Sukses

Blizzard Perkenalkan Warcraft Arclight Rumble, Bakal Rilis di Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - Blizzard secara resmi mengumumkan gim seluler atau mobile mereka, yang merupakan bagian dari waralaba populernya Warcraft yaitu Warcraft Arclight Rumble.

Blizzard tampaknya mengusung konsep yang lebih ringan untuk game mobile Arclight Rumble, dengan menghadirkan karakter-karakter Warcraft dalam tampilan yang lebih imut-imut.

Selain itu, di Warcraft Arclight Rumble, Blizzard juga menghadirkan elemen tower-defense dalam gim yang akan tersedia secara gratis atau free-to-play untuk Android dan iOS ini.

Mengutip The Verge, Jumat (6/5/2022), di gim ini pemain akan memilih salah satu dari lima jenis pemimpin atau Leader dari dunia Warcraft, untuk memimpin pasukan atau "mini" dalam pertempuran.

Dalam laman resminya, Blizzard mengungkapkan beberapa Leader tersebut di antaranya adalah pimpinan klan Warsong Grommash Hellscream, serta Archmage Jaina Proudmoore.

Pemain bisa bermain dalam mode PvE (Player Versus Environment) dan PvP (Player Versus Player), mendapatkan gold untuk membuat tentara yang lebih kuat demi menyelesaikan tugas seperti mengalahkan bos penyerbu.

"Setiap misi pemain tunggal menyajikan teka-teki strategisnya sendiri yang berbeda untuk dipecahkan, dan pemain harus gesit menyesuaikan taktik mereka secara real-time demi mengatasi tantangan menegangkan ini," tulis Blizzard.

Warcraft Arclight Rumble sendiri sudah membuka masa praregistrasi untuk versi beta di laman resminya. Pengguna Android juga sudah bisa mendaftar lewat Google Play Store.

Sementara, untuk pengguna iOS, masih harus menunggu informasi lebih lanjut untuk versi beta dari gim ini tersedia di App Store. Blizzard juga belum mengumumkan tanggal peluncuran resmi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Perangkat

Untuk spesifikasi perangkat yang cocok memainkan gim ini, baik pada iOS dan Android adalah:

iOS

  • iPhone 7 atau ke atas
  • iOS 12 atau yang lebih tinggi
  • RAM 2GB atau lebih.

Android

  • CPU - Snapdragon 820 atau lebih tinggi
  • GPU - OpenGLES 3.0 atau lebih tinggi
  • Android 5.1 (API level 22) atau lebih tinggi
  • RAM 3GB atau lebih

Kehadiran gim Warcraft di perangkat mobile sendiri sudah diungkapkan Activison Blizard di bulan Februari lalu, melalui laporan keuangannya. Menurut perusahaan, ini adalah konten Warcraft di mobile pertamanya.

Kehadirannya dikonfirmasi lagi bakal diumumkan pada bulan Mei tahun ini, melalui blog resminya.

"Di luar World of Warcraft dan Hearthstone, kami sedang bersiap untuk menghadirkan gim pertama di Warcraft Universe yang dirancang untuk seluler ke tangan Anda," tulis perusahaan, dikutip Sabtu (12/3/2022).

"Kami akan memberi tahu Anda lebih banyak tentangnya di bulan Mei," kata pengumuman atas nama John Hight, General Manager Warcraft tersebut. 

3 dari 4 halaman

Pengembangan Warcraft untuk Mobile

Dikutip dari Eurogamer, pengembangan proyek mobile game World of Warcraft oleh Blizzard sudah bukan rahasia sejak lama. November 2018, Blizzard dikabarkan tengah membuat game mirip Pokemon Go bertemakan Warcraft.

Kemudian pada 2021, Bobby Kotick selaku CEO Activision Blizzard, mencatat ada "beberapa pengalaman Warcraft seluler free-to-play" yang sedang dalam pengembangan lebih lanjut.

Namun dalam laporan keuangannya, perusahaan tidak menjelaskan lebih detail mengenai rencana Warcraft versi mobile. Karenanya, menarik mengetahui pengumuman lebih lanjut dari perusahaan mengenai rencana ini.

Rencana ini secara tidak langsung bersamaan dengan laporan pendapatan Call of Duty Mobile pada 2021 yang mencatat konsumen menghabiskan lebih dari USD 1 miliar di game tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Gim Mobile Diablo

Selain itu, Candy Crush juga masih melanjutkan dominasinya di papan atas toko aplikasi. Oleh sebab itu, ada kemungkinan Activision Blizzard melihat potensi game mobile masih menjanjikan.

Tidak hanya Warcraft, Activision Blizzard juga mengumumkan tengah mengembangkan game mobile dari Diablo yang dijadwalkan rilis pada 2022.

Padahal, game ini dilaporkan hadir pada 2021, tapi Activision Blizzard memutuskan untuk menunda peluncuran Diablo Immortal hingga awal 2022.

Pengembang beralasan game ini ditunda peluncurannya karena masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyempurnakan konten PvP (player versus player).

Namun dalam beberapa pekan terakhir, Blizzard mengungkapkan bahwa Diablo Immortal, versi seluler dari gim isometrik CRPG ini, akan dirilis pada tanggal 2 Juni.

(Dio/Isk)