Sukses

17 Aplikasi Telemedicine yang Layani Telekonsultasi Gratis untuk Pasien Omicron Isoman

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 17 aplikasi telemedicine untuk memberikan jasa telekonsultasi (konsultasi online) dengan dokter dan pengiriman obat gratis bagi pasien Omicron yang sedang menjalani isoman.

Teknologi telemedicine menjadi solusi ketika akses layanan kesehatan terbatas lantaran pandemi. Melalui platform ini masyarakat akan lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan tanpa perlu keluar rumah.

"kerja sama dengan 17 platform telemedicine tersebut dilakukan untuk memastikan masyarakat bisa mendapatkan penanganan yang baik meskipun dari rumah masing-masing," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, saat konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Ia menyebut kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi dari Delta, tetapi yang dirawat lebih sedikit. Dengan demikian, strategi layanan dari yang sebelumnya ke Rumah Sakit (RS) sekarang fokusnya ke rumah karena akan banyak yang terinfeksi namun tidak perlu ke RS.

Budi menambahkan, mayoritas pasien Omicron memiliki gejala ringan atau tidak bergejala, sehingga pasien hanya perlu menjalani isoman di rumah dengan diberikan suplemen vitamin maupun obat terapi tambahan yang telah diizinkan penggunaannya oleh pemerintah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

Daftar 17 Aplikasi Telemedicine yang Digandeng Kemenkes

Berikut daftar 17 aplikasi telemedicine yang memberikan jasa telekonsultasi dengan dokter dan pengiriman obat gratis bagi pasien omicron yang tengah isoman.

1. Aido Health

2. Alodokter

3. GetWell

4. Good Doctor

5. Halodoc

6. Homecare24

7. KlikDokter

8. KlinikGo

9. Lekasehat

10. Link Sehat

11. mDoc

12. Milvik Dokter

13. ProSehat

14. SehatQ

15. Trustmedis

16. Vascular Indonesia

17. YesDok

3 dari 6 halaman

Cara Telekonsultasi dengan Dokter dan Dapat Paket Obat Isoman Omicron Gratis dari Kemenkes

Bagi kamu yang saat ini tengah melakukan isoman terkait omicron, jangan panik dan khawatir. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan telekonsultasi dan paket obat gratis isoman melalui layanan telemedisin.

Layanan gratis ini bisa kamu akses di laman isoman.kemkes.go.id. Untuk mendapatkan layanan telekonsultasi dan obat isoman gratis pasien omicron, kamu wajib melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka kamu akan menerima Whatsapp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila kamu tidak mendapat pemberitahuan melalui WhatsApp, kamu bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs isoman.kemkes.go.id.

Pasien isoman omicron bisa berkonsultasi online dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin (Alodokter, Aido Health, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok) jika sudah dapat pemberitahuan dari WhatsApp.

Caranya dengan menekan link yang ada di pesan WhatsApp dari Kemenkes atau di link yang muncul ketika pengecekan NIK mandiri di situs isoman.kemkes.go.id/panduan. Lalu, kamu cukup memasukkan kode voucher agar bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis isoman.

Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan. 

4 dari 6 halaman

Cara Tebus Obat

Setelah melakukan konsultasi secara online, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman.

Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

Sebagai catatan, untuk sementara program ini hanya berlaku untuk area Jabodetabek.

 

5 dari 6 halaman

Paket Obat Isoman yang Disediakan Kemenkes

Ada beberapa jenis obat yang disediakan oleh Kemenkes. Obat-obatan tersebut terbagi menjadi dua paket, yaitu paket A dan paket B.

Paket 1

Program obat ISOMAN gratis paket A diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Jenis obat yang diberikan berupa multivitamin (C, B, E, Zinc), Vitamin C, dan Vitamin D.

Paket 2

Program obat Isoman gratis paket B diperuntukkan bagi pasien COVID-19 bergejala ringan. Jenis obat yang diberikan meliputi:

Paket 2A

  • Multivitamin (vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan zinc)
  • Favipiravir
  • Paracetamol

Paket 2B

  • Multivitamin (vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan zinc)
  • Molnupiravir
  • Paracetamol

Jika dibutuhkan obat-obatan lain di luar paket obat ISOMAN gratis yang tertera di atas, pasien dapat menebusnya secara mandiri.

6 dari 6 halaman

Infografis Perluasan Telemedicine Gratis Pasien Isoman Covid-19 di Jawa-Bali