Sukses

Oppo Dorong Konsumen Perbaiki Smartphone di Service Center Resmi

Liputan6.com, Jakarta Oppo mengajak agar para konsumen dan pengguna untuk membawa perangkat Oppo-nya yang mengalami kerusakan, ke pusat pelayanan (service center) resmi dari mereka.

Maka dari itu, Aryo Meidianto A., PR Manager Oppo Indonesia, dalam konferensi pers Oppo Reno7 Series 5G Fun Match with Bigetron, Sabtu (21/5/2022), mengumumkan adanya program Phone Protection Plan (PPP).

"Sebenarnya program ini untuk mengedukasi konsumen, agar mereka melakukan perbaikan hanya di pusat perbaikan yang resmi seperti Oppo Service Center," kata Aryo di Oppo Store Karawaci, Tangerang.

Aryo mengatakan, hal ini juga sebagai kelanjutan dari peluncuran smartphone Oppo A96, yang di-bundling dengan Oppo Care.

"Jadi kita melakukan untuk beberapa perangkat tipe tertentu dan untuk beberapa spare part tipe tertentu seperti layar, mainboard, back cover, dan lain-lain, akan diberikan diskon perbaikan 30 persen untuk spare part-nya," paparnya.

Selain itu, Oppo juga membebaskan konsumen dari biaya jasa perbaikan. Adapun, program ini akan berlangsung sampai 31 Desember 2022.

Aryo tidak menampik, seringkali konsumen tergiur dengan harga perbaikan ponsel yang lebih murah di luar service center resmi. "Tapi kan kita tidak tahu kualitas spare part-nya apakah asli atau tidak," ujarnya.

Dia mengungkapkan, seringkali ditemukan smartphone yang sebelumnya mengalami kerusakan di satu tempat, malah semakin parah, setelah dibawa ke tempat perbaikan ponsel tidak resmi.

"Mungkin mereka (tempat servis tidak resmi) bisa memperbaiki, tetapi tingkat profesionalismenya kan belum tentu. Kalau teman-teman di Oppo Service Center selalu melakukan sertifikasi setiap enam bulan sekali," kata Aryo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kualitas dan Garansi Terjamin

Soal teknis, Aryo juga mengatakan bahwa seringkali di tempat perbaikan tidak resmi, yang diganti hanya spesifik di satu bagian saja.

"Kalau ada permasalah pada perangkatnya, (di Service Center resmi) kita tidak mengganti salah satu bagian dari perangkat itu, tetapi secara keseluruhan," kata Aryo.

Menurut Aryo, memang akan ada harga yang lebih mahal di sini. Meski begitu, dengan spare part yang resmi, perangkat dapat bertahan lebih lama dan memiliki garansi.

Tak cuma itu, apabila konsumen secara terus menerus mendatangi tempat perbaikan tidak resmi, menurut Aryo, harga yang dikenakan sama saja dengan satu kali datang ke Service Center resmi.

Sehingga, dengan perbaikan melalui layanan resmi, Oppo pun menjamin keaslian dan kualitas dari spare part yang mereka gunakan, serta memberikan garansi untuk itu.

Aryo menambahkan, untuk melihat apakah perangkat yang ia miliki tercakup dalam program Phone Protection Plan, konsumen dapat melihatnya ke situs resmi Oppo.

3 dari 4 halaman

Oppo A96 Hadir dengan Bundel Oppo Care

Oppo Indonesia mengumumkan ada penawaran tambahan untuk para konsumen Oppo A96, yakni berupa paket bundel perlindungan Oppo Care. Sebagai informasi, Oppo A96 merupakan smartphone terbaru yang diperkenalkan Oppo pada 7 April 2022.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, respons penjualan Oppo A96 sangat baik, terutama pada momen penjualan Ramadhan dan Idul Fitri. Aryo menuturkan, kontribusi penjualan smartphone ini mencapai 30 persen di periode tersebut.

Bahkan, Oppo A96 menjadi perangkat kedua dengan penjualan tertinggi selama momen Ramadhan dan Idul Fitri, setelah Oppo A16. Karenanya, penawaran kali ini diberikan sebagai bentuk terima kasih Oppo Indonesia pada para konsumen Indonesia.

"Untuk itu, hari ini kami kembali memberikan keuntungan tambahan kepada konsumen kami sebagai tanda terima kasih berupa potongan sebesar 200 ribu rupiah untuk pembelian bundling dengan Oppo Care," ujar Aryo dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (21/5/2022).

4 dari 4 halaman

Paket Perlindungan Oppo Care

Oppo sendiri menjual paket Oppo Care yang disesuaikan dengan seri perangkatnya. Untuk A Series, Oppo menjual paket perlindungan ini seharga Rp 299 ribu, sehingga dengan penawaran baru ini, konsumen Oppo A96 tinggal menambah Rp 99 ribu untuk mendapatkan layanan ini.

Perlu diketahui, Oppo Care merupakan paket perlindungan tambahan yang terbilang lengkap. Paket ini terdiri dari perlindungan layar pecah atau retak, sekaligus perpanjang masa garansi selama 12 bulan.

Dengan Oppo Care, konsumen diberikan kesempatan gratis satu kali pergantian layar yang rusak atau pecah karena kesalahan pengguna dengan masa perlindungan selama 12 bulan. Selain itu, layanan ini juga menawarkan perpanjangan garansi selama 12 bulan.

Oleh sebab itu, setelah masa garansi HP Oppo selama setahun telah habis, Oppo Care akan secara otomatis memperpanjang masa garansi perangkat mulai bulan ke-13. Perpanjangan ini akan akan disesuaikan dengan syarat dan ketentuan garansi yang berlaku.

(Dio/Isk)