Sukses

Top 3 Tekno: 3G Indosat Mati Akhir 2022 hingga Update Daftar PSE

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchsion menargetkan jaringan 3G akan mati selamanya pada akhir 2022. Berita ini menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (5/8/2022) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) baru saja meng-update daftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) asing.

Lebih lengkapnya simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Indosat Ooredoo Hutchison Targetkan 3G Shutdown Selesai Akhir 2022

Indosat Ooredoo Hutchsion menargetkan proses 3G shutdown atau mematikan layanan 3G perusahaan rampung pada akhir 2022. Hal itu diungkapkan oleh Director and Chief Regulatory Officer, Muhammad Danny Buldansyah, saat peluncuran 5G IOH di Bali.

"3G shutdown sudah direncanakan dan dieksekusi. Rencananya, keseluruhan shutdown di akhir 2022," tuturnya menjelaskan. Ia menuturkan, usai merger memang dilakukan konsolidasi lebih dulu perusahaan karena ada beberapa pelanggan yang belum beralih ke 4G.

Adapun Danny menuturkan, untuk saat ini, pelanggan IM3 yang sudah berpindah ke 4G telah mencapai 100 persen. Sementara untuk pelanggan Tri baru sekitar 80 hingga 85 persen dari keseluruhan pelanggan.

Di kesempatan berbeda, Danny menuturkan, jumlah BTS yang masih menggunakan jaringan 3G kurang dari 10 persen dari total BTS yang dimiliki IOH. Ia juga mengungkap pelanggan yang masih bertahan dengan layanan 3G jumlahnya relatif sedikit dibanding total pelanggan IOH.

Perlu diketahui, rencana migrasi dari 3G ke 4G ini memang tengah digenjot oleh Kementerian Kominfo. Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo Ismail, dengan beralih dari 3G ke 4G, masyarakat bisa menikmati layanan yang lebih baik, terutama untuk akses layanan digital dan panggilan berkualitas HD melalui VoLTE.

Terlebih, saat ini koneksi internet mobile sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, dengan 90 persen akses ke internet orang Indonesia dilakukan melalui seluler. Lalu dengan pengalihan ini pula, operator bisa mengembangkan jaringan 4G atau 5G di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menteri Kominfo Johnny G. Plate Update Daftar PSE, Ada PlayStation Store hingga Amazon

Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) baru saja meng-update daftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) asing.

Dalam keterangan resminya, kementerian yang dipimpin Menteri Kominfo Johnny G. Plate ini telah membuka blokir Origin.com.

Adapun platform gaming ini merupakan milik Elektronik Arts (EA), yang diblokir sejak Sabtu 30 Juli 2022 lalu.

"Normalisasi akses Origin.com telah dilakukan sejak pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 3 Agustus 2022," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan sebagaimana dikutip dari keterangan Kemkominfo, Kamis (4/8/2022).

Selain membuka blokir Origin, platform gaming yang juga sudah terdaftar di PSE asing Kominfo ini adalah PlayStation Store.

Pantauan Tekno Liputan6.com, PlayStation Store dan situs store.playstation.com/en-id/ terdaftar menggunakan nama perusahaan Sony Internactive Entertainment Inc.

Dengan pendaftaran ini, bagaimana dengan layanan PC Game Pass milik Microsoft dan Nintendo Store yang dimiliki oleh Nintendo?

Berdasarkan pencarian terakhir di daftar PSE, baik PC Game Pass dan Nintendo sendiri belum tampil. Dengan ini, apakah kedua layanan gaming itu terancam diblokir Kominfo selanjutnya?

Di dalam daftar ini terdapat pula layanan lain yang juga sempat diblokir Kominfo pada 30 Juli kemarin, yaitu PayPal.

Baca selengkapnya di sini 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Xbox Game Pass Agustus 2022: Ghost Recon Wildlands hingga Two Point Campus

Microsoft mengumumkan deretan judul gim yang tampil di dalam daftar Xbox Game Pass Agustus 2022, dan bisa di download ke konsol hingga PC Windows mulai hari ini.

Adapun pelanggan Xbox Game Pass dan PC Games Pass akan disajikan 7 gim baru selama dua minggu mendatang, dimana diantaranya termasuk dua gim rilis perdana dan judul AAA.

Pelanggan Game Pass bulan ini akan disambut oleh gim Ghost Recon Wildlands, yang meluncur untuk konsol dan PC Windows.

Informasi, Wildlands adalah salah satu judul gim franchise Ghost Recon pertama yang mengusung konsep open-world dimana player dapat mengeksplor seluruh area map.

Ghost Recon Wildlands merupakan game bergenre third-person shooter (TPS) open-world berlokasi di Bolivia, dimana player akan berperan sebagai pasukan khusus Amerika Serikat.

Dalam gim ini, player harus berhadapan dengan kartel obat terlarang yang mengancam untuk menumbangkan pemerintahan negara tersebut.

Selain Ghost Recon Wildlands, masih ada 6 judul game lainnya yang akan masuk ke dalam daftar Xbox Game Pass Agustus 2022. Berikut ini adalah daftar lengkap judul dan tanggal peluncurannya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia