Sukses

Daftar Mobile Game Berpendapatan Tertinggi Juli 2022

Menurut laporan itu, Honor of Kings dari Tencent berada di peringkat teratas di daftar itu dengan pendapatan yang berasal dari belanja pemain senilai USD 225,8 juta

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis laporan yang memuat daftar mobile game dengan pendapatan tertinggi di seluruh dunia untuk periode Juli 2022.

Menurut laporan itu, Honor of Kings dari Tencent berada di peringkat teratas di daftar itu dengan pendapatan yang berasal dari belanja pemain senilai USD 225,8 juta atau sekitar Rp 3,35 triliun.

"Sekitar 94,6 persen dari pendapatan Honor of Kings berasal dari China, diikuti oleh 2 persen dari Taiwan dan 1,6 persen dari Thailand," kata Sensor Tower di dalam laporannya.

PUBG Mobile menempati posisi kedua mobile game berpenghasilan tertinggi kedua di seluruh dunia untuk Juli 2022 dengan pendapatan USD 164,3 juta atau sekira Rp 2,44 triliun. Sekitar 69 persen pendapatan mobile first person shooter dari Tencent itu berasal dari China, di mana ia dilokalkan dengan titel Game For Peace, diikuti oleh 6,4 persen dari Amerika Serikat.

Melengkapi lima besar, ada Genshin Impact dari miHoYo, diikuti oleh Candy Crush Saga dari King dan Roblox dari Roblox Corporation.

Nilai pasar mobile game pada Juli 2022

Pasar mobile game dunia pada Juli 2022 menghasilkan sekitar USD 6,7 miliar yang berasal dari belanja pemain di App Store dan Google Play. Angka itu menandai penurunan 10,2 persen dari tahun ke tahun, jika dibandingkan dengan Juli 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 10 besar

Lintas Platform 

Honor of Kings

PUBG Mobile

Genshin Impact

Candy Crush Saga

Roblox

Uma Musume Pretty Derby

Coin Master

Fate/Grand Order

Pokemon Go

Dragon Ball Z: Dokkan Battle

App Store

Honor of Kings

PUBG Mobile

Genshin Impact

Candy Crush Saga

Roblox

Three Kingdoms Tactics

Fantasy Westward Journey

Diablo Immortal

Uma Musume Pretty Derby

Dragon Ball Z: Dokkan Battle

Google Play

Coin Master

Candy Crush Saga

Lineage M

Uma Musume Pretty Derby

Fate/Grand Order

Pokemon Go

Roblox

Garena Free Fire

Genshin Impact

Dragon Ball Z: Dokkan Battle

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pasar Amerika Serikat Teratas

Pasar nomor satu untuk pendapatan global pada Juli 2022 adalah Amerika Serikat, yang menghasilkan USD 1,9 miliar atau sekitar 28,4 persen dari total belanja pemain di seluruh dunia. Jepang menduduki peringkat kedua dengan kontribusi sebesar 20 persen, diikuti oleh China dengan 17,8 persen.

Dragon Ball Z: Dokkan Battle

Dragon Ball Z: Dokkan Battle dari Bandai Namco memiliki bulan terbaik kedua tahun ini di bulan Juli. Mobile game itu menghasilkan sekitar USD 70 juta dari belanja pemain global, naik 3,3 kali lipat dari bulan sebelumnya.

Lonjakan pendapatan ini disebabkan oleh perayaan ulang tahun ketujuh titel tersebut dan event khusus yang mereka gelar.

Setelah peluncurannya di seluruh dunia pada Juli 2015, Dragon Ball Z: Dokkan Battle mengalami peningkatan pendapatan setiap tahun. Pendapatan terbaiknya sejauh ini pada tahun 2022 adalah pada bulan Februari; game itu mengumpulkan USD 72,3 juta pada periode itu.

4 dari 4 halaman

Laporan Juni 2022

Sebelumnya mobile Sensor Tower merilis daftar mobile game dengan pendapatan tertinggi pada Juni 2022.

Menurut laporan Sensor Tower, Honor of Kings menjadi mobile game berpendapatan tertinggi di seluruh dunia pada periode itu. Mobile game garapan Tencent tersebut mengumpulkan pendapatan senilai USD 238,2 juta atau sekitar Rp 3,57 miliar.

"Sekitar 95 persen pendapatan Honor of Kings berasal dari Tiongkok, 2 persen dari Taiwan, dan 1,7 persen dari Thailand," ujar Sensor Tower, dikutip dari laporannya pada Kamis (14/7/2022).

Di tempat kedua, Genshin Impact meraih pendapatan senilai USD 154 juta. Itu mewakili 58,5 persen pertumbuhan tahunan mobile game garapan miHoYo tersebut jika dibandingkan dengan pendapatan pada Juni 2021.

"Sekitar 44 persen pendapatan Genshin Impact berasal dari Tiongkok, diikuti oleh 25,5 persen dari Jepang," kata Sensor Tower.

Melengkapi posisi lima besar, ada PUBG Mobile dari Tencent, Pokémon GO dari Niantic, dan Candy Crush Saga dari King.

Pasar game seluler global periode Juni 2022 menghasilkan sekitar USD 6,4 miliar yang berasal dari belanja pemain di App Store dan Google Play. Itu menandai sekitar 10 persen penurunan tahunan dibandingkan.

Pasar teratas untuk pendapatan global mobile game pada Juni 2022 adalah Amerika Serikat, yang menghasilkan USD 1,8 miliar atau sekitar 28,4 persen dari total pengeluaran pemain di seluruh dunia.

Jepang menduduki peringkat kedua dengan porsi 19,3 persen, diikuti oleh Tiongkok, di mana Google Play tidak tersedia, dengan kontribusi 18,7 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.