Sukses

Back Tap, Tombol Rahasia di Belakang Logo Apple iPhone dan Cara Mengaktifkannya

Cari tahu berbagai opsi yang disediakan fitur Back Tap di iPhone dan cara menggunakannya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan rilisnya versi terbaru iOS 14, Apple menyematkan fitur terbaru yang disebut Back Tap pada perangkatnya.

Fitur ini memberikan pengguna akses cepat ke Pusat Kontrol hanya dengan mengetuk bagian belakang ponsel sebanyak dua atau tiga kali.

Pengguna hanya perlu mengetuk logo Apple di bagian belakang iPhone untuk menikmati kemudahan yang diberikan fitur tersebut.

Fitur ini memberikan berbagai akses seperti screenshot, mengunci iPhone, mengakses Pusat Kontrol atau notifikasi, juga mematikan atau mute suara hanya dengan mengetuk logo untuk beberapa kali.

Opsi yang disediakan fitur ini dapat mempermudah pengguna ketika menggunakan iPhone. Dalam memanfaatkan fitur, pengguna dapat mengatur dari daftar kendali untuk memilih opsi mana yang ingin digunakan saat mengetuk dua atau tiga kali pada logo ponsel.

Beberapa opsi yang dapat dipilih oleh pengguna di antaranya:

1. Pengaturan sistem, misalnya: mute, screenshot, kamera, mengunci layar, mengunci rotasi, mengalihkan aplikasi, notifikasi, volume, spotlight, senter.

2. Accessibility, seperti Assistive Touch, filter warna, zoom, rotate, perintah ucapan, voice over, bunyi latar belakang.

3. Gerakan scroll atau gulir ke atas dan ke bawah.

4. Pintasan accessibility.

5. Pintasan yang sudah diatur sebelumnya menggunakan aplikasi pintasan.

Untuk memanfaatkan opsi dari fitur ini, pengguna iPhone perlu memastikan mereka sudah mengunduh update terbaru ke iOS 14 dengan cara pergi ke Setting, memilih menu General lalu Software Update.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara mengaktifkan Fitur Back Tap

Setelah memastikan perangkat sudah menggunakan versi terbaru iOS 14, pengguna dapat mengiktu langkah-langkah berikut.

1. Buka pengaturan dengan memilih aplikasi berlogo roda gigi.

2. Scroll untuk menemukan dan memilih opsi Accessibility.

3. Klik opsi Touch yang terletak di antara menu Fisik dan Motorik.

4. Scroll ke bawah untuk menemukan fitur Back Tap.

5. Pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan opsi Double Tap atau Triple Tap.

6. Pengguna tetap dapat memilih opsi yang sama setelah mengatur berapa kali Tap yang diinginkan.

7. Simpan pengaturan.

Jika sudah menyimpan penyesuaian, pengguna dapat langsung mengoperasikan fitur Back Tap pada perangkatnya dengan mengetuk logo di belakang perangkat sebanyak ketukan yang sudah diatur.

Contohnya, ketika pengguna ingin menggunakan Double Tap untuk melakukan screenshot, pengguna dapat langsung mengetuk logo sebanyak dua kali dan memilih opsi screenshot yang muncul di layar.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Jika Fitur Back Tap Tidak Berfungsi?

Perlu diketahui fitur ini mungkin tidak akan berfungsi jika pengguna menggunakan casing handphone yang tebal pada perangkatnya. Casing handphone yang terlalu tebal dapat mengurangi sensitivitas perangkat dalam menerjemahkan ketukan.

Selain itu, jika fitur tetap tidak dapat berfungsi setelah melakukan pengaturan, pengguna dapat mencari alasannya dengan melakukan cara seperti memeriksa kompatibilitas iPhone atau memperbarui versi iOS. Meskipun perangkat sudah menggunakan versi iOS 14, bisa saja versi tersebut bukan yang paling baru untuk mengoperasikan fitur.

Pengguna juga dapat melepas chasing handpone, karena perangkat tidak dapat menerima sensor ketukan sebab casing yang terlalu tebal. Cara lain yang dapat dilakukan adalah me-restart iPhone atau me-reset iPhone. Melakukan reset iPhone dapat dilakukan tanpa menghapus data yang ada dengan cara memilih opsi Atur Ulang di pengaturan perangkat.

Jika setelah melakukan cara-cara tersebut perangkat masih belum bisa menjalankan fitur Back Tap, pengguna dapat menanyakannya langsung dengan mengunjungi gerai distribusi Apple.

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini