Sukses

WhatsApp Gulirkan Emoji Reaction di Versi Beta Android

WhatsApp tengah menggulirkan fitur baru WhatsApp Emoji Reaction di versi beta Android, kemungkinan fitur ini akan segera hadir untuk semua pengguna WhatsApp di berbagai platform.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Emoji Reaction WhatsApp atau reaksi emoji diperkirakan segera hadir di WhatsApp, terutama versi Android. Hal ini seiring dengan laporan WABetaInfo yang melaporkan emoji reaksi bakal mulai terlihat di WhatsApp beta Android versi 2.22.8.3.

Dengan fitur Emoji Reaction, pengguna bisa dengan mudah dan cepat memberikan respon untuk setiap pesan yang masuk.

Mengutip laman The Verge, Rabu (23/3/2022), untuk menggunakan fitur baru WhatsApp ini, pengguna hanya perlu menekan agak lama pada pesan yang diterima.

Nah, fitur ini memungkinkan pengguna memberikan reaksi dengan satu dari enam emoji yang disediakan.

Keenam emoji yang ada di fitur ini mulai dari jempol ke atas, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, atau tangan terlipat yang biasa diartikan sebagai 'terima kasih'.

WhatsApp meluncurkan fitur Emoji Reaction secara bertahap di Android.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segera Hadir juga di iOS

Bersamaan dengan hadirnya fitur Emoji Reaction di Android versi beta, ada sejumlah tanda kalau fitur ini bakal segera dirilis di WhatsApp versi iOS dan aplikasi WhatsApp desktop.

Pasalnya, sejak awal Januari lalu, aplikasi beta WhatsApp di iOS telah memiliki tombol untuk mengontrol Reaction Notifications atau notifikasi reaksi. Pengaturan serupa juga ada pada versi beta aplikasi desktop WhatsApp sejak awal bulan Maret ini.

Emoji Reactions telah menjadi fitur yang banyak hadir di berbagai layanan perpesanan. iMessage sudah punya fitur tersebut, demikian pula Facebook Messenger, aplikasi Google Message, hingga DM Twitter. Bahkan Telegram juga memiliki fitur serupa.

3 dari 4 halaman

Pesan WhatsApp Cuma Bisa Diteruskan 1 Kali

Terlepas dari kehadiran fitur baru Emoji Reaction, WhatsApp bakal kian mempersulit penyampaian pesan yang mungkin berisi informasi berbahaya atau menyesatkan.

Dalam pembaruan yang akan datang, WhatsApp menetapkan batasan baru tentang berapa kali kamu dapat meneruskan (forward) pesan.

Menurut WABetaInfo, seperti dikutip dari The Sun, Senin (14/3/2022), dalam versi beta baru-baru ini untuk aplikasi versi Android, WhatsApp mencegah pengguna agar tidak mem-forward pesan ke lebih dari satu obrolan grup.

Jika kamu ingin meneruskan teks ke obrolan kedua atau ketiga, kamu harus memilihnya dan meneruskannya lagi.

"Ketika sebuah pesan ditandai sebagai diteruskan, tidak mungkin lagi meneruskannya ke lebih dari satu obrolan grup pada satu waktu," tulis WABetaInfo.

WABetaInfo menambahkan bahwa batas baru saat ini diluncurkan untuk penguji beta dan akan diaktifkan untuk semua pengguna aplikasi pesan ini dalam beberapa hari ke depan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.