Sukses

Samsung Galaxy A73 5G Melenggang di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Harganya

Samsung Galaxy A73 5G resmi meluncur di Indonesia, simak artikel berikut ini untuk mengetahui spesifikasi dan harganya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy A73 5G resmi meluncur untuk pasar Indonesia. Smartphone ini melengkapi lini Galaxy A lainnya yang lebih dulu diperkenalkan, seperti Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G.

Menurut MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, smartphone ini hadir dengan deretan fitur menarik yang juga dimiliki seri Galaxy A lainnya. Salah satunya adalah sertifikasi IP67 membuatnya tahan air dan tahan debu.

Selain itu, Galaxy A73 5G yang memiliki empat kamera belakang, hadir dengan lensa utama 108MP yang didukung OIS dan VDIS. Sementara kamera lainnya terdiri dari lensa ultra wide 12MP, depth sensor 5MP, serta lensa makro 5MP.

"Kamera ini menjadi yang pertama kali di Galaxy A. Seperti diketahui, lensa 108MP itu hanya ada di seri Galaxy S, bahkan tipe Ultra," tuturnya dalam peluncuran Galaxy A73 5G secara virtual, Senin (18/4/2022).

Sementara untuk keperluan selfie, ada kamera depan beresolusi 32MP. Selain hadir dengan kamera lebih mumpuni dibanding seri A lainnya, Samsung juga membenamkan layar yang lebih besar.

Galaxy A73 5G menggunakan layar Super AMOLED+ dengan ukuran layar 6,7 inci dan beresolusi FHD+. Sebagai perbandingan, Galaxy A53 5G memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,5 inci.

Soal spesifikasi, Samsung membenamkan chipset Snapdragon 778G yang didukung RAM 8GB dan memori internal 256GB. Performa HP Samsung ini didukung pula fitur RAM Plus dan Liquid Cooling System.

Untuk menunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung fast charging 25W. "Dengan kemampuan itu, baterai smartphone ini bisa terisi 46 persen hanya dalam 30 menit," tutur Taufiq menjelaskan.

Galaxy A73 5G menjalankan One UI 4.1 berbasis Android 12. Fitur lain yang juga disematkan di smartphone ini adalah NFC, speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos, serta pemindai sidik jari di layar.

Samsung memastikan smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G yang tersedia di Indonesia. Karenanya, HP Samsung ini dapat langsung terhubung dengan 5G, tanpa perlu melakukan pembaruan software.

Harga Galaxy A73 5G dibanderol Rp 7.799.000 di pasar Indonesia. Samsung menggelar penjualan flash sale smartphone ini di 18-19 April di situs resmi Samsung.com dan e-commerce.

Selama masa flash sale, Samsung akan memberikan bonus dengan nilai mencapai Rp 5.348.000. Bonus itu terdiri dari Galaxy Buds Live, perlindungan Samsung Care+ setahun, serta Mobile Legends Exclusive Chest.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G dan Galaxy A33 5G yang Baru Meluncur

Sebelumnya, Samsung meluncurkan dua smartphone 5G terbaru dari lini A Series mereka yaitu Galaxy A53 5G dan Galaxy A33 5G, Kamis (17/3/2022) malam.

Samsung mengungkapkan, baik Galaxy A53 5G dan Galaxy A33 5G menawarkan pengalaman menggunakan kamera smartphone mutakhir dan fitur yang diboyong dari Galaxy S Series.

Galaxy A53 5G memiliki layar Super AMOLED 6,5 inci dengan refresh rate 120Hz. Sementara Galaxy A33 5G hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci 4 yang didukung refresh rate 90Hz.

Untuk prosesornya menggunakan octa-core 5nm dengan RAM 6/8 GB, ruang penyimpanan 128/256 GB, serta mendukung microSD hingga 1TB.

Kedua HP Samsung Galaxy A Series terbaru ini juga mendukung Super Fast Charging 25W, dan diklaim memiliki ketahanan baterai 5.000 mAh-nya hingga dua hari.

Dua HP Samsung Galaxy A Series baru ini juga diperkuat perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang memenuhi sertifikasi tahan air dan debu IP67. 

3 dari 4 halaman

Lebih Ramah Lingkungan

Selain itu, lewat dua smartphone terbarunya ini, Samsung mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menyertakan kepala charger dan mengurangi ukuran boks kemasan di Galaxy A Series.

Perusahaan mengatakan, ini merupakan keberlanjutan dari inisiatif Galaxy for the Planet yang diperkenalkan pada Agustus 2021.

Hal ini demi menegaskan kepedulian Samsung terhadap lingkungan melalui aksi-aksi nyata untuk membantu membuat planet ini jadi lebih sehat pada tahun 2025.

Pengemasan A53 5G dan A33 5G pun memanfaatkan kertas ramah lingkungan. Sedangkan perangkatnya menggunakan bahan daur ulang dari post-consumer materials untuk tombol-tombol di bagian samping dan slot kartu SIM.

Galaxy A Series terbaru pun kini juga memiliki masa penggunaan yang makin panjang. Seri Galaxy A ini dijamin mendapatkan pembaruan One UI dan Android OS hingga empat generasi dan pembaruan keamanan hingga lima tahun.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.