Sukses

7 Fitur Baru di DM Instagram, Apa Saja?

Instagram baru saja mengumumkan deretan fitur baru yang menyambangi DM, apa saja fitur tersebut? Simak artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram telah mengumumkan deretan fitur baru untuk DM (Direct Message). Tak tanggung-tanggung, ada tujuh fitur anyar yang digulirkan Instagram kali ini.

Mengutip informasi dari blog Instagram, Minggu (3/4/2022), kehadiran fitur ini merupakan kelanjutan dari fokus perusahaan di 2022. Pada akhir 2021, Head of Instagram, Adam Mosseri, menuturkan, fitur olah pesan akan menjadi salah satu yang ditingkatkan kemampuannya di tahun ini.

Untuk itu, Instagram pun merilis sejumlah peningkatan di Direct Message untuk membantu pengguna memanfaatkan fitur ini. Lantas, apa saja fitur tersebut? Simak daftarnya berikut ini :

  1. Reply while you browse : Sesuai namanya, kemampuan ini memungkinkan pengguna membalas DM yang masuk tanpa perlu langsung ke inbox. Jadi, mereka tetap bisa melakukannya sambil menjelajah feed Instagram.
  2. Quickly send to friends : Dengan fitur ini, pengguna dapat langsung berbagi unggahan yang menarik ke orang-orang terdekat. Pengguna tinggal mengetuk dan menahan tombol share, lalu ada opsi untuk mengirimkan unggahan tersebut ke teman terdekat.
  3. See who's online : Fitur ini akan menunjukkan siapa saja teman-teman pengguna yang juga tengah online di Instagram. Nantinya, informasi tersebut akan ditampilkan di bagian atas inbox.
  4. Play, pause, and re-play : Lewat fitur ini, pengguna dapat berbagi pratinjau lagu selama 30 detik dari Apple Music, Amazon Music, dan menyusul kemudian Spotify ke pengguna lain melalui DM. Potongan lagu itu juga dapat langsung didengarkan melalui chat tersebut.
  5. Send messages quietly : Fitur ini akan membantu pengguna yang ingin berkirim pesan tanpa memberikan notifikasi ke pengguna lain. Untuk melakukannya, pengguna tinggal menambahkan @silent di pesan yang akan dikirimkan.
  6. Keep it on the lo-fi : Pengguna kini bisa memilih opsi tema chat bertema lo-fi baru yang membuat percakapan lebih personal.
  7. Create a poll with your squad : Kemampuan ini sama seperti membuat poling di aplikasi Messenger, dan kini dibawa ke Instagram, sehingga pengguna bisa membuat poling langsung di dalam chat grup.

Menurut Instagram, untuk saat ini, deretan fitur baru di DM Instagram tersebut baru tersedia di beberapa negara saja. Namun, perusahaan sudah berencana untuk menghadirkannya ke pengguna global.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instagram Luncurkan Opsi Feed Berdasarkan Waktu Unggahan, Namun Tak Seperti Dulu

Sebelumnya, Instagram meluncurkan tampilan Feed yang bisa dipilih penggunanya, baik untuk melihat apa yang mereka favoritkan, atau akun apa yang mereka ikuti. Pengumuman ini disampaikan Head of Instagram Adam Mosseri.

"Memberikan Anda cara untuk melihat dengan cepat apa yang paling Anda minati adalah langkah penting ke arah itu," kata Mosseri, melalui blog resmi mereka, seperti dikutip Kamis (24/3/2022).

Adapun pengguna dapat melihat tampilan Feed-nya berdasarkan Favorites atau Following, atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Mengikuti dan Favorit.

Jika pengguna memilih Favorit, maka Instagram akan menampilkan unggahan-unggahan terbaru dari akun yang kamu pilih, baik dari teman atau pembuat konten kesukaan.

Selain itu, unggahan dari akun Instagram Favorit juga akan dimunculkan lebih tinggi di home feed pengguna. Sementara Following atau Mengikuti, hanya akan menampilkan unggahan dari akun yang kamu ikuti.

Mosseri juga mengungkapkan, menu tampilan Favorites dan Following juga akan menampilan unggahan berdasarkan urutan kronologis, sehingga pengguna bisa dengan cepat mengikuti unggahan terbaru.

3 dari 3 halaman

Belum Bisa Jadi Home Feed

Untuk mengakses dua opsi tersebut, pengguna bisa mengetuk tanda panah ke bawah yang berada di samping tulisan Instagram, di pojok kiri atas aplikasi media sosial tersebut.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di aplikasi Instagram, memang kedua fitur ini sudah berfungsi seperti yang diumumkan.

Hanya saja, tampilan akan berganti lebih spesifik ke unggahan akun-akun yang masuk kategori Favorit atau Following, dan fitur Stories akan menghilang dari tampilan.

Sehingga, pengguna tampaknya belum bisa mengatur dua tampilan tersebut sebagai Home Feed atau tampilan utama mereka.

Selain itu, menurut Mosseri, pengguna bisa menambahkan hingga 50 akun ke daftar tersebut dan dapat diubah kapan pun, di mana orang lain tidak akan mendapatkan notifikasi saat mereka ditambahkan atau dihapus di daftar.

Postingan dari akun di daftar favorit Anda juga akan muncul lebih tinggi di feed beranda, seperti yang ditunjukkan oleh ikon bintang.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini