Sukses

TokoMall Hadirkan Fitur Collectibles untuk Kreator NFT

Liputan6.com, Jakarta TokoMall meluncurkan fitur baru bernama Collectibles sebagai wadah kreator untuk merilis proyek collectibles baik dari TokoMall maupun proyek dari partner lain yang dibangun di BNB (Binance Coin) chain.

Head of TokoMall, Thelvia Vennieta, mengatakan fitur baru ini menjadi potensi besar yang harus diseimbangkan dengan edukasi secara tepat bagi masyarakat yang tertarik dengan NFT sebagai kreator ataupun kolektor.

“Kami berharap dengan hadirnya fitur Collectibles ini TokoMall bisa mengakomodir dan mendorong para kreator untuk terus mengembangkan produk yang tidak terbatas untuk dikoleksi, namun memiliki utilitas jelas dan nilai lebih bagi para calon kolektor,” ujar Thelvia melalui keterangannya, Senin (18/4/2022).

Collectible items dalam NFT secara sederhana mirip dengan barang koleksi di dunia nyata, bedanya dalam NFT sudah dapat dipastikan keunikan dan kelangkaannya karena tercantum dalam blockchain.

Beberapa contoh proyek NFT Collectibles antara lain Top Shots NBA, Bored Ape Yacht Club, Karafuru, dan lainnya.

Thelvia menjelaskan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proyek collectibles dapat berjalan dengan baik, seperti membuat roadmap yang jelas dan dapat dieksekusi, keterlibatan pemasaran dan komunitas, karya seni dan cerita yang diangkat dari koleksi tersebut, serta memilih blockchain dan marketplace yang tepat agar dapat mendukung roadmap yang sudah dibuat oleh pengembang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah utilitas apa yang ditawarkan oleh proyek collectibles tersebut. Misalnya seperti AZNVerse, proyek collectibles dari Tokocrypto dan komunitas mengusung utilitas diskon trading bagi para holders.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Dorong Budaya Komunitas

Melalui fitur Collectibles, pengguna dapat menjelajahi dan memiliki proyek-proyek NFT terbaik, langka dan unik dari semua ekosistem teknologi blockchain hanya ada di TokoMall, seperti Pancake Squad, ONDE NFT, Gator Gang dan masih banyak lagi.

Salah satu proyek NFT Collectibles yang telah diluncurkan oleh Tokocrypto dengan komunitas yaitu AZNVerse.

AZNVerse merupakan proyek NFT Collectibles yang diinisiasi oleh Tokocrypto dan dalam pengembangannya bekerjasama dengan TKO Angels yang merupakan bagian dari komunitas Tokocrypto.

Proyek ini lahir dengan misi ingin mendorong kekayaaan budaya komunitas di Asia untuk berdaya dan mencapai kebebasan finansial dengan memanfaatkan NFT sebagai medium dalam mencapai tujuan tersebut.

Fitur Collectibles dapat diakses dengan mengklik tab di website TokoMall. Dalam fitur tersebut, pengguna akan dapat menemukan sederet proyek collectibles baik dari Tokocrypto atau proyek lain dari para mitra yang telah terintegrasi seperti Pancake Squad, Onde NFT, Gator Gang, Sea Spirit, dan lainnya.

 

3 dari 5 halaman

14.000 Kolektor

Melalui fitur ini, para kolektor pun bisa menjual kembali NFT mereka dengan memilih untuk menggunakan TKO & BNB sebagai alat tukar guna memiliki koleksi yang ditawarkan.

Jika memilih untuk menawarkan di TKO, kolektor harus membeli di TKO. Jika mereka memilih BNB, kolektor juga harus menukarnya dengan BNB.

Adanya fitur baru ini diharapkan semakin bisa memudahkan navigasi para kolektor yang ingin menjelajahi TokoMall dan menjadi nilai tambah bagi partner yang bekerjasama.

TokoMall by Tokocrypto kini telah memiliki 14,000+ kolektor, 100+ mitra resmi, dan 15,000+ NFT art. Serta memiliki berbagai kategori yang dibagi dalam Exclusive NFT (TKO Original, TKO Creative, TKO Lifestyle, dan TKO Stars) dan Marketplace.

Sebelumnya, TokoMall berkolaborasi dengan .TEMU (Titik Temu) untuk merilis project NFT dengan semangat memajukan industri Food & Beverage (F&B) di Indonesia. Menariknya, pembeli koleksi [NF].Temu ini bisa mendapatkan banyak manfaat, bukan hanya sekadar mengoleksi NFT art saja, tapi bisa dapat diskon seumur hidup di TEMU.

Thelvia menuturkan, kolaborasi dengan TEMU masih tetap mengusung misi TokoMall, sebagai pelopor marketplace NFT di Indonesia. Misi TokoMall sendiri adalah menjembatani konsep digital NFT meets reality.

Pembeli NFT di TokoMall bisa merasakan pengalaman yang lebih tidak hanya di ranah digital, tapi juga di dunia nyata.

"Kami ingin masyarakat yang mungkin masih awam semakin memahami bahwa NFT itu bisa diadopsi ke berbagai utilitas yang berguna di kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan misi TokoMall untuk menjembatani konsep digital ke realita, kolaborasi [NF].Temu ini bisa dikatakan menjadi pionir dan contoh nyata pemanfaatannya yang luas hingga ke industri F&B,” kata Thelvia, dikutip Minggu (20/2/2022), dari keterangan tertulis.

 

4 dari 5 halaman

Latar Belakang Kolaborasi

COO TEMU, Joseph Erwin mengungkap latar belakang kolaborasi ini merupakan bentuk keinginan perusahaan untuk mengeksplor possibilities dari NFT, karena masih banyak potensi yang bisa digali dan mungkin bisa menjadi evolusi dari customer loyalty program tradisional.

"Kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk pemain industri F&B lainnya, di mana eksplorasi di dunia NFT bisa memberikan dampak pada bisnis,” ujar Joseph.

Koleksi NFT Temu sendiri memiliki 150 item NFT yang menawarkan level kelangkaan berbeda yakni General, Master, Connoisseur. Desain project NFT ini dirancang oleh salah satu partner kreator TokoMall yakni Pedro Oscar, seniman yang aktif di berbagai komunitas kripto dan desain 3D di Indonesia.

Menariknya, setiap level di koleksi [NF].Temu memiliki benefit nyata yang bisa ditukarkan antara lain adalah diskon 5-10% hingga seumur hidup untuk pembelian kopi di seluruh cabang .TEMU, keanggotaan VIP, akses pre-release biji kopi sekaligus mencoba kopi dengan head roaster, meetup dengan para pemilik NFT hingga merchandise eksklusif.

Koleksi NFT Temu ini dibanderol dengan harga Rp 1.999.000 dan bisa dibeli mulai 14 Februari 2022, adapun benefit dapat digunakan oleh kolektor mulai 1 Maret 2022 di tiap cabang .TEMU. Konsep pembeliannya akan menggunakan fitur TokoSurprise, di mana pembeli harus menunggu 7 hari sejak pembelian untuk melihat item NFT apa yang didapat dengan tingkat kelangkaannya.

TokoSuprise merupakan sebuah fitur dari TokoMall berisikan serial NFT kejutan yang menawarkan tingkat kelangkaan berbeda. TokoSuprise hadir untuk meningkatkan excitement dari kolektor dalam mengoleksi karya yang dirilis oleh mitra resmi karena kolektor yang mengoleksi paket TokoSurprise tidak akan mengetahui serial NFT mana yang akan mereka dapatkan.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)