Sukses

Bos Xiaomi Tanya Pengguna, Mau Dynamic Island Milik iPhone 14 Pro di Redmi K60?

Bos Xiaomi Lu Weibing menanyakan ke Mi Fans, apakah mereka ingin fitur Dynamic Island milik iPhone 14 Pro series hadir di Redmi K60-nya?

Liputan6.com, Jakarta - Bos Xiaomi Lu Weibing menanyakan ke fans Xiaomi alias Mi Fans "Apakah Anda benar-benar membutuhkan Dynamic Island di Redmi K60?".

Terkait pertanyaan sang President Xiaomi Group China Lu Weibing, ia tampaknya ingin tahu perlukah Redmi K60 mengadopsi fitur iPhone 14 Pro series tersebut.

Mengutip Gizchina, Senin (19/9/2022), berdasarkan informasi yang beredar, Redmi K60 series bakal dirilis di Tiongkok pada kuartal pertama 2023.

Varian Redmi K60 akan didukung chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan ada pula yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Sayangnya masih sangat sedikit informasi yang beredar mengenai perangkat ini.

Bagi yang belum tahu, Dynamic Island adalah pengganti notch di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Berbeda dengan notch atau poni, cutout di iPhone 14 Pro series kini bernama Dynamic Island.

Dynamic Island memadukan hardware dan software yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan iPhone melalui cara baru.

Dynamic Island bisa menghasilkan latar hitam yang bisa memperlihatkan notifikasi dari aktivitas aplikasi iPhone yang berjalan di background.

Sejumlah YouTuber teknologi, termasuk Marques Brownlee (MKBHD) berpendapat, "dalam 18 bulan mendatang, Dynamic Island bakal jadi fitur yang paling banyak ditiru oleh vendor smartphone lainnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fans Bilang Mau Dynamic Island

Sementara itu, Pembesut Smartisan and Hammer Technology Luo Yonghao menyebut, notch Dynamic Island sangatlah luar biasa, namun ia berkata perangkat Android tidaklah memerlukan Dynamic Island.

Terlepas dari ditiru atau tidaknya Dynamic Island, fans Xiaomi pun memberikan komentar atas pertanyaan Lu Weibing. Beberapa fans berharap Redmi K60 bakal hadir dengan Dynamic Island.

Cara Kerja Dynamic Island di iPhone 14 Pro

Dynamic Island banyak disebut sebagai fitur paling signifikan di iPhone 14 Pro series. Lebih dari 40 use case akan tersedia di Dynamic Island, termasuk untuk mendukung aplikasi pihak ketiga dan aplikasi asli dari iOS 16.

Dynamic Island sendiri akan membesar ketika pengguna menekannya agak lama. Pengguna bisa menjeda dan menghentikan timer langsung dari Dynamic Island. Hal sama juga berlaku untuk aplikasi FaceTime dan Apple Music.

Pada Dynamic Island, beberapa aktivitas sistem seperti mengaktifkan mode fokus atau mencolokkan iPhone bakal memunculkan animasi.

3 dari 3 halaman

Uji Dynamic Island di HP Xiaomi

Sebelumnya, hanya beberapa hari sejak pengumuman iPhone 14 Pro series, tampaknya sudah ada smartphone Android pertama yang mengadopsi Dynamic Island.

Meski begitu, kehadiran Dynamic Island di smartphone Android ini bukan disediakan oleh manufaktur tetapi dari komunitas pengembang independen. Mengutip Gizchina, Kamis (15/9/2022), perangkat yang digunakan adalah smartphone Xiaomi.

Rupanya seorang di komunitas pengembang Xiaomi telah membuat tema baru untuk MIUI yang bisa menampilkan fungsi mirip Dynamic Island iPhone 14 Pro series.

Video tersebut diunggah melalui Twitter oleh pengguna dengan akun @vvaiibhav.

Terlihat di video, pengguna tersebut memanfaatkan lubang kamera selfie (punch hole) di layar untuk menampung notifikasi dan kontrol pemutaran audio. Keduanya berada di sudut kiri atas layar.

Punch hole tersebut tidak terlihat karena latar belakang hitam 'Dynamic Island' ini memperluas panel notifikasi dan music player. Si pembuat topik menyebut, fitur tersebut tengah dipelajari oleh Xiaomi.

Jika disetujui nantinya fitur besutan pengembang itu bisa diakses melalui MIUI Themes. Meski bukan ciptaan si vendor smartphone, ini jadi upaya pengembang Android untuk meniru Dynamic Island milik iPhone.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.