Sukses

Fitur SOS di iPhone Selamatkan Nyawa Peseluncur Es dari Celah Salju

Fitur SOS Darurat alias SOS Emergency pada iPhone berhasil membantu menyelamatkan nyawa seorang peseluncur es yang jatuh di celah salju di Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini fitur SOS di iPhone menyelamatkan nyawa seseorang. Pria yang merupakan pemain ski itu selamat berkat fitur SOS Darurat alias SOS Emergency.

Menurutnya, fitur di iPhone membantunya terhubung dengan layanan darurat setelah jatuh di celah es.

Insiden terjadi pada bulan Maret lalu, di mana pecinta olahraga ski sekaligus personal trainer Tim Blakey tengah main ski di glacier dekat Zermatt, Swiss.

Ia pun mendapat masalah di salah satu turunan di ketinggian sekitar 10.000 kaki. Rupanya, Blakey jatuh ke sebuah celah yang tersembunyi di salju.

Mengutip Gizchina, Selasa (5/4/2022), Blakey jatuh dan terhalang salju. Hal ini pun membatasi pergerakannya ketika ia mencoba keluar dari situasi tersebut.

Ketika memeriksa ponsel untuk meminta bantuan, rupanya baterai iPhone-nya hanya tinggal 3 persen. Blakey pun hanya punya pilihan terbatas untuk mendapat bantuan.

Dengan baterai yang minim, ia ingat bisa menelepon layanan darurat melalui iPhone-nya memakai fitur SOS Darurat.

Fitur SOS di iPhone juga bisa mengirimkan pesan teks dari lokasi iPhone ke kontak darurat serta layanan darurat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Orang Lain Tak Ikut Bertindak Sembrono

Untungnya, tim penyelamat tiba dengan cepat dan berhasil menarik Blakey keluar dari celah. Blakey pun dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan akibat cedera di pergelangan kakinya.

Ketika menceritakan kejadian ini melalui Instagram-nya, Blakey berterima kasih kepada tim penyelamat. Ia mengatakan, tak tahu bagaimana cara membalas kebaikan tersebut.

"Mungkin langkah pertama adalah membuat orang sadar akan pekerjaan luar biasa yang dilakukan tim penyelamat di gunung serta membuat orang sadar untuk tidak sembrono seperti saya," katanya.

Tim Blakey pun berterima kasih kepada Apple atas layanan Emergency SOS yang berfungsi dengan baik. Tidak lupa, Blakey juga mengucapkan terima kasih kepada operator telepon karena masih menyediakan koneksi 3G dengan sisa baterai 3 persen di bawah es.

3 dari 4 halaman

Cara Aktifkan Fitur SOS Darurat di iPhone

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara mengaktifkan fitur SOS Emergency di iPhone, tekan dan tahan tombol Kunci serta salah satu tombol volume hingga muncul SOS Slider.

Pengguna tinggal menggeser slider untuk mengaktifkan SOS Emergency hingga hitungan mundur berakhir.

Fitur ini juga tersedia di Apple Watch. Pengguna pun dapat mengaktifkannya dengan cara yang sama.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang iPhone

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini