Sukses

Daftar HP Samsung Galaxy yang Kebagian One UI 4.1, Cek Deretan Fiturnya

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui daftar perangkat Samsung Galaxy yang menerima One UI 4.1 berikut dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Samsung mengumumkan akan menggulirkan One UI 4.1 ke lebih banyak perangkat Galaxy. Sebagai informasi, saat ini One UI 4.1 baru tersedia untuk lini Galaxy S22 yang meluncur bulan lalu.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (23/3/2022), One UI versi terbaru ini akan hadir untuk sejumlah perangkat HP Samsung, mulai dari seri Galaxy Z Fold, Galaxy Tab S, Galaxy S, hingga Galaxy A.

Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 disebut akan menjadi yang pertama mendapatkannya. Lalu, disusul beberapa model lain, seperti Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, Galaxy S21 Ultra 5G, Galaxy S21 FE 5G, Galaxy A, hingga Galaxy Tab S7 FE.

Setelahnya, One UI versi terbaru ini akan menyambangi Galaxy S20, Galaxy S20+, Galaxy S20 Ultra, Galaxy S20 FE 5G, Galaxy Z Fold2 5G, Galaxy Fold 5G, Galaxy Fold, Galaxy Z Flip, Galaxy Note20, Galaxy Note20 Ultra, Galaxy Note 10+ 50, Galaxy Note 10+, Galaxy S10e, Galaxy S10, Galaxy S10+, serta Galaxy S10 5G.

Selain deretan produk tersebut, Samsung juga menghadirkannya ke model Galaxy A dan Galaxy Tab S lainnya. Adapun untuk beberapa fitur yang akan hadir di One UI 4.1, berikut ini ada beberapa yang sudah dihimpun.

Kolaborasi dengan Fitur Live Sharing di Google Duo

Bersama dengan kehadiran One UI 4.1, pengguna perangkat Galaxy dapat berbagi layar dengan teman mereka saat video call menggunakan Google Duo. Mereka dapat berbagi layar browser, berkolaborasi di Samsung Notes, hingga melihat foto di Gallery bersama.

Kehadiran Expert RAW

Fitur lain yang dihadirkan bersama One UI 4.1 adalah dukungan Expert RAW. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil layaknya dari kamera DSLR, sehingga memberikan kebebasan bagi pengguna untuk berkreasi sepenuhnya, mulai dari kontrol ISO hingga memilih lensa.

Namun perlu diketahui, fitur ini terbatas untuk Galaxy S21 Ultra dan lini Galaxy S22. Lalu pada April 2022, Samsung akan menggulirkan fitur ini ke Galaxy Z Fold3, baru kemudian perangkat lain, seperti Galaxy S20 Ultra, Galaxy Note20 Ultra, dan Galaxy Z Fold2.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Lain

Fitur Object Eraser

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus objek dari foto yang telah diambil. Yang menarik, tidak hanya objek tertentu, pengguna juga dapat menghapus bayangan pada subjek atau pantulan di jendela.

Fitur Quick Share

Pengguna dengan One UI 4.1 juga akan menikmati fitur Quick Share. Lewat fitur ini, pengguna dapat mengirimkan foto, video, dan file sekaligus dengan cara lebih mudah dan cepat, cukup dengan mengklik ikon Share dan memilih penerima.

Keyboard yang Didukung Grammarly

Bersama dengan One UI 4.1, layanan Grammarly kini sudah terintegrasi dengan Samsung Keyboard. Karenanya, pengguna kini dapat menulis dengan lebih lancar berkat saran dari layanan Grammarly, mulai dari ide meningkatkan kejelasan kalimat hingga menemukan sinonim yang menarik.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy A73 5G yang Diam-Diam Diperkenalkan Samsung

Di sisi lain, Samsung juga diam-diam mengumumkan kehadiran Galaxy A73 5G. Smartphone ini memang tidak diperkenalkan dalam event, tapi informasi resminya sudah ada di situs resmi Samsung.

Sesuai namanya, Galaxy A73 5G tampil lebih superior dibandingkan Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G. Salah satu yang paling terlihat adalah kehadiran lensa utama 108MP bersama dengan tiga lensa lain yang masing-masing terdiri dari lensa ultra wide 12MP, depth sensor 5MP, serta lensa makro 5MP.

Sementara untuk kebutuhan selfie, ada kamera depan beresolusi 32MP. Selain kamera, ukuran layar smartphone ini juga lebih besar dari model lain.

Galaxy A73 5G menggunakan layar Super AMOLED+ dengan ukuran layar 6,7 inci dan beresolusi FHD+. Sebagai perbandingan, Galaxy A53 5G memiliki ukuran layar 6,5 inci.

Untuk spesifikasi, smartphone menggunakan prosesor octa-core dengan kecepatan 2,4GHz dan 1,8GHz, tapi Samsung belum merinci nama chipset yang digunakan.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Samsung, Galaxy A73 5G memiliki dua konfigurasi memori, yakni RAM 6GB/ROM 128GB dan RAM 8GB/ROM 256 GB. Memori keduanya dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB.

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung Super Fast Charging 25W. Smartphone ini menjalankan One UI 4.1 berbasis Android 12.

Sama seperti Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G, perangkat ini sudah memiliki sertifikasi IP67. Meski sudah diungkap, informasi mengenai jadwal kehadiran dan harga smartphone ini akan belum diumumkan.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.