Sukses

YouTube Umumkan Berhenti Bikin Konten Original

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kejayaan Netflix dengan konten-konten original-nya, YouTube sempat mencoba mengejar kesuksesan tersebut dengan meluncurkan YouTube Originals.

Meski begitu, YouTube melalui Chief Business Officer, Robert Kyncl, mengumumkan nereka tidak lagi melanjutkan divisi YouTube Original.

YouTube Originals sendiri bertujuan sebagai saluran bagi perusahaan Google tersebut, untuk memproduksi dan menayangkan konten-konten asli dari mereka seperti serial, video edukasi, dan program musik serta selebriti.

"Dengan pertumbuhan cepat, muncul peluang baru dan sekarang investasi kami dapat membuat dampak yang lebih besar pada lebih banyak kreator ketika diterapkan ke inisiatif lain," kata Kyncl.

Melalui pernyataan di akun Twitter-nya, dikutip Rabu (19/1/2022), Kyncl mengatakan beberapa inisiatif tersebut di antaranya seperti Creator Shorts Fund, Black Voices Fund, dan program Live Shopping.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tinggalkan Perusahaan Mulai Maret

Dikutip dari The Verge, YouTube Originals dibuat pada 2016 dan dipimpin oleh Susanne Daniels. Mereka memulainya dengan acara dan film yang berfokus pada kreator seperti serial komedi thriller Scare PewDiePie.

Perusahaan lalu mulai beralih ke konten yang didukung oleh iklan dan menampilkan selebritas seperti Katy Perry dan Kevin Hart, yang dihadirkan gratis bagi para pengguna tanpa berlangganan.

Dalam pernyataannya, Kyncl juga mengumumkan dia dan Daniels akan meninggalkan perusahan mulai bulan Maret, yang juga berkontribusi pada keputusan untuk mengurangi divisi.

"Ke depannya, kami hanya akan mendanai program yang jadi bagian Black Voices dan YouTube Kids Fund kami," tulis Kyncl.

"Kami menghargai komitmen kami pada kontrak acara yang sedang berprogres dan kreator yang terlibat di sana yang diperkirakan akan kami hubungi secara langsung dalam beberapa hari mendatang."

3 dari 4 halaman

Beberapa Konten YouTube Originals

Mengutip Variety, beberapa acara paling populer dari YouTube Originals antara lain adalah seri dokumenter Justin Bieber: Seasons, komedi Liza On Demand, dan Cobra Kai yang akhirnya berlanjut ke Netflix.

YouTube Originals juga menelurkan beberapa program musik yang menyertakan Alicia Keys, Demi Lovato, Camilo dan Lewis Capaldi dalam Released.

Beberapa konser streaming langsung juga ditayangkan seperti pertunjukkan Taylor Swift, Coldplay, Paul MacCartney, dan Andrea Bocelli.

Musim gugur lalu, YouTube juga menayangkan Best Shape of My Life, yang merupakan acara tanpa naskah dari perjalanan kebugaran aktor Will Smith.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal