat pertama, ada beberapa kekurangan di layar iPhone 14 Pro Max, namun kekurangan ini tidaklah serius. Misalnya, jika pengguna melihat layar di suatu sudut warnanya agak hijau dan menghalangi transfer warna kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Unggul di Kualitas Suara

Tapi saat ini Apple menguasai tiga tempat teratas dalam hal peringkat layar berdasarkan DxOMark, dengan perangkatnya.

Bukan hanya layar, suara iPhone 14 Pro Max juga sangat baik. Para ahli mencatat, output suara di perangkat ini cocok untuk menonton film, main game, dan mendengarkan musik.

Selain itu, perangkat tersebut juga menjadi pilihan tepat untuk menangkap sumber suara yang kuat, misalnya seperti konser, drama, atau pertunjukkan.

Sisi negatifnya adalah adanya distorsi saat mendengarkan musik pada tingkat maksimum dan infiltrasi kebisingan sekitar yang signifikan, saat pengguna menangkap suara di luar. Hal ini yang membuat hasil perekaman suara kurang baik.

Jika dalam hal layar iPhone 14 Pro Max menempati urutan pertama, pada sisi audio, smartphone paling mahal Apple tersebut kini menempati posisi ketujuh.

3 dari 3 halaman

Dynamic Island iPhone 14 Pro

Desain notch pada iPhone 14 Pro Max diubah menjadi cutout yang berbentuk mirip pil. Cutout tersebut dinamai Dynamic Island dan diklaim punya kemampuan intuitif dan berguna ketimbang notch.

Dalam keterangannya, Apple menyebut, cutout di layar berbentuk mirip pil itu sebagai Dynamic Island. Dynamic Island memberi cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan iPhone.

"Tujuan kami adalah merancang ruang yang menampilkan notifikasi dan aktivitas latar belakang dengan cara menyenangkan. Saat pengguna menerima notifikasi, Dynamic Island akan memberi tahu mereka," kata Apple saat merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Mengutip keterangannya, Dynamic Island memadukan hardware dengan software. Di mana bagian hitam di layar atas iPhone ini bisa secara realtime menampilkan notifikasi dan aktivitas yang dilakukan pengguna.

Misalnya saat pengguna mendengarkan lagu, Dynamic Island bakal menampilkan lagu apa yang tengah diputar. Saat pengguna menelepon, Dynamic Island memperlihatkan panggilan berlangsung.

Dengan begitu, pengguna bisa mengakses kontrol aktivitas yang sedang dilakukannya di iPhone dengan lebih mudah dengan cara tap-and-hold sederhana.

Aktivitas di layar belakang yang sedang berlangsung dan bisa ditampilkan di Dynamic Island mulai dari Map, Music, timer, telepon, hingga aplikasi ketiga di iOS 16.

Kehadiran Dynamic Island jelas ditujukan untuk memberikan informasi notifikasi ke pengguna tanpa harus keluar dari aplikasi yang tengah dibuka.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.