Sukses

Oppo Perkenalkan ColorOS 13, Tampilan UI Lebih Segar dan Performa Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Oppo resmi merilis ColorOS 13 untuk pengguna global. ColorOS versi terbaru ini menjadi salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 13.

ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13, termasuk memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang lebih ringkas dan nyaman.

Sesuai namanya, desain aquamorphic menghasilkan antarmuka yang mengalir dan inklusif. ColorOS 13 juga menampilkan palet tema baru yang terinspirasi dari perubahan warna cahaya antara Matahari terbit dan tenggelam di permukaan laut.

Oppo juga menyertakan huruf baru yang disertai peningkatan keterbacaan teks dalam berbagai bahasa. Dalam ColorOS 13, Oppo juga menawarkan pengalaman pemakaian yang lebih intuitif, mulai dari animasi sistem hingga UI.

Selain tampilan, performa ColorOS 13 juga ditingkatkan. Untuk kali pertama, Oppo menggunakan Dynamic Computing Engine sebagai solusi teknis tingkat sistem yang dikembangkan sendiri untuk menghadirkan sistem lebih mulus dan stabil, termasuk peningkatan lebih menyeluruh.

Menurut Oppo, engine ini menghadirkan dua peningkatan besar pada ColorOS 13, yakni peningkatan masa pakai baterai dan kemampuan membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Sejumlah fitur cerdas turut dibenamkan pada ColorOS versi terbaru ini, seperti Smart Always-on Display. Sesuai namanya, pengguna kini bisa melihat lebih cepat informasi terkait aplikasi musik dan fungsi lain.

Untuk mendukung kemampuan ini, Oppo telah bermitra dengan Bitmoji dan Spotify. Lalu berkat teknologi LTPO 2.0, refresh rate Always-On Display dikurangi menjadi hanya 1Hz untuk menghemat konsumsi daya 30 persen dalam beberapa skenario.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur Lain di ColorOS 13

Oppo juga mengembangkan asisten rapat pertama di industri untuk smartphone. Diberi nama Meeting Assistant, kemampuan ini dirancang khusus untuk mendukung aktivitas rapat online bagi para penggunanya.

Lewat fitur ini, ColorOS akan secara otomatis memprioritaskan paket data untuk menyediakan koneksi lebih stabil selama rapat online. Fitur ini juga menyederhanakan notifikasi yang diteirma untuk meminimalkan gangguan.

Peningkatan terbesar yang hadir di ColorOS 13 adalah fitur Multi-screen Connect. Sesuai namanya, fitur ini mendukung konektivitas antara smartphone dan Oppo Pad Air, serta smartphone dan PC.

ColorOS 13 juga mengintegrasikan fitur perlindungan privasi yang ada di Android 13. Sebagai contoh, sistem akan otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat untuk mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan malware.

Oppo juga mengembangkan teknologi sendiri untuk meningkatkan privasi dan keamanan di ColorOS 13, seperti Auto Pixalate dan Private Safe. Rencananya, Oppo akan memperbarui hampir 35 model smartphone dalam setahun yang mencakup lebih dari 60 negara.

Menurut Oppo, ini adalah rencana pembaruan terbesar yang pernah ada dalam sejarah ColorOS. Peluncuran perdana ColorOS 13 untuk pengguna global dimulai dengan Find X5 Pro dan Find X5.

Sementara untuk di Indonesia, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan versi beta pada September 2022, disusul Reno8 5G pada Oktober 2022. Lalu pada Desember 2022, akses tersebut diberikan pada Reno8 Z 5G dan Reno8.

3 dari 4 halaman

Oppo Reno8 5G dan Oppo Reno8 Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Sebelumnya, Oppo hari ini secara resmi meluncurkan dan mengumumkan harga untuk dua smartphone mereka dari seri Reno8-nya, yaitu Oppo Reno8 5G dan Oppo Reno8 varian 4G.

Secara desain, Reno8 5G hadir dengan Streamlined Unibody Design, yang menghadirkan tekstur efek visuel gradien pada penampang belakang perangkat, yang tahan sidik jari dan memberikan estetika desain ponsel flagship.

Untuk bobot perangkat, Reno8 5G memiliki ketebalan sekitar 7,67 mm dan berat sekitar 179 gram.

Sementara pada layar, Oppo Reno8 5G membawa layar 6,6 inci AMOLED Display dengan refresh rate 90Hz. Fitur fotografi pun masih jadi salah satu fitur yang diandalkan oleh Oppo untuk kedua perangkat ini.

Untuk Oppo Reno8 5G, Oppo membawa Dual Sony Flagship Sensors, IMX709 RGBW generasi baru pada bagian kamera depan, dan sensor kamera utama IMX766 di perangkat ini.

Oppo juga menghadirkan fitur pencitraan yang ditingkatkan dan disempurnakan kecerdasan buatannya.

Misalnya, terdapat fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video secara otomatis akan mendeteksi cahaya sekitar ketika mengambil gambar di malam hari atau di lingkungan rendah cahaya.

Dengan kecerdasan buatan yang ditingkatkan, fitur di HP Oppo ini dapat meningkatkan kualitas gambar, ekspresi warna, mempertajam garis wajah, serta mencegah kehilangan detail pada subyek foto dalam siluet karena cahaya latar yang kuat. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

4 dari 4 halaman

Fitur di Oppo Reno8 5G

Fitur Night Portrait juga akan memberikan foto potret malam hari yang jernih, berkat berkat algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan, pengurangan noise dapat dilakukan pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

Konfigurasi kamera di Reno8 5G sendiri adalah kamera depan 32MP IMX709, sementara kamera belakang 50MP Main Camera, 8MP Wide Angle, dan 2MP Macro Camera.

Untuk jeroan, Oppo Reno8 5G mengusung MediaTek Dimensity 1300 5G SoC, dengan baterai berkapasitas 4500mAh yang mengadopsi teknologi 80W SuperVOOC.

Fitur-fitur lainnya adalah Battery Health Engine, sistem pendingin Liquide Super-Conductive Vapor Chamber (VC) yang ditingkatkan, dan sudah membawa ColorOS 12.1.

Tak hanya Reno8 5G, Oppo juga memboyong varian 4G dari smartphone Reno8 mereka ke Indonesia.

Oppo Reno8 di Indonesia membawa fitur Ultra-Sensing Selfie melalui kehadiran sensor IMX709, 30x Microlens, dan Bokeh Flare Portrait. Untuk tampilan, Reno8 4G mengusung layar 6,4 inci AMOLED Display dengan 90Hz refresh rate.

Untuk mendapatkan gambar mikroskopis, kehadiran Orbit Light diperangkat ini sebagai sumber cahaya tambahan, berguna untuk menyempurnakan detail pada gambar. 

(Dam/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS