Sukses

Informasi Harga dan Spesifikasi iPhone SE 2022, Siap Hadir ke Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah meluncurkan iPhone SE generasi ketiga pada bulan lalu. Tampil serupa dengan generasi sebelumnya, iPhone SE 2022 ini hadir dengan sejumlah peningkatan dari sisi kemampuan dapur pacu.

Mengutip informasi dari situs resmi Apple, Jumat (6/5/2022), iPhone SE 2022 kini mendukung jaringan 5G karena sudah menggunakan chipset A15 Bionic. Chipset tersebut juga digunakan pada iPhone 13 Series.

Dari sisi bodi, Apple masih menggunakan desain yang sama dengan model terdahulu. iPhone ini memiliki layar Retina HD 4,7 inci dengan bodi yang terbilang ringkas.

Apple menyematkan satu kamera 12MP di bagian belakang. Berbekal kemampuan chipset terbaru, iPhone ini memiliki peningkatan dari sisi fotografi.

Dua fitur yang hadir di iPhone SE 2022 adalah Deed Fusion dan HDR 4 yang mampu meminimalisir kontras tinggi sekaligus meredam noise dengan lebih baik. Kedua fitur itu juga hadir di seri iPhone 13.

Sementara untuk kebutuhan selfie, smartphone ini memiliki kamera depan beresolusi 7MP. Kamera itu mampu menunjang perekaman video HD 1080p.

Sejumlah fitur lain yang juga hadir di perangkat ini adalah WiFi 6, Bluetooth 5, serta NFC. iPhone SE 2022 turut dibekali sertifikat IP67 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

Soal harga, perangkat ini dibanderol mulai dari USD 429 atau sekitar Rp 6,2 juta untuk varian 64GB. Saat ini, informasi mengenai kehadiran iPhone SE 2022 di Indonesia belum diketahui.

Namun dari penelusuran, ada kemungkinan iPhone ini akan hadir di pasar Indonesia. Sebab, iPhone SE 2022 sudah muncul di situs resmi Apple berbahasa Indonesia.

Selain itu, perangkat ini diketahui sudah mendapatkan sertifikat TKDN dari Kementerian Perindustrian. Karenanya, ada kemungkinan iPhone ini akan hadir untuk pasar Indonesia dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harga Resmi iPhone 11 Turun Rp 2 Juta, Tertarik Ganti HP

Di sisi lain, kehadiran seri iPhone terbaru, seperti iPhone 13, harus diakui turut berpengaruh pada harga iPhone model terdahulu. Maksudnya, harga iPhone lawas akan menjadi lebih murah ketika Apple merilis iPhone generasi terbaru.

Nah kali ini, harga iPhone yang cukup terdampak dengan kehadiran seri terbaru adalah iPhone 11. Hal ini diketahui berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (19/2/2022), di distributor resmi iPhone di Indonesia, yakni iBox dan Digimap.

Dari pantauan, harga terbaru iPhone 11 di Indonesia kini sudah di bawah Rp 10 juta. Padahal, sekitar dua bulan lalu, harga model iPhone 11 paling murah masih di kisaran Rp 10 juta.

Sementara dari pantauan terkini, harga iPhone 11 varian paling kecil dibanderol Rp 7,9 juta. Dengan kata lain, harga iPhone tersebut sudah dipangkas sekitar Rp 2 juta.

Untuk mengetahui harga terbaru dari iPhone 11, simak daftarnya seperti dikutip dari situs iBox maupun Digimap berikut ini :

  • iPhone 11 64GB : Rp 7.999.000
  • iPhone 11 128GB : Rp 9.249.000
  • iPhone 11 256GB : Rp 14.999.000 (iBox), Rp 12.699.000 (Digimap)

Kendati demikian, dari penelusuran, stok iPhone 11 kini memang tidak selengkap saat diperkenalkan pertama kali. Ada beberapa warna dengan memori internal tertentu yang sudah tidak lagi tersedia.

Sebagai informasi, iPhone 11 hadir di Indonesia pada Desember 2019. Smartphone ini diperkenalkan bersama iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Meski usianya sudah sekitar tiga tahun, performa smartphone ini disebut masih bisa diandalkan. Apple menggunakan chipset A13 bionic di smartphone ini.

Selain itu, smartphone ini juga hadir dengan dua kamera belakang berjenis wide dan ultra wide. Keduanya sama-sama beresolusi 12MP.

Untuk kamera depan, Apple menyematkan lensa 12 MP TrueDepth di iPhone 11. Kelebihannya adalah jika pengguna melakukan selfie secara horizontal, lensa kamera depannya akan otomatis membesar.

3 dari 4 halaman

iPhone 13 Warna Hijau Hadir di Indonesia, Berapa Harganya?

4 dari 4 halaman

Menawarkan Lebih Banyak Pilihan

Kehadiran warna hijau ini jelas menambah varian warna dari iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang sudah ada.

Sebelumnya, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max hanya tersedia dalam warna sierra bluegraphitegold, dan silver. iPhone 13 dan iPhone 13 mini tersedia dalam varian (PRODUCT)RED, starlight, midnight, blue, dan pink.

Jajaran iPhone 13 sendiri memiliki desain ramping yang dibuat lebih tahan lama, dengan front cover Ceramic Shield. Mereka juga menyertakan chip A15 Bionic hingga dukungan 5G.

iPhone 13 dan iPhone 13 Mini juga menawarkan layar Super Retina XDR yang cerah. Sementara, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max mengusung layar Super Retina XDR yang dinamis dengan ProMotion.

"Warna-warna baru ini memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan saat memilih iPhone mereka," kata Bob Borchers, Vice President of Worldwide Product Marketing Apple, dalam siaran pers, dikutip Rabu (9/3/2022).

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max hijau alpine baru, dibuat dengan beberapa lapisan keramik metalik skala nanometer yang diaplikasikan di seluruh permukaan.

Ini lalu dilengkapi dengan sempurna oleh surgical-grade stainless steel band dan kaca belakang matte bertekstur. Kedua model menampilkan layar Super Retina XDR dengan ProMotion, dan tersedia dalam ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci.

(Dam/Tin)