Sukses

Samsung Punya Fitur Baru untuk Sembunyikan Foto Saat Ponsel Diservis

Samsung memiliki fitur baru yang mampu menyembunyikan foto serta file pribadi lainnya saat ponsel tengah diservis.

Liputan6.com, Jakarta - Saat smartphone diservis, kadang pemilik merasa was was file di dalam smartphone-nya bisa diakses oleh pihak lain. Pasalnya, di smartphone terdapat file foto, video, SMS, dan informasi personal lainnya yang jika ponsel diserahkan ke pihak lain, bisa berisiko mengalami kebocoran.

Apalagi, sudah ada pengalaman beberapa orang yang datanya bocor saat ponsel mereka sedang diperbaiki.

Untuk membuat para pengguna merasa aman, Samsung tampaknya menghadirkan fitur baru yang mampu menyembunyikan foto dan file lainnya, ketika smartphone tengah diperbaiki di pusat servis.

Mengutip The Verge, Senin (1/8/2022), SamMobile mendapati siaran pers dari Samsung Korea yang menyatakan, perusahaan akan menghadirkan fitur privasi baru bernama Mode Perbaikan atau Repair Mode.

Repair Mode akan memberikan akses terbatas atas smartphone pengguna, kepada teknisi yang melakukan perbaikan ponsel. Dengan demikian, para teknisi yang melakukan perbaikan hanya akan mendapatkan akses minim ke smartphone dengan tujuan untuk memperbaikinya saja.

Sekadar informasi, fitur Repair Mode dikabarkan akan hadir pertama kali di Galaxy S21 di Korea Selatan. Selanjutnya, perusahaan berencana untuk memperluas dukungan ke model smartphone lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Diketahui Apakah akan Ada di Pasar Selain Korsel

Seperti disebutkan dalam siaran persnya, pengguna bisa mengaktifkan fitur Repair Mode melalui bagian "Battery and Device Care" atau Perawatan Baterai dan Perangkat di dalam aplikasi Setting.

Setelah mengaktifkan fitur Repair Mode, smartphone akan reboot ke Repair Mode. Kemudian, akun, foto, dan pesan pengguna akan disembunyikan. Hanya aplikasi yang terinstal default yang bisa diakses teknisi atau siapa pun yang menyentuh ponsel tersebut.

Selain itu, hanya pengguna yang bisa memutuskan kapan mereka bisa mematikan Repair Mode.

Sejauh ini Samsung belum mengonfirmasi apakah Repair Mode akan hadir ke region lain atau smartphone Galaxy apa saja yang bisa mendukung fitur ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Bocoran Warna Galaxy Z Flip 4

Terlepas dari itu, Samsung tengah mempersiapkan peluncuran ponsel layar lipat terbarunya, Galaxy Z Flip4 di event Samsung Unpacked 2022 pada 10 Agustus mendatang. 

Selain Galaxy Z Flip4, HP Android yang akan diumumkan adalah Z Flip4. Jelang acara, bocoran tentang duo ponsel layar baru milik Samsung tersebut.

Informasi kali ini datang dari varian warna Galaxy Z Flip4 yang akan Samsung jual di pasaran. Diketahui, perusahaan akan memperkenalkan empat warna untuk seri tersebut.

Mengutip GSM Arena, Kamis (28/7/2022), Samsung akan memperkenalkan Galaxy Z Flip4 dengan varian warna Graphite, Pink Gold, Bora Purple, dan Blue.

Dari bocoran yang ada saat ini, Galaxy Z Flip4 akan menggunakan prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan memiliki layar utama AMOLED 6,7 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz.

Sedangkan untuk layar di luar ponsel ini menggunakan touch screen AMOLED berukuran 2,1 inci, kamera ganda 12MP di belakangnya, dan selfie 10MP.

Untuk mendukung performa, Samsung melengkapinya dengan RAM 8GB, memori 512GB, dan baterai berkapasitas 3,400mAh atau 3,700mAh.

HP Android sudah mendukung charging 25W dan 10W wireless, dan beroperasi menggunakan Android 12 dengan OneUI 4.0.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.