Sukses

Cara Aktifkan Simple Mode di Oppo A96, Bikin Orangtua Betah Pakai Smartphone

Keunggulan dari Simple Mode di Oppo A96 meliputi tampilan font dan ikon aplikasi yang lebih besar, nada dering volume lebih tinggi, dan pengaturan lebih sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini smartphone sudah menjadi kebutuhan dasar bagi sejumlah kalangan, baik anak-anak (pelajar), remaja (mahasiswa), orang dewasa (pekerja) maupun orangtua.

Bagi orangtua, umumnya mereka hanya memakai smartphone untuk kebutuhan dasar atau sekadar berkomunikasi seperti voice call, video call, maupun chatting.

Masalahnya, tak semua orangtua lihai menggunakan ponsel pintar dan umumnya mereka merasa kesulitan saat melihat teks berukuran kecil pada layar.

Sebagai solusi, Oppo menawarkan fitur Simple Mode yang salah satunya terdapat di Oppo A96.

Keunggulan dari Simple Mode meliputi tampilan font dan ikon aplikasi yang lebih besar, nada dering volume lebih tinggi, dan pengaturan lebih sederhana.

<p>Simple Mode di smartphone Oppo. Dok: Oppo</p>

Fitur yang ramah orangtua ini menyuguhkan user interface (UI) dengan tata letak kisi ikon yang sangat sederhana dan fungsi basic. Ikon aplikasi akan menjadi sangat besar dalam kisi 3x3 dengan ukuran teks yang besar pula.

Layar beranda paling kiri adalah tempat untuk menambahkan kontak dan layar yang tersisa dapat diatur untuk pintasan aplikasi.

Simple Mode cocok untuk mereka yang hanya membutuhkan fungsi khusus dengan teks/ikon yang cukup besar. Tanpa widget dan lain-lain, tampilan UI akan lebih mudah dimengerti oleh para orangtua.

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna cukup mengakses menu Settings (Pengaturan) dan kemudian pilih opsi Special Features (Fitur Special).

Lalu, tekan Simple Mode (Mode Sederhana) dan menggeser toggle ke arah on untuk mengaktifkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi dan Harga Oppo A96 di Indonesia

Perlu diketahui, pada 7 April 2022, Oppo meluncurkan smartphone terbaru mereka yaitu Oppo A96 di pasar Indonesia.

Oppo Glow, bahasa desain yang ikonik di lini Seri A Oppo dan melindungi perangkat terhadap goresan dan sidik jari, masih dihadirkan di HP Oppo baru ini.

A96 hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna yaitu Pearl Pink dan Starry Black.

Perangkat ini juga dilengkapi desain bingkai tengah tipis tiga dimensi sehingga nyaman digengam dengan satu tangan. Pada bingkai ini, Oppo menempatkan Side Fingerprint Unlock untuk akses buka kunci perangkat.

Tradisi lini A lainnya yang masih dibawa di smartphone ini yaitu baterai berkapasitas 5.000mAh, yang dilengkapi fitur penghemat daya serta mendukung pengisian cepat 33W SuperVOOC.

Oppo mengklaim, pengisian daya ini dapat mengisi 55 persen tingkat kepenuhan baterai dalam waktu 30 menit.

Mereka juga menyematkan fitur Super Power Saving Mode yang bisa secara otomatis menyesuaikan frekuensi CPU dan pengaturan lampu latar pada aplikasi tertentu, untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Fitur Optimized Night Charging juga memungkinkan smartphone ini mempelajari pola tidur pengguna dan menjadwalkan rencana pengisian baterai tersegmentasi di malam hari.

Selain itu, spesifikasi Oppo A96 juga dilengkapi layar 90 Hz Refresh Rate plus teknologi perangkat kelas flagship yaitu Adaptive Refresh Rate.

"Refresh rate yang Adaptive biasanya ada di layar AMOLED, dan ini kita membuatnya terjadi di layar IPS LCD. Teknologi ini kami kembangkan secara mandiri," kata Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia dalam konferensi persnya di Jakarta.

Teknologi ini dikembangkan untuk layar yang dapat secara otomatis mengatur kecepatan refresh rate layar berdasarkan kebiasaan pengguna, memastikan kelancaran yang lebih baik sambil menjaga penggunaan daya tetap rendah.

3 dari 5 halaman

Layar Lapang

Di sisi lain, Oppo A96 mengusung layar 6,59 inci dengan 90,8 persen screen-to-body ratio dan resolusi FHD 1080 x 2412.

Layar ini juga menghadirkan 95% NTSC Wide Color Gamut dengan standar spektrum warna yang mudah ditangkap mata mata manusia, sehingga tampilan layar lebih nyata dan kaya warna.

Untuk dapur pacu, Oppo A96 mendapatkan dukungan dari prosesor Snapdragon 680. Selain itu, A96 menjadi perangkat pertama di lini seri A yang membawa kapasitas penyimpanan 256 GB.

Oppo juga menawarkan ekstra perluasan dengan microSD hingga 1TB. Terdapat juga RAM ekstra besar yang dihadirkan pada perangkat ini ditambah dengan teknologi ekspansi RAM.

Kapasitas RAM 8GB yang tersedia di A96 dapat diperluas dengan pilihan hingga 5GB, menghasilkan total RAM sebesar 13GB jika dibutuhkan.

Oppo A96 juga menjadi perangkat seri A pertama yang mengusung speaker ganda. Perusahaan juga menyematkan teknologi audio Dirac HD pada ponsel ini.

Fotografi tentu masih menjadi fitur andalan di A96. Smartphone ini membawa kamera depan 16MP. Terdapat fitur sepeti AI Natural Retouching untuk menghilangkan noda, sekaligus mempertahankan fitur wajah alami.

Fitur andalan lainnya adalah 360° Fill Light yang membantu mencerahkan bidikan potret di lingkungan yang redup. 

4 dari 5 halaman
4 dari 5 halaman

Kamera 50MP

Oppo A96 juga membawa kamera belakang 50MP dan kamera bokeh 2MP. Kamera belakang juga mendukung 5 kali perbesaran digital dan 20 kali bidikan beruntun.

Fitur kamera tambahan lainnya seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR.

A96 juga menawarkan Oppo Enduring Quality berupa serangkaian pengujian untuk memastikan perangkat ekstra aman saat digunakan dalam jangka panjang.

Perangkat ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IPX4, sehingga tahan terhadap cipratan air normal. HP Oppo ini juga sudah dilengkapi dengan perlindungan antidebu IP5X.

Untuk harga, Oppo A96 dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 4.299.000.

Oppo membuka pemesanan A96 mulai 7 sampai 15 April 2022 secara luring, melalui jaringan Oppo Store atau toko-toko yang menjual smartphone Oppo di seluruh Indonesia.

Pemesanan tersebut juga bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi Oppo Store yang terdapat di HP Oppo, atau Oppo Official Store yang ada di jaringan situs e-commerce terkemuka di Indonesia.

5 dari 5 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.