Sukses

Bikin Bingung, Google Play Store Hilangkan Keterangan Versi Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Google belum lama ini memperbarui tampilan logo Google Play Store menjadi lebih selaras dengan aplikasi Google lainnya.

Terbaru, Google menghilangkan keterangan versi aplikasi-aplikasi yang dijajakan di toko aplikasi resmi Android tersebut. Singkatnya, kini Google menyembunyikan nomor versi software aplikasi-aplikasi tersebut.

Dengan menghilangkan keterangan versi aplikasi, kini tidak diketahui versi aplikasi (yang biasanya berbentuk angka) di bagian keterangan aplikasi di Google Play Store.

Kini yang dilampirkan Google adalah tanggal pembaruan terakhir dari aplikasi-aplikasi yang dijajakan di Google Play Store. Pilihan Google ini pun dianggap aneh karena menghilangkan informasi yang berharga bagi pengguna.

Sebelumnya untuk melihat versi aplikasi yang ada di Google Play Store, pengguna cukup membuka halaman software dan mengetuk "tentang aplikasi/ about app" atau "tentang game ini."

Namun mengutip Gizchina, Kamis (4/8/2022), di Google Play Store, hal ini tidak bisa lagi dilakukan karena penyebutan nomor versi aplikasi di Google Play tidak ditampilkan lagi di bagian keterangan aplikasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cuma Kebetulan?

Perubahan ini terjadi juga pada Google Play Store di Indonesia. Saat Tekno Liputan6.com melihat salah satu aplikasi di toko aplikasi Google, tidak ada lagi versi aplikasi. Yang ada hanyalah tanggal terakhir update aplikasi tersebut.

Kini, satu-satunya informasi valid mengenai tindak lanjut aplikasi ada pada tanggal update terakhir yang ditampilkan di bagian atas. Sementara, di Play Store versi web, nomor versi aplikasi masih ditampilkan bagi pengguna di Amerika Serikat.

Google tidak memberikan alasan mengenai penghapusan keterangan versi aplikasi ini.

Situs 9to5Google menerka, hilangnya keterangan versi aplikasi di Google Play Store bisa jadi bug dan bukan karena Google menghapusnya secara sengaja. Versi aplikasi sendiri menjadi informasi yang berharga bagi pengguna.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Ganti Logo di Ultah ke-10

Sebelumnya, dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Google Play mendapatkan logo baru.

Google diketahui sedikit mengubah bentuk keseluruhan logo Google Play-nya. Perubahan paling menonjol adalah warna yang kini tidak begitu mencolok.

Warna logo baru Google Play terdiri dari hijau, kuning, biru, dan merah. Masih menggunakan warna-warna yang sebelumnya tetapi lebih soft. Warna-warna tersebut juga dipakai di layanan Google lainnya.

Bisa dikatakan, warna logo Google Play yang baru merupakan penyesuaian untuk melengkapi logo baru Google Chrome yang diperbarui awal tahun ini.

"Kami memperkenalkan logo baru yang lebih mencerminkan keajaiban Google dan cocok dengan branding yang dibagikan oleh banyak produk kami yang bermanfaat. Mulai dari Google Search, Google Assistant, Photos, Gmail, dan lain-lain," kata VP Google Play Tian Lim, sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut, Lim mengatakan Logo dan ikonografi baru ini menandai 10 tahun Google Play, setelah namanya diganti dari Android Market pada 2012 silam.

"Satu dekade kemudian, lebih dari 2,5 miliar orang di lebih dari 190 negara menggunakan Google Play setiap bulan untuk menemukan aplikasi, game, dan konten digital," tutur Lim.

Ia menyebut, lebih dari 2 juta pengembang bekerja dengan toko aplikasi Google untuk membangun bisnis masing-masing dan menjangkau banyak orang di seluruh dunia.

(Tin/Isk)