Sukses

Rockstar Games: Pembuatan GTA 6 Tetap Lanjut Meski Gameplay Bocor

Liputan6.com, Jakarta - Rockstar Games akhirnya angkat bicara soal bocornya gameplay dari Grand Theft Auto 6 atau GTA 6 yang tengah mereka kembangkan, oleh ulah peretas atau hacker.

Melalui pernyataan di akun Twitter resminya, dikutip Selasa (20/9/2022), Rockstar mengonfirmasi adanya peretasan tersebut.

"Kami baru-baru ini mengalami gangguan jaringan di mana pihak ketiga yang tidak berwenang secara ilegal mengakses dan mengunduh informasi rahasia dari sistem kami," tulis Rockstar.

Rockstar juga mengatakan bahwa informasi rahasia yang dicuri termasuk "rekaman pengembangan awal untuk Grand Theft Auto berikutnya."

Rockstar mengatakan untuk saat ini, mereka tidak mengantisipasi adanya gangguan dalam layanan game mereka, serta dampak jangka panjang pada pengembangan proyek-proyek yang sedang berjalan.

Meski begitu, pengembang game asal Amerika Serikat itu mengatakan mereka kecewa karena rincian game mereka yang akan datang dibagikan ke dunia maya dengan cara seperti itu.

"Kami sangat kecewa karena detail game kami yang akan datang dibagikan kepada Anda semua dengan cara ini," kata Rockstar Games.

Namun menurut perusahaan, pekerjaan mereka untuk judul teranyar GTA akan tetap berlanjut seperti rencana.

"Kami akan segera memberikan update ke semuanya segera, dan, tentu saja, akan dengan benar memperkenalkan ke game terbaru saat ini sudah siap," pungkas Rockstar Games.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Gameplay GTA 6 Bocor di Internet

Sebelumnya seperti diketahui, video gameplay dari GTA 6 dari Rockstar, beredar di internet. Disebutkan, aset ini diambil dari server Rockstar oleh hacker yang menyebut diri mereka "teapotuberhacker".

Mengutip Gamespot, Senin (19/9/2022), grup hacker ini mengklaim telah mencuri source code dan aset gim GTA 5 dan 6, juga GTA 6 versi pengembangan.

Dari 90 lebih video yang saat ini beredar di internet, terlihat bagaimana karakter di dalam gim ini melakukan aksi perampokan hingga tembak-menembak.

Bocoran juga menampilkan karakter utama wanita untuk pertama kalinya. Walau video tersebut masih sebatas gim dalam pengembangan, tetapi banyak fitur yang sudah berfungsi dan memperlihatkan lebih awal seperti apa game GTA 6.

Video tersebut dikonfirmasi oleh laporan Jason Schreier dari Bloomberg, mengatakan GTA 6 berlatar di kota fiksi Miami--lanjutan cerita Vice City.

 

3 dari 5 halaman

Isi Bocoran GTA 6

Dilansir Bloomberg, Senin (19/9/2022), "Saya telah mengonfirmasi dengan sumber Rockstar soal bocoran GTA 6 akhir pekan ini memang benar."

"Ini adalah salah satu bocoran informasi terbesar dalam sejarah video game dan mimpi buruk bagi Rockstar Games," katanya.

Di salah satu video yang beredar di media sosial, tampak bagaimana karakter utama bernama Lucia merampok sebuah restoran wafel dengan rekannya bernama Jason.

Dalam aksinya, mereka berdua menyandera pengunjung restoran wafel agar pemilik atau pekerja di restoran menyerahkan uang mereka.

Jika diperhatikan, terdapat sebuah meteran penghitung mundur bertuliskan "Time Until Cops Dispatched"--serupa dengan aksi di game Red Dead Redemption 2.

Bocoran latar belakangan di kota Vice City juga semakin diperkuat dengan kehadiran sebuah mobil polisi bertuliskan "V.C.P.D" atau "Vice City Police Department".

Kabar soal hadirnya protagonis perempuan di GTA 6 sudah ada sejak beberapa waktu lalu, sebelum bocoran ini beredar.

 

4 dari 5 halaman

Hadirkan Protagonis Wanita Pertama

Seperti diketahui, sejak GTA pertama kali dirilis di PlayStation pertama hingga yang terbaru GTA V, semua tokoh yang dimainkan oleh player adalah pria. Sebut saja CJ, Tommy Vercetti, Trevor Philips hingga Franklin Clinton.

Meski begitu, menurut laporan Bloomberg, tokoh protagonis wanita ini dirumorkan tak akan jadi satu-satunya karakter yang akan dimainkan oleh pemain dalam mode single player atau bermain sendiri.

Bloomberg juga menyebut, GTA 6 akan memiliki dua tokoh protagonis yang terinspirasi pasangan kriminal di dunia nyata, Bonnie dan Clyde. Kabarnya, satu tokoh wanita adalah karakter Latina.

Selama ini, pemain hanya bisa memainkan karakter perempuan di GTA Online, namun tidak untuk mode single player atau dalam cerita utamanya. Belum ada kepastian soal jadwal rilis dari GTA 6.

(Dio/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Ragam Tanggapan WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata. (Liputan6.com/Abdillah)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS