Sukses

Dewaweb Rilis Platform-as-a-Service, Apa Bedanya dengan Cloud Hosting dan Server Biasa?

Liputan6.com, Jakarta - Dewaweb telah bergerak sebagai perusahaan penyedia cloud hosting Indonesia yang mendapat sertifikasi ISO 27001 sebagai standar keamanan data pelanggan. Di perayaan ulang tahunnya yang ke-8, Dewaweb merilis salah satu ekosistem terbarunya, yakni Dewacloud.

Dewacloud pada dasarnya adalah platform layanan pengembangan dan deployment situs web dan aplikasi alias Platform-as-a-Service (PaaS) yang telah perusahaan kembangkan sejak November 2021. Berbeda dengan cloud hosting atau server, PaaS memberikan kendali lebih banyak bagi pengguna untuk mengelola aplikasi dan situs web mereka.

Saat perayaan ulang tahun ke-8 di Jakarta, tim Dewacloud juga melakukan live demo aplikasi yang berjalan di Dewacloud, yang sanggup melayani 10 ribu pengunjung per detik secara stabil, dengan latensi rendah, dan hemat biaya.

"Acara ini diadakan sebagai bentuk ucapan syukur dan apresiasi untuk dukungan semua pelanggan dan partner Dewaweb selama ini. Harapannya adalah agar kita bisa terus bertumbuh bersama dan berkontribusi untuk kemajuan ekonomi digital di Indonesia," ujar Edy Budiman, CEO di Dewaweb dikutip dari keterangan resmi.

Edy meyakini ekosistem perusahaan yang semakin lengkap dengan dua layanan terbaru mereka, yaitu Dewacloud dan Dewaguard, akan dapat memberikan spektrum layanan lebih menyeluruh bagi pelanggan di Indonesia guna mendukung bisnis dari segi infrastruktur aplikasi modern dan keamanan siber.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3 Layanan

Terhitung tiga tahun sejak didirikan pada 9 September 2014, Edy menyebut bahwa Dewaweb menjadi penyedia cloud hosting pertama di Indonesia yang berhasil meraih sertifikat ISO 27001.

Meski usia Dewaweb belum genap satu dekade, perusahaan kini telah memiliki tiga layanan dalam sebuah ekosistem untuk pelanggan bisnis skala kecil, skala besar, atau individu yang ingin mengembangkan portfolio mereka melalui situs web.

Layanan pertama yang tergabung dalam ekosistem ini adalah Dewaweb dengan layanan cloud hosting, cloud server (VPS), domain, dan SSL Certificates. Seiring dengan perjalanan perusahaan, kebutuhan untuk keamanan siber yang lebih baik menjadi fokus di Dewaweb.

 

 

3 dari 3 halaman

CSOC

Oleh karena itu, pada 23 Agustus 2022, Dewaweb meluncurkan Dewaguard, layanan Cyber Security Operations Center (CSOC) yang diklaim siap sedia 24/7 untuk memantau dan menjaga keamanan infrastruktur layanan Dewaweb dan pelanggan, mulai dari sektor korporat hingga instansi pemerintahan yang membutuhkan pengamanan khusus.

Layanan ketiga adalah Dewacloud, yang diluncurkan secara resmi pada ulang tahun Dewaweb ke-8 ini.

Selain itu, Dewaweb juga turut berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui webinar Dewatalks, yang digelar secara rutin. Di webinar ini dibahas bagaimana mengembangkan kompetensi masyarakat Indonesia di bidang digital marketing, SEO, web development, bisnis online, hingga desain UI/UX.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS