Sukses

Apple Bakal Adopsi Fitur Android di iPhone 15 Ultra, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Baru seminggu setelah kabar perilisan iPhone 14, rumor terkait iPhone 15 sudah mulai banyak bermunculan. Salah satunya menyebutkan, iPhone 15 nantinya akan memiliki fitur serupa dengan yang sudah lebih dulu dinikmati pengguna HP Android.

Melansir dari unggahan Twitter LeaksApplePro, Rabu (21/9/2022), yang menuliskan daftar prediksi terkait penampilan iPhone selanjutnya.

Unggahan tersebut mengklaim bahwa keempat model iPhone 15 nantinya akan memiliki port USB-C, serta Dynamic Island yang akan tampil di keempat model perangkat.

Akun tersebut juga menyampaikan saran kepada Apple untuk meningkatkan chipset dari perangkat, yaitu dengan iPhone 15 dan 15 Plus menggunakan chip A16. Sedangkan seri iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max akan pakai chip A17.

Salah satu rumor menarik dari iPhone 15 adalah perubahan nama iPhone 15 Pro Max, yang diisukan akan berubah sebutan menjadi iPhone 15 Ultra.

Selain itu, iPhone 15 Ultra akan tampil dengan beberapa fitur baru yang tidak akan hadir di model iPhone lainnya.

Adapun fitur tersebut adalah kemampuan merekam video berkualitas 8K. Untuk pengguna Android, fitur ini sudah lama dinikmati.

Akan tetapi rumor ini belum jelas kepastiannya. Jika isu ini benar, dapat dilihat Apple sedang berusaha menyamakan langkah dengan fitur-fitur yang dimiliki Android.

Selain itu, ada juga bocoran yang menyebut perusahaan ingin meningkatkan daya baterai, khususnya pada model Ultra menjadi 3 sampai 4 jam.

Sayng, kabar ini masih berupa spekulasi dan belum bisa dipastikan kejelasannya. Namun,  bisa dilihat banyak harapan agar Apple bisa meningkatkan teknologi untuk generasi iPhone selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apple Segera Atasi Masalah Kamera di iPhone 14 Pro dan Pro Max

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan 14 Plus yang baru diumumkan. (Doc: Apple)</p>

Di sisi lain, beberapa pengguna pertama iPhone 14 mengeluh tentang kamera belakang ponsel, khususnya di iPhone 14 Pro.

Adapun laporan tersebut diungkap oleh banyak pengguna di platform media sosial, seperti Twitter, Reddit, TikTok, dan forum.

Dilansir Macrumors, Senin (19/9/2022), kamera belakang iPhone 14 Pro bergentar saat membuka aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Karena hal tersebut, seluruh video yang diambil menggunakan kamera saat membuka aplikasi media sosial tersebut terlihat goyang.

Akan tetapi, masalah ini tidak mempengarui ketika pengguna membuka aplikasi kamera bawaan di iPhone 14 Pro.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab utama lensa kamera di iPhone 14 Pro ini bergerak tak terkendali saat membuka aplikasi lain. 

3 dari 3 halaman

Apple Segera Atasi Masalah Kamera di iPhone 14 Pro dan Pro Max

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Apple berjanji untuk meluncurkan update iOS 16 diklaim akan mengatasi masalah di kamera iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sebelumnya, banyak pengguna awal iPhone 14 Pro dan Pro Max mengeluhkan kamera utamanya bergerak tak terkendali dan berbunyi saat membuka aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Dilansir The Verge, Selasa (20/9/2022), Apple sadar masalah di kedua model iPhone 14 Pro tersebut dan akan merilis perbaikan minggu depan.

Sejak ramai di media sosial, masih belum diketahui secara pasti apakah masalah di ponsel baru Apple itu ada pada aplikasi pihak ketiga atau dengan iOS 16.

Toh, kamera di kedua iPhone 14 tersebut berfungsi dengan normal saat membuka aplikasi kamera bawaan.

Pernyataan perusahaan bermarkas di Cupertino ini juga tidak mengatakan secara jelas apa yang menyebabkan masalah ini.

Berhubung Apple akan meluncurkan update, banyak yang meyakini masalah di kamera iPhone 14 Pro dan Pro Max ini ada pada API di ponsel ketimbang aplikasi pihak ketiga.

Lainnya berspekulasi, masalah ini terjadi karena teknologi OIS generasi kedua yang Apple pakai di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Toh, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang memakai teknologi OIS sebelumnya tidak mendapati masalah ini terjadi saat membuka Instagram, TikTok, dan Snapchat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS