Sukses

5 Rekomendasi Aplikasi Pantau Lalu Lintas dalam Perjalanan Mudik Lebaran

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui rekomendasi lima aplikasi pilihan yang dapat digunakan untuk memantau arus lalu lintas dalam melakukan perjalanan mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hitungan hari, umat Muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Lebaran. Karenanya saat ini, sejumlah masyarakat dilaporkan sudah mulai melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Oleh sebab itu, dari sejumlah laporan dan pantuan terkini, kepadatan lalu lintas menjelang Lebaran sudah mulai terjadi. Salah satu yang mulai dilaporkan terjadi kepadatan lalu lintas adalah ruas jalan tol.

Dari laporan terkini, kebijakan contraflow di ruas jalan tol selama arus mudik Lebaran diperluas. Hal ini mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan.

Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Selain keadaan prima, saldo uang elektronik yang cukup, persiapan lain yang tidak kalah penting adalah informasi lalu lintas selama perjalanan.

Berbekal informasi lalu lintas yang cukup, pemudik dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam perjalanan, termasuk apabila ingin mengambil rute alternatif. Di masa sekarang, informasi lalu lintas dapat dengah mudah diperoleh melalui aplikasi di smartphone.

Tekno Liputan6.com pun merangkum sejumlah rekomendasi aplikasi yang bisa dimanfaatkan pemudik saat melakukan mudik Lebaran untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas. Apa saja aplikasi tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Google Maps

Seperti diketahui, Google Maps menjadi aplikasi pemetaan yang cukup banyak digunakan. Aplikasi ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap, seperti petunjuk jalan, navigasi, termasuk kondisi lalu lintas.

Kondisi lalu lintas di perjalanan biasanya ditunjukkan dengan warna hijau, kuning, dan merah. Selain itu, aplikasi juga bisa memberikan rekomendasi rute alternatif ketika melakukan perjalanan.

Pengguna juga dimungkinkan untuk memakai aplikasi ini tanpa terhubung dengan internet. Sebab, pengguna bisa mengunduh terlebih dulu informasi di sebuah kawasan yang dibutuhkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Lain

Waze

Secara fungsi, Waze memiliki fitur yang serupa dengan Google Maps. Pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk mengetahui rute perjalanan termasuk memantau kondisi lalu lintas.

Hanya yang membedakan, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk turut berpartisipasi dalam memberikan informasi di rute yang dilaluinya. Dengan informasi ini, antar pengguna bisa saling membantu untuk memberikan informasi terkini seputar arus lalu lintas.

HERE WeGo

HERE WeGo merupakan aplikasi yang sebenarnya memiliki fungsi mirip dengan Google Maps. Informasi yang ditawarkan pun terbilang lengkap, sehingga bisa dijadikan aplikasi peta dan navigasi alternatif.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh petan dan informasi wilayah tertentu. Jadi, pengguna dapat memakainya tanpa perlu terhubung dengan internet.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Lain

Travoy

Travoy merupakan aplikasi berisi informasi jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal pula sebagai Jasa Marga Live.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk informasi lalu lintas.Mengingat aplikasi ini berasal dari Jasa Marga, informasi yang ditampilkan lebih luas mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pemesanan kendaraan derek di jalan tol apabila terjadi kondisi darurat. Aplikasi ini juga menyediakan informasi rest area terdekat dan kapasitas parkir yang tersedia secara real time.

Media Sosial/TV/Radio/Media Online

Informasi terkini juga kerap diunggah melalui akun media sosial resmi instansi terkait, seperti Jasa Marga, kepolisian, maupun pengendara lain. Karenanya, media sosial bisa menjadi salah satu opsi untuk mengetahui informasi lalul lintas terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan informasi terbaru yang dibagikan melalui radio, TV, atau media online mengenai arus lalu lintas selama mudik.

Akhir kata, selamat melakukan perjalanan mudik untuk bertema sanak saudara di kampung halaman. Selalu patuhi rambu lalu lintas dan hati-hati dalam berkendara.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.