Sukses

Daftar Game yang Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2022

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden Esports 2022 akan digelar pada November 2022, diawali dengan babak kualifikasi regional mulai dari 12 September-6 Oktober mendatang.

Pada tahun ini, akan ada lima judul game yang dipertandingkan dalam turnamen Piala Presiden Esports (PPE) 2022.

Adapun kelima gim tersebut, antara lain Battle of Satria Dewa, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, dan satu game lokal dari sistem submission.

Layaknya kompetisi esports lainnya, atlet dan tim peserta yang menjuarai PPE 2022 akan mendapatkan trofi sekaligus uang hadih dengan total mencapai Rp 2 miliar.

Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan kesempatan untuk berlaga di IESF World Championship di Bali pada Desember mendatang.

Hal itu diungkap oleh Ketua Harian PBESI Komjen Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H, dalam acara Kick Off Piala Presiden Esports 2022, di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

"Piala Presiden Esports 2022 dapat menjadi peluang mereka untuk mengikuti turnamen esports skala dunia, IESF World Championship 2022 pada Desember mendatang," katanya.

Rencananya, babak final turnamen esports bergengsi pada November 2022 nanti bakal digelar di Jakarta.

"PBESI mengumumkan lokasi acara utama Piala Presiden Esports (PPE) 2022 nanti akan dilaksanakan di Jakarta, karena perkembangannya diharapkan dapat merepresentasikan kehangatan Indonesia," ungkap Bambang Sunarwibowo.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki kualifikasi regional pada 12 September-6 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kualifikasi Regional

Ilustrasi atlet esports. Kredit: Shade Jay via Unsplash

Khusus untuk cabang Mobile Legends, setelah kualifikasi tertutup, para tim yang terseleksi harus masuk ke penyisihan grup terlebih dahulu (26-30 Oktober 2022) sebelum berlaga di main event Piala Presiden Esports 2022 pada 11-13 November 2022.

Kualifikasi regional ini terbagi menjadi dua, yakni timur dan barat. Dimana regional timur meliputi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Lainnya, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Gorontalo, Papua Tengah, Dataran Tinggi Papua, dan Papua Selatan juga termasuk ke regional timur.

Sementara regional barat meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Banten, dan DKI Jakarta.

Juga masuk ke regional ini, antara Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Y. Yogyakarta, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, dan Aceh.

Nantinya, juga ada kualifikasi terbuka untuk semua provinsi sekaligus memberikan kesempatan kedua untuk tim yang belum berhasil di kualifikasi regional.

Rangkaian dilanjutkan dengan kualifikasi tertutup untuk tim profesional yang diundang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Turnamen Dota 2 The International 2022 Digelar di Singapura

The Aegis of Champions, target semua pemain Dota 2 yang ikutan turnamen The International. (Doc: Valve)

Di sisi lain, kompetisi Dota 2 The International 2022 atau The International 11 (TI11), sudah dipastikan akan digelar di Singapura pada bulan Oktober mendatang.

Untuk babak The Playoffs dijadwalkan akan digelar pada 20 sampai 23 Oktober, sementara The Finals akan digelar di 29 hingga 30 Oktober 2022.

Mengutip blog resminya, Sabtu (56/8/2022), Valve selaku perusahaan induk dari Dota 2, telah mengumumkan bahwa tiket untuk TI11 akan mulai bisa dibeli pada tanggal 13 Agustus 2022 mendatang.

Valve mengumumkan, semua tiket TI11 akan dijual dalam satu gelombang penjualan mulai pukul 10 pagi Waktu Singapura atau berarti jam 9 pagi Waktu Indonesia Barat (WIB).

Selain itu, batas pembelian untuk setiap tanggalnya adalah lima tiket. Untuk pembeli yang berdomisili di Singapura, akan mendapatkan opsi untuk pengiriman kurir atau pengambilan via telepon.

Valve pun juga telah mengumumkan harga tiket The International 2022, baik untuk babak The Playoffs maupun The Finals.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Turnamen Dota 2 The International 2022

Panggung Turnamen Dota 2 The International 2019-(Dok.Dota 2 TI9)

Harga tiket untuk The Playoffs adalah SGD 88 per hari atau sekitar Rp 953 ribu. Jadi jika ingin menonton seluruh pertandingan di babak ini secara penuh, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 3,8 juta.

Jika ingin nonton babak final, penonton harus menyiapkan dana sebesar SGD 498 atau sekitar Rp 5,4 juta. Untungnya, satu tiket ini dapat digunakan untuk masuk di dua hari The Finals.

Patut diingat bahwa harga yang tercantum di atas adalah harga tiketnya saja. Tidak termasuk biaya transportasi, akomodasi, atau makan selama kamu di Singapura.

(Ysl/Dam)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS