Sukses

Tak Cuma Ready Player One, Ini 8 Film dan Serial Soal Metaverse yang Cocok untuk Akhir Pekan

Selain Ready Player One, film dan serial ini juga berkisah tentang dunia virtual dan teknologi metaverse

Liputan6.com, Jakarta Istilah metaverse belakangan jadi populer, khususnya di kalangan pecinta dunia teknologi. Apalagi, setelah Mark Zuckerberg mengganti nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta, demi berfokus pada metaverse.

Di dunia hiburan, dunia virtual dan metaverse sendiri bukanlah sesuatu yang asing. Banyak film dan serial bergenre fiksi ilmiah yang sudah mengangkat tentang tema ini.

Banyak yang menggambarkan metaverse dengan dunia penuh aksi seperti Ready Player One dan Free Guy, tapi juga ada yang menampilkan dunia yang gelap seperti di The Matrix atau serial Black Mirror.

Sehingga, tak hanya sisi positifnya saja, beberapa karya fiksi juga menggambarkan sisi gelap dari teknologi dunia virtual dan sejenisnya terhadap kehidupan manusia.

Berikut ini beberapa film dan serial yang bertema dunia virtual dan metaverse yang cocok kamu tonton untuk akhir pekan, versi Tekno Liputan6.com.

1. Ready Player One (2018)

Ready Player One menjadi film populer di era 2010-an, yang membahas tentang dunia virtual dengan dibalut aksi dan fan service bagi para pecinta pop culture.

Cerita yang diangkat dari novel tahun 2011 bernama sama ini, menceritakan kompetisi yang digelar di sebuah dunia virtual bernama OASIS(Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation).

James Halliday, co-founder OASIS, yang baru saja meninggal, memberikan tantangan kepada para pemain di metaverse-nya, untuk bisa mewarisi dan mengendalikan kekayaannya, serta dunia virtual tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Free Guy dan The Matrix

2. Free Guy (2021)

Film yang dibintangi aktor Deadpool Ryan Reynolds sebagai Guy ini, menceritakan non-playable character (NPC), yang berada di dunia virtual, di mana pemain dari dunia nyata bisa bertingkah sesuka mereka.

Guy suatu hari menemukan bahwa dirinya berada di dunia gim komputer, dan mencoba mempertahankan dunianya dari penghapusan oleh pengembang permainan tersebut.

3. The Matrix (1999-2021)

Tak lengkap jika membicarakan dunia virtual tanpa melewatkan film yang dibintangi oleh Keanu Reeves sebagai Neo ini.

Di film pertamanya, digambarkan bagaimana manusia berada di realitas simulasi bernama Matrix. Thomas Anderson, seorang programmer dengan nama hacker Neo, berhasil mengungkap kebenaran tentang Matrix.

Dia lalu bergabung dengan pemberontakan untuk melawan mesin bersama orang lain yang telah dibebaskan dari Matrix. Film ini terkenal dengan efek menghentikan waktu di adegan-adegan aksinya, serta adegan menghindari pelurunya yang ikonik.

3 dari 5 halaman

Tron hingga Serial Black Mirror

4. Tron (1982-2010)

Tron merupakan film fiksi ilmiah karya Disney, yang dirilis di 1982.  Jeff Bridges berperan sebagai Kevin Flynn, insinyur perangkat lunak yang pernah bekerja di ENCOM, di mana mereka mencuri permainannya dan mengklaimnya.

Saat Flynn mencoba meretas mainframe ENCOM, kecerdasan buatannya yang dikenal sebagai Master Control Program (MCP) menggunakan laser eksperimental untuk mengunggah Flynn ke realitas virtual.

Dunia ini disebut "Grid" dan diisi oleh program-program hidup. Program-program ini dibedakan oleh "Users" yang merupakan versi digital dari manusia yang telah dipindahkan ke dalam Grid.

Sekuelnya, Tron: Legacy, dirilis 2010 dan menceritakan tentang Sam, putra dari Flynn yang menerima pesan dari ayahnya yang hilang di Grid.

5. Source Code (2011)

Source Code diperankan oleh Jake Gyllenhaal yang berakting sebagai Captain Colter Stevens, seorang pilot tentara Amerika Serikat.

Pikirannya harus dipindahkan ke tubuh seorang pria melalui realitas virtual, di mana dirinya harus menemukan pelaku pemboman di sebuah kereta, hanya dalam waktu delapan menit.

6. Black Mirror (2011-2019)

Serial anthology Inggris yang ditayangkan di Netflix ini memang tidak hanya berkisah soal dunia virtual, namun dampak dari teknologi terhadap kehidupan personal manusia.

Namun, tidak sedikit episode yang mengisahkan tentang metaverse dan realitas virtual, di antaranya seperti San Junipero, Striking Vipers, Hang the DJ, Playtest dan USS Callister. Serial ini juga memiliki film interaktif berjudul Black Mirror: Bandersnatch.

4 dari 5 halaman

Wreck-it Ralph dan Sword Art Online

7. Sword Art Online

Serial anime ini berkisah tentang dunia di mana sebagian besar penduduknya masuk dalam permainan realitas virtual MMO (massively multiplayer online).

Game in-universe ini menggunakan headset virtual yang memungkinkan pemain untuk tidak hanya melihat dunia virtual dalam gim, namun juga melibatkan empat indra mereka yang lain.

Kisahnya dimulai saat 10 ribu pemain yang masuk ke Sword Art Online, menemukan dirinya tidak bisa keluar dari sana.

8. Wreck-it Ralph

Mirip dengan Free Guy, Wreck-it Ralph bercerita dari sisi tokoh NPC bernama Ralph, antagonis di gim Fix-It Felix, Jr., di mana dirinya bosan menjadi penjahat dan mencoba menjadi pahlawan.

Meski tak ada sosok manusia yang masuk ke dalam gim, namun dunia yang ditunjukkan di film ini menggambarkan dunia virtual yang diisi oleh tokoh-tokoh dari gim, dan berbagai waralaba populer Disney di sekuelnya.

Di luar judul-judul tersebut, tentunya masih banyak film dan serial menarik tentang dunia virtual dan metaverse, yang bisa kamu tonton di penyedia layanan streaming legal.

(Dio/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.