Sukses

Tips Memotret Refleksi dari Genangan Air ala 'Becekgram' Pakai Kamera HP, Biar Lebih Estetik

Liputan6.com, Jakarta Foto refleksi jadi salah satu trik untuk membuat sebuah foto jadi lebih estetik saat ditampilkan di media sosial. Trik ini rupanya juga bisa dilakukan dengan modal kamera HP saja.

Tak cuma lewat cermin, foto refleksi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan becek atau genangan air, yang memperlihatkan bayangan dari obyek di atasnya. Foto semacam ini sendiri populer dalam istilah "becekgram."

Aries Lukman, Oppo Photographer Expert, dalam acara Oppo Reno8 Series Photography Experience bersama awak media beberapa waktu lalu, membeberkan beberapa tips untuk membuat foto refleksi yang oke.

Aries mengungkapkan, untuk posisi memotret, fotografer dapat melakukan posisi jongkok. Selain itu, ponsel juga dapat dibalik untuk mendekatkan lensa kamera dengan permukaan lantai.

"Kalau zaman dulu pakai kamera suka lihat ada orang yang tiduran sampai paling bawah, karena display-nya tidak kelihatan. Sedangkan kalau dibalik cukup jongkok saja, tidak perlu tiduran sudah kelihatan display-nya," kata Aries.

Selain itu, perhatikan juga fokus saat mengambil foto. Aries mengatakan, pastikan titik fokus juga menangkap obyek yang ingin difoto untuk mencegah terjadinya autofocus di obyek yang tidak diinginkan atau blur.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Memilih Lingkungan Sekitar

Saran lainnya, pilih genangan air yang berada di jalan aspal atau permukaan yang berwarna hitam. Menurut Aries, hal ini akan membuat pantulan jadi lebih terlihat.

"Coba di tanah, biasanya kurang bagus karena cokelat. Jadi kalau di hitam atau abu-abu, biasanya dapatnya bagus" kata Aries.

Untuk bentuk fotonya sendiri bisa vertikal atau horizontal. Menurut Aries, jika ingin membuat becekgram, memang lebih gampang untuk melakukan pemotretan dengan posisi vertikal, sehingga subyek tidak terpotong.

Lebih lanjut, Aries mengatakan perhatikan juga agar komposisi terlihat seimbang. Jangan lupa agar menjaga tangan yang memegang ponsel untuk tidak goyang, serta tidak terlalu miring.

Oppo Reno8 Series sendiri jadi salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk membuat foto refleksi. Tak cuma Oppo Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G, Oppo Reno8 Z 5G dan Reno8 4G pun dapat dipakai untuk memotret foto semacam ini.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Reno8

Oppo Reno8 di Indonesia membawa fitur Ultra-Sensing Selfie melalui kehadiran sensor IMX709, 30x Microlens, dan Bokeh Flare Portrait. Untuk tampilan, Reno8 4G mengusung layar 6,4 inci AMOLED Display dengan 90Hz refresh rate.

Untuk mendapatkan gambar mikroskopis, kehadiran Orbit Light diperangkat ini sebagai sumber cahaya tambahan, berguna untuk menyempurnakan detail pada gambar.

Di Oppo Reno8, Oppo menyematkan kamera depan 32MP IMX709, dengan kamera utama 64MP AI Portrait Camera, 2MP Micro Lens, dan 2MP Depth Camera.

Secara desain, Reno8 membawa desain Retro Ultra Slim yang disempurnakan dengan teknologi Oppo Glow, membuat ponsel ini tahan terhadap goresan ringan dan bebas sidik jari.

Untuk bobot perangkat, Reno8 5G memiliki ketebalan sekitar 7,49 mm dan berat sekitar 176 gram.

Di dapur pacu, Reno8 membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 680 4G. Sementara untuk baterainya sebesar 4500mAh dan mendukung pengisian daya 33W SuperVOOC.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G

Reno8 memiliki konfigurasi RAM 8GB yang dapat ditambah dengan ekspansi RAM hingga 5GB, serta ROM 256GB yang dapat diperluas dengan tambahan kartu microSD sampai 1TB.

ColorOS juga akan dihadirkan di ponsel ini secara bawaan, sehingga pengguna bisa mendapatkan akses langsung ke sistem operasi yang lebih nyaman, serta fitur-fitur seperti AI System Booster, Air Gestures, dan Adaptive Sleep.

Sementara, Oppo Reno8 Z 5G memiliki beberapa fitur pencitraan yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait.

Reno8 Z 5G juga menghadirkan fitur-fitur favorit dari perangkat Reno Series seperti Selfie HDR, AI Palettes, dan AI Color Portrait. Untuk casing belakangnya adalah kaca anti-glare 0,5 mm dengan efek Oppo Glow. Sementara prosesornya adalah Snapdragon 695 5G.

Ponsel ini menghadirkan 8GB RAM, 256GB ROM, 33W SuperVOOC, dan baterai 4500mAh, serta juga sudah mendukung fitur ekspansi RAM 5GB.

Perangkat dengan layar 6,4 inci AMOLED Display dan 60Hz Refresh Rate ini juga dihadirkan dengan sistem ColorOS 12,1 yang telah dioptimalkan.

Ponsel dengan ketebalan 7,66 mm dan berat 181 gram ini memiliki konfigurasi kamera utama 64MP Main Camera + 2MP Depth Camera + 2MP Macro Camera, dan kamera swafotonya 16MP Front Camera.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.